Pemanfaatan Loose Parts sebagai Media Pengembangan Dimensi Kreatif pada P5 dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Rina Rizki Amalia STKIP Majenang Cilacap Jawa Tengah, Indonesia
  • Novan Ardy Wiyani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Johar Alimuddin STKIP Majenang Cilacap Jawa Tengah, Indonesia
  • Widana Yulio STKIP Majenang Cilacap Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.7947

Keywords:

kreatif, kurikulum merdeka, loose parts, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pemanfaatan loose parts sebagai media pengembangan dimensi kreatif pada P5 dalam kurikulum merdeka di kelas 1 SD Negeri 2 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Loose parts dipandang bisa dijadikan sebagai media yang mudah didapat oleh para ssiwa sekaligus bisa digunakan sebagai media untuk membentuk kreativitas pada para siswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Data pada penelitian ini dikumpulkan mengguakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dalam memanfaatan loose parts sebagai media pengembangan dimensi kreatif pada P5 dalam kurikulum merdeka di kelas 1 SD Negeri 2 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas antara lain:  Pertama, menyusun modul ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan proyek bermain “Mendaur Ulang Botol Plastik Bekas menjadi Hasta Karya” pada tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Kedua, mengimplementasi modul ajar yang telah disusun untuk mengembangkan dimensi kreatif pada siswa kelas 1. Implementasi modul ajar dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: (1) kegiatan pengenalan; (2) kegiatan kontekstualisasi; (3) kegiatan aksi nyata; dan (4) kegiatian refleksi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dan para guru untuk menggunakan loose parts sebagai media pengembang dimensi kreatif pada siswa SD di kelas bawah yaitu kelas 1, 2 dan 3.

References

Ahsani, E. L. F., & Nurhaliza, Y. A. (2021). Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan Tertinggal Indonesia. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.41

Anies Listyowati, Cholifah Tur Rosidah, & Vita Nadhifah. (2023). Edutainment SUnkaber Berbasis Muatan Lokal: Media Kreativitas Berbahasa dan Profil Pelajar Pancasila Sisw Transisi PAUD ke SD. INVENTA, 7(2), 210–216. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8681

Ann Cutler, N., Halcomb, E., & Sim, J. (2021). Using naturalistic inquiry to inform qualitative description. Nurse Researcher, 29(3), 29–33. https://doi.org/10.7748/nr.2021.e1788

Ariska Yuliani & Dian Kristiana. (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.18362

Dodgson, J. E. (2017). About Research: Qualitative Methodologies. Journal of Human Lactation, 33(2), 355–358. https://doi.org/10.1177/0890334417698693

Hijriati, P. R. (2021). PROSES BELAJAR ANAK USIA 0 SAMPAI 12 TAHUN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGANNYA. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Listiowati, W. T., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2021). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Seni Kriya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semarang. Wawasan Pendidikan, 1(2), 291–304. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9252

Listryanto, D. P., & Widoyono, A. (2023). Implementasi Media Puzzle Kata Pada Kurikulum Merdeka untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. 3(1), 6–80. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3675

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis (Fourth Edition). Sage.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitaif. Rosda.

Mursidik, E. s M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69

Muryaningsih, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN EKSAK DI MI KEDUNGWULUH LOR. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Nasution, M. P., Sormin, D., Lubis, J. N., Wahyuni, S., Siregar, A. K., & Mahir, A. (2024). Harnessing Loose Part Media for Cognitive Development: Evaluating Its Effects on Early Mathematics Play Activities in Early Childhood Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 254–268. https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i2.23184

Nurjanah, N., Cahyana, U., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51–58. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3161

Pacini-Ketchabaw, V., Kind, S., & Kocher, L. L. M. (2024). Encounters with Materials in Early Childhood Education (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003322559

Pusvitasari, R. (2021). HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2549

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Qoumariah, S., Mustapa, N., Aisyah, S., Ulfah, St. M., & Chandrawati, T. (2025). Stimulation of Early Childhood Creativity through STEAM Learning Based on Loosparts Media: A Systematic Narrative Review. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 639–656. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1746

Rahma, B. A., Kustiono, K., & Setiawan, D. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3991–4001. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926

Sativa, F., & Buahana, B. N. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 1093–1098. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1367

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tarisa, L. N., Ravelia, S. C., Raviqi, S. P. A., Dewi, A., & Erlangga, I. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa SD Melalui Proyek Kerajinan Tangan Pada Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 324–329. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2231

Utamimah, S., Nur Aisyah, E., & Baharun, H. (2025). Implementing Project-Based Learning with Loose Parts in Early Childhood Education: A Qualitative Descriptive Study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 10(1), 71–84. https://doi.org/10.14421/jga.2025.101-06

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). THE UTILIZATION OF LOOSE PARTS MEDIA IN STEAM LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

Windiana Khoiru Nisya, Nadia Visa Salma, Putri Cahyaning Negari, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Penggunaan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Eksperimen Massa Benda di Sekolah Dasar. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.633

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Yuzianah, D., Budi Darmono, P., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada Kuriulum Merdeka pada Jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1069

Downloads

Published

2025-12-21

How to Cite

Amalia, R. R., Wiyani, N. A., Alimuddin, J., & Yulio, W. (2025). Pemanfaatan Loose Parts sebagai Media Pengembangan Dimensi Kreatif pada P5 dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1065–1083. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.7947

Citation Check

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.