Pemanfaatan Loose Parts sebagai Media Pengembangan Dimensi Kreatif pada P5 dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.7947Keywords:
kreatif, kurikulum merdeka, loose parts, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pemanfaatan loose parts sebagai media pengembangan dimensi kreatif pada P5 dalam kurikulum merdeka di kelas 1 SD Negeri 2 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Loose parts dipandang bisa dijadikan sebagai media yang mudah didapat oleh para ssiwa sekaligus bisa digunakan sebagai media untuk membentuk kreativitas pada para siswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Data pada penelitian ini dikumpulkan mengguakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dalam memanfaatan loose parts sebagai media pengembangan dimensi kreatif pada P5 dalam kurikulum merdeka di kelas 1 SD Negeri 2 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas antara lain: Pertama, menyusun modul ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan proyek bermain “Mendaur Ulang Botol Plastik Bekas menjadi Hasta Karya” pada tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Kedua, mengimplementasi modul ajar yang telah disusun untuk mengembangkan dimensi kreatif pada siswa kelas 1. Implementasi modul ajar dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: (1) kegiatan pengenalan; (2) kegiatan kontekstualisasi; (3) kegiatan aksi nyata; dan (4) kegiatian refleksi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dan para guru untuk menggunakan loose parts sebagai media pengembang dimensi kreatif pada siswa SD di kelas bawah yaitu kelas 1, 2 dan 3.
References
Ahsani, E. L. F., & Nurhaliza, Y. A. (2021). Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan Tertinggal Indonesia. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.41
Anies Listyowati, Cholifah Tur Rosidah, & Vita Nadhifah. (2023). Edutainment SUnkaber Berbasis Muatan Lokal: Media Kreativitas Berbahasa dan Profil Pelajar Pancasila Sisw Transisi PAUD ke SD. INVENTA, 7(2), 210–216. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8681
Ann Cutler, N., Halcomb, E., & Sim, J. (2021). Using naturalistic inquiry to inform qualitative description. Nurse Researcher, 29(3), 29–33. https://doi.org/10.7748/nr.2021.e1788
Ariska Yuliani & Dian Kristiana. (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.18362
Dodgson, J. E. (2017). About Research: Qualitative Methodologies. Journal of Human Lactation, 33(2), 355–358. https://doi.org/10.1177/0890334417698693
Hijriati, P. R. (2021). PROSES BELAJAR ANAK USIA 0 SAMPAI 12 TAHUN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGANNYA. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295
Listiowati, W. T., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2021). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Seni Kriya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semarang. Wawasan Pendidikan, 1(2), 291–304. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9252
Listryanto, D. P., & Widoyono, A. (2023). Implementasi Media Puzzle Kata Pada Kurikulum Merdeka untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. 3(1), 6–80. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3675
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis (Fourth Edition). Sage.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitaif. Rosda.
Mursidik, E. s M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69
Muryaningsih, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN EKSAK DI MI KEDUNGWULUH LOR. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360
Nasution, M. P., Sormin, D., Lubis, J. N., Wahyuni, S., Siregar, A. K., & Mahir, A. (2024). Harnessing Loose Part Media for Cognitive Development: Evaluating Its Effects on Early Mathematics Play Activities in Early Childhood Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 254–268. https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i2.23184
Nurjanah, N., Cahyana, U., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51–58. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3161
Pacini-Ketchabaw, V., Kind, S., & Kocher, L. L. M. (2024). Encounters with Materials in Early Childhood Education (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003322559
Pusvitasari, R. (2021). HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2549
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Qoumariah, S., Mustapa, N., Aisyah, S., Ulfah, St. M., & Chandrawati, T. (2025). Stimulation of Early Childhood Creativity through STEAM Learning Based on Loosparts Media: A Systematic Narrative Review. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 639–656. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1746
Rahma, B. A., Kustiono, K., & Setiawan, D. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3991–4001. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926
Sativa, F., & Buahana, B. N. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 1093–1098. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1367
Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tarisa, L. N., Ravelia, S. C., Raviqi, S. P. A., Dewi, A., & Erlangga, I. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa SD Melalui Proyek Kerajinan Tangan Pada Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 324–329. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2231
Utamimah, S., Nur Aisyah, E., & Baharun, H. (2025). Implementing Project-Based Learning with Loose Parts in Early Childhood Education: A Qualitative Descriptive Study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 10(1), 71–84. https://doi.org/10.14421/jga.2025.101-06
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). THE UTILIZATION OF LOOSE PARTS MEDIA IN STEAM LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326
Windiana Khoiru Nisya, Nadia Visa Salma, Putri Cahyaning Negari, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Penggunaan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Eksperimen Massa Benda di Sekolah Dasar. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.633
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Yuzianah, D., Budi Darmono, P., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada Kuriulum Merdeka pada Jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1069
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rina Rizki Amalia, Novan Ardy Wiyani, Johar Alimuddin, Widana Yulio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the