Efektivitas Strategi Difusi Inovasi Rogers dalam Meningkatkan Penerimaan Pendidik terhadap E-Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Abdul Rahman Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Febrita Sari Purba Girsang Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Lisana Lisana Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Rizqya Anis Syahra Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7455

Keywords:

difusi inovasi, e-learning, sekolah dasar

Abstract

Penerimaan inovasi e-learning oleh pendidik menjadi tantangan krusial dalam transformasi digital di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi difusi inovasi Rogers dalam meningkatkan penerimaan pendidik terhadap e-learning galeri ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus tunggal di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Sampel penelitian terdiri dari para pendidik kelas 5 dan 6, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi partisipatif, demonstrasi e-learning galeri ilmu, dan wawancara semistruktur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi difusi yang terencana efektif dalam menciptakan tingkat penerimaan yang tinggi dan meminimalkan resistensi dari pendidik. Keberhasilan ini didorong oleh persepsi positif terhadap lima atribut inovasi (keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas rendah, keteramatan, dan kemampuan uji coba) yang secara langsung meningkatkan persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan kemudahan penggunaan (perceived ease of use) e-learning tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa resistensi terhadap teknologi bersifat situasional dan dapat diatasi melalui pendekatan strategis yang berpusat pada pengguna.

References

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th Edition). Teachers College Press.

Nissa, H., & Jamalulail, I. (2023). Difusi Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Pemanfaatan Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek. Jurnal Teknodik, 27(1), 63–80. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.994

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th Edition). Free Press A Division Simon and Schuster, Inc.

Sahin, I. (2006). Detailed Review of Rogers’ Diffusion of Innovations Theory and Educational Technology-Related Studies Based on Rogers’ Theory. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 5(2), 1–10.

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2019). The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers and Education, 13–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.009

Spillane, J. P., Reiser, B. J., & Reimer, T. (2002). Policy implementation and cognition: Reframing and refocusing implementation research. Review of Educational Research, 72(3), 387–431. https://doi.org/10.3102/00346543072003387

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sixth Edit). SAGE Publications, Inc.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Rahman, A., Girsang, F. S. P., Lisana, L., & Syahra, R. A. (2025). Efektivitas Strategi Difusi Inovasi Rogers dalam Meningkatkan Penerimaan Pendidik terhadap E-Learning di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 523–534. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7455

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.