Efektifitas Model Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Authors

  • Anang Hadi Cahyono Universitas Wiraraja, Indonesia
  • Tita Tanjung Sari Universitas Wiraraja, Indonesia
  • Kholifatul Jannah Universitas Wiraraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6838

Keywords:

pjbl, steam, kreatifitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2024-2025 dengan subjek penelitian siswa kelas VA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (pretest dan postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa dengan nilai N-Gain Score sebesar 71,71 yang menunjukkan kriteria efektif. Rekomendasi bagi peneiti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan cakupan sampel yang lebih luas, durasi yang lebih lama, serta topik atau mata pelajaran yang berbeda guna memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

References

Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022: "Refleksi mutu pendidikan nasional 2023". Media Indonesia. Diakses pada 1 Februari 2025 dari https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023

Al Hadiq, m. A, G. M. Ramadhan, dan D. S. Rahayu, (2022). “Pengaruh Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD,” Collase: Creative of Learning Students Elementary Education, vol. 05, no. 03, hlm. 505–509. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10905

Brandt, W. C, (2021). “Measuring Student Success Skills” : A Review of The Literature on Creativity, 1 ed. Washington: The National Center for the Improvement of Educational Assesment.

Cahyani.M.N., Viyanti & Anggrein, (2022) Penerapan Model PjBL Terintegrasi STEAM Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Prosiding Sinapmasagi 2023, Vol. 3, hal. 65–77

Chen, M. J.,& Hsu, Y. S.,(2018). “A Review Of Definitions And Characteristics Of Project-Based Learning Through The Lens Of 21st Century Skills”. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Tegnology Education, 14 (4), 1613-1633

Christian, Y. A, (2021). “Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, hlm. 2271–2278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1207

Eggen, P & Kauchak, D. (2006). Methods For Teaching: Promoting Student Learning in K-12 Classroom, Eight Edition, Boston: Allyn and Bacon

Homadia, I., & Putra, A., (2021). Systematic Literature Review : “Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics”, 3 (1), 1-7. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.914

Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Hal-HalEsensialKurikulum-Merdeka-Di-Jenjang-Sd#

Kemp, J. E. (2011). Proses Perancangan Pembelajaran (terjemahan Asril Marjohan). Bandung: ITB

Maliyah, R. (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Batuan I Pada Topik Mengubah Bentuk Energi. Skripsi : Universitas Wiraraja

Melinda, V dan M. Zainil, (2020). “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur)”, Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, hlm. 1526–1539.

Mudhofir. (1990). Tujuan Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyanti, E., Retnadi, W., & Hayu, R. (2024). Inovasi Pendidikan : Strategi Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Project Based Learning Dengan demikian , guru menggunakan metode yang efektif melalui yang berfokus pada peserta didik melalui pelaksanaan proyek . Jurnal inovasi pengajaran sekolah dasar. Vol. 1(3), 198–208.

Mursid, R., Saragih, A. H dan Hartono, R., (2022) “The Effect Of The Blended Project-Based Learning Model And Creative Thingking Ability On Engineering Student Learning Outcome”. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technologi, 10 91), 218-235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244

Nugroho, Bagus Eko. (2016). Proposal Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Proses Pembelajaran serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Materi Garis Lurus Tahun Pelajaran 2015/2016”. Online. (http://simki.unpkediri.ac.id/detail/11.1.01.05.0032). (Pdf). Diakses 1 Februari 2025.

Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 40–45. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rohman, A., Ishafit, Husna, H., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sma Pada Materi Dinamika Rotasi. JPFT, 9(1), 15–21

Sadia, & Retnasari, D. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT Universitas Negeri Yogyakarta, 18(1), 1–6.

Salma, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Plantae. Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40855

Sari, I., Zuhri, M.S., & Rubowo, M.R. (2020). “Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLTV ditinjau dar gaya kognitif refletif dan implusif”. Imajiner : Juenal matematika dan Pendidikan matematika, 2 (5), 391-400 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548

Sari, T. T. (2023). Thong-Bhitongan: Development of Educational Media based on Ethnomatematics of Madura Coastal Culture. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Volume 15 (2) Pages 2218-2229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3024

Sari, Y. P, U. Manzilatusifa, dan S. Handoko, (2019). “Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, vol. 5, no. 2, hlm. 119–131.

Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology: Theory and Practice (8th Edition) Boston.

Sudjono, Anas.,(2018) Pengantar Statistik Pendidikan. Depok : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Sukarelawan, Irma.,Indratno, T.K.,& Ayu, S.M. (2024). N-Gain VS Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.

Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). “Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883–5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400

Tanjung, R., Setyosari, P., Sukmawati, E., Wirawan, R., & Aulia, R. (2024). “Teknologi Pendukung dalam Pendidikan” Inklusif: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis Nusantara Educational Review Sistematis. 2(1), 63–69. https://doi.org/10.55732/ner.v2i1.1168

Triastuti, S., Arvan Junaidi, I., & Ayu, I. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 02 Trans Bangsa Negara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 14330–14339. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2058/1503

Treffinger, et al. (2002). “Theoritical Perpectives On Creative Learning And Its Facilitation” : An Overview The Journal Of Creative Behavior Vol 17 No. 1. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1983.tb00970.x

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). “Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas x SMA Negeri 8 Surakarta”. Jurnal : Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.

Wajdi, F. (2021). Buku Ajar Perencanaan Pengajaran Panduan Di Perguruan Tinggi. Malang: Ahlimedia Press.

Yahya, A dan Nur Wahidah Bakri, 2017. “Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Saintifik Vol .3 No. 2, Juli 2017. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591

Yani, L. I, dan T. Taufik, (2020). “Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar” (Studi Literatur), e-Journal Inovasi Pembelajaran SD, vol. 8, no. 9, hlm. 70–82

Yolanda, S. B., mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). “Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pelajaran IPA Di SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika, 9 (2), 189-203. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780

Zb, A., Novalian, D., Ananda, R., Habibi, M., & Sulman, F. (2021). Distance Learning With STEAM Approaches: Is Effect on the Cognitive Domain? Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 6(2), 129. https://doi.org/10.30983/educative.v6i2.4977

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Cahyono, A. H., Sari, T. T., & Jannah, K. (2025). Efektifitas Model Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 255–271. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6838

Issue

Section

Articles

Citation Check