Pengaruh Hijaiyah Sound Book terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurista Tri Pramudiani Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Khusnul Laely Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Reza Edwin Sulistyaningtyas Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7887

Keywords:

hijaiyah sound book, pengenalan huruf hijaiyah, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh dari Hijaiyah Sound Book pada pengenalan abjad hijaiyah anak berusia antara lima sampai enam tahun di kelompok B TK ABA 1 Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Pendekatan pada penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental, menggunakan rancangan one group pretest and postest. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan subjek dari penelitian sebanyak 63 peserta didik pada kelompok B di TK ABA 1 Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi tentang kemampuan pengenalan dari huruf hijaiyah pada anak. Uji validitas yang dipakai dalam penelitian ini adalah construct validity dengan pendapat ahli atau expert judgement. Analisis data memakai uji statistik paired sample t test menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 29.0 for Windows. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Hijaiyah Sound Book memberikan pengaruh pada kemampuan pengenalan pada huruf hijaiyah anak usia dini di TK ABA 1 Bandongan. Hasil uji t menunjukkan nilai sebesar -8,881 dengan tingkat signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000(<0,05). Hasil ini menunjukan adanya perbedaan sebelum dan setelah diberikan perlakuan atau treatment, dapat disimpulkan bahwa Hijaiyah Sound Book berpengaruh pada kemampuan pengenalan dari huruf hijaiyah.

References

Amelia, L., Zamana, M., & Ramadani, S. (2020). Efektivitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok a Di Tk Ikal Dolog Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(1), 52–64. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.939

Aziz, M., & Napitupulu, D. S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode tahfizh di PAUD Fithri Desa Teluk Pulai Dalam Kualuh Leidong. Generasi Emas, 7(1), 103-115. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).16502

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Helmalia, R., Suzanti, L., & Widjayatri, R. D. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 199–209. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.634

Herniawan, M., & Vivianti, V. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Pengenalan Kamera Dan Teknik Fotografi. Jurnal Edukasi Elektro, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.45591

Hidayati, N. (2024). Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 138-142.

Hati, A. I., & Suryana, D. (2024). Pengaruh Media Monopoli Modifikasi untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah di Taman Kanak-Kanak Assyofa Kota Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 159-165.Kemenag RI. (2021). SK Jenderal Pendidikan Islam No. 3331 Tahun 2021 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. 4, 2–16.

Latifah, N., Aisyah, D. S., & Putri, F. E. (2024). Pengaruh Metode Al-Jabari Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nihayatul Amal Purwasari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 640-647.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana.

Mu’ti, A. (2023). Pluralistic Islamic Religious Education: A Vision for Indonesia. Review of Faith and International Affairs, 21(2), 121–127. https://doi.org/10.1080/15570274.2023.2200280

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian skripsi tesis disertasi dan karya ilmiah (7th ed.). Kencana.

Noterisa, S., Setiawati, B., & Yuliani, H. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar di TPA Al-Hakam. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(2), 359–367. https://doi.org/10.54832/judimas.v2i2.328

Purba, V. A., Siahaan, T. M., & Sianturi, C. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 104312 Pamatang Siantar. Journal Of Social Science Research, 4(1), 5521–5532.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Syahrani (Ed.), Antasari Press. antasari press.

Rahmawati, E., Mushafanah, Q., & Fajriyah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Meteseh Kecamatan Boja. 4(24), 242–251. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17810

Santoso, S. (2010). statistik parametrik konsep dan aplikasi SPSS. pt elex media komputindo.

Sari, N. N. K. (2020). Rancang Bangun Media Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161–170. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1214

Sartika, D., Amiroh, & Nisrokha. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah di RA bani fuad syihabuddin. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 119–140.

Soniati, N., Sulihuttaufa, E., & Munandar, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Tp Sepetik Bunga Desa Ridogalih. 1(1), 25.

Susanti, R. (2019). Sampling Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 16, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543

Tim Kurikulum TK ABA. (2024). Kosp Tk ’Aisyiyah Bustanul Athfal Bandongan Tahun Pelajaran : 2023/2024 (pp. 1–53).

Trisnawati, T., Wahyu Widiana, Y., & Supriatna, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf Di Tkit Bina Insani Kelompok Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Tahsinia, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.295

Yunita, Z., Nurmawati, & Nasution, I. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual pada Anak Usia 5-6 Tahun di Ra An-Nida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia penting bagi anak-anak usia dini . Hal ini sangat penting karena belajar membaca adalah. 2(3), 50–69.

Zulfikar, M. Y., Hafidz, & Azzahro, S. (2024). Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755–1766. https://doi.org/10.58230/27454312.589

Downloads

Published

2025-09-18

How to Cite

Pramudiani, N. T., Laely, K., & Sulistyaningtyas, R. E. (2025). Pengaruh Hijaiyah Sound Book terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 808–826. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7887

Issue

Section

Articles

Citation Check