Motivasi dan Hambatan Belajar Robotika Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7311Keywords:
pembelajaran robotika, motivasi belajar, hambatan belajar, psikolog, siswa sekolah dasarAbstract
Perkembangan teknologi robotika yang pesat mendorong pentingnya pendidikan robotika sejak dini. Namun, minat belajar robotika pada anak usia sekolah dasar di Indonesia masih rendah. Penelitian ini mengkaji motivasi dan hambatan siswa sekolah dasar dalam belajar robotika di Autobot School. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan teknik purposive sampling terhadap dua siswa, dua guru, dan dua orang tua. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa, orang tua, dan pengajar memiliki harapan tinggi terkait pencapaian dan kontribusi masa depan di bidang robotika, yang sesuai dengan teori kebutuhan McClelland yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi. Selain motivasi juga terdapat hambatan seperti faktor fisiologis, psikologis, metode belajar, dan kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, pencapaian optimal dalam pembelajaran robotika memerlukan integrasi motivasi yang sesuai dengan kebutuhan psikologis siswa dan penanganan efektif terhadap berbagai hambatan internal dan eksternal.
References
Bolourian, Y., & Blacher, J. (2018). Comorbid Behavior Problems Among Youth With Intellectual and Developmental Disabilities: A Developmental Focus. In International Review of Research in Developmental Disabilities (Vol. 55). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/bs.irrdd.2018.08.004
Dalyono, M. (2019). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.
databoks.co.id. (2022). Penggunaan Robot Industri Meningkat, Terutama di Pabrik Elektronik. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/02/penggunaan-robot-industri-meningkat-terutama-di-pabrik-elektronik
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Hendrayani, Y., Sari, S. N. E., & Priliantini, A. (2019). Pola Komunikasi Guru kepada Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 181–194. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.622
Jamal, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 710–718. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.784
Johnson, E., & Keane, K. (2023). Challenges and successes of learning to teach critical literacy in elementary classes: The experiences of pre-service teachers. Teaching and Teacher Education, 125, 104037. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104037
Murbowo, K. M. dan A. R. (2019). Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 2(2), 407–417.
Parni. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30.
Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Tools, M. (2017). McClelland’s Human Motivation Theory. Retrieved from MindTools.
Yunus, S. (2021). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Perbaikan Belajar (Remedial). Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nugraheni Tri Marsiwi, Mustamid Mustamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)