Motivasi dan Hambatan Belajar Robotika Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Nugraheni Tri Marsiwi Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia
  • Mustamid Mustamid Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7311

Keywords:

pembelajaran robotika, motivasi belajar, hambatan belajar, psikolog, siswa sekolah dasar

Abstract

Perkembangan teknologi robotika yang pesat mendorong pentingnya pendidikan robotika sejak dini. Namun, minat belajar robotika pada anak usia sekolah dasar di Indonesia masih rendah. Penelitian ini mengkaji motivasi dan hambatan siswa sekolah dasar dalam belajar robotika di Autobot School. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan teknik purposive sampling terhadap dua siswa, dua guru, dan dua orang tua. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa, orang tua, dan pengajar memiliki harapan tinggi terkait pencapaian dan kontribusi masa depan di bidang robotika, yang sesuai dengan teori kebutuhan McClelland yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi. Selain motivasi juga terdapat hambatan seperti faktor fisiologis, psikologis, metode belajar, dan kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, pencapaian optimal dalam pembelajaran robotika memerlukan integrasi motivasi yang sesuai dengan kebutuhan psikologis siswa dan penanganan efektif terhadap berbagai hambatan internal dan eksternal.

References

Bolourian, Y., & Blacher, J. (2018). Comorbid Behavior Problems Among Youth With Intellectual and Developmental Disabilities: A Developmental Focus. In International Review of Research in Developmental Disabilities (Vol. 55). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/bs.irrdd.2018.08.004

Dalyono, M. (2019). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.

databoks.co.id. (2022). Penggunaan Robot Industri Meningkat, Terutama di Pabrik Elektronik. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/02/penggunaan-robot-industri-meningkat-terutama-di-pabrik-elektronik

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Hendrayani, Y., Sari, S. N. E., & Priliantini, A. (2019). Pola Komunikasi Guru kepada Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 181–194. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.622

Jamal, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 710–718. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.784

Johnson, E., & Keane, K. (2023). Challenges and successes of learning to teach critical literacy in elementary classes: The experiences of pre-service teachers. Teaching and Teacher Education, 125, 104037. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104037

Murbowo, K. M. dan A. R. (2019). Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 2(2), 407–417.

Parni. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30.

Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878

Tools, M. (2017). McClelland’s Human Motivation Theory. Retrieved from MindTools.

Yunus, S. (2021). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Perbaikan Belajar (Remedial). Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.58

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Marsiwi, N. T., & Mustamid, M. (2025). Motivasi dan Hambatan Belajar Robotika Anak Usia Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 454–466. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7311

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.