Pemetaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Khalisya Azzura Ramadhani Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia
  • Risdalina Risdalina Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8743

Keywords:

program 7 kebiasaan anak indonesia hebat, pendidikan karakter, pelaksanaan program, sekolah dasar, pembentukan karakter siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan, tanggung jawab, serta kepedulian sosial siswa sekolah dasar sehingga diperlukan program pembiasaan yang terstruktur untuk memperkuat karakter sejak dini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di sekolah dasar sebagai rumusan masalah pertama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 716 siswa dari lima sekolah dasar di Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui kuesioner 49 item dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif serta PLS-SEM untuk melihat kualitas instrumen dan gambaran pelaksanaan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang meliputi kebiasaan bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat telah terlaksana dengan kategori baik di kelima sekolah, ditandai dengan konsistensi pembiasaan harian melalui buku jurnal dan dukungan guru dalam kegiatan rutin. Tiga kebiasaan yang paling konsisten diterapkan adalah beribadah, gemar belajar, dan bermasyarakat, sedangkan kebiasaan makan sehat serta tidur cepat menjadi aspek yang paling rendah keterlaksanaannya. Temuan ini merekomendasikan perlunya pelibatan lebih besar dari orang tua serta peningkatan monitoring guru untuk memastikan pembiasaan berlangsung konsisten baik di sekolah maupun di rumah. Secara keseluruhan, pelaksanaan program menunjukkan arah positif sebagai dasar pembentukan karakter siswa.

References

Abdullah, N. (2020). Learning from the perspectives of Albert Bandura and Abdullah Nashih Ulwan: Implications towards the 21st century education. AI-Hayat: Journal of Islamic Education, 20(2), 199–218.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook (p. 197). Springer Nature.

Covey, S. R. (2016). The 7 habits of highly effective people. Texila International Journal of Nursing, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.21522/tijnr.2015.02.01.art023

Duckworth, A. L., & Kern, M. L. (2011). A meta-analysis of the convergent validity of self-control measures. Journal of Research in Personality, 45(3), 259–268. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2011.02.004

Gardner, B., Rebar, A. L., & Lally, P. (2022). How does habit form? Guidelines for tracking real-world habit formation. Cogent Psychology, 9(1), 2041277. https://doi.org/10.1080/23311908.2022.2041277

Habiibah, H., Munifah, M., Ningsih, W., Luthfiyah, L., Zahro, H. M., & Sitarianti, T. F. (2025). Implementasi program "7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat" untuk membentuk karakter mandiri siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(3), 303–313.

Lisnasari, S. F., Hidayat, R., & Sari, M. (2025). Sosialisasi 7 kebiasaan anak Indonesia hebat dalam membangun karakter bangsa sejak dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 127–136.

Rhomadiyah, D. (2023). Implementasi pendidikan karakter terhadap sikap kepedulian lingkungan sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6, 558–570.

Roberts, M., Tolar-Peterson, T., Reynolds, A., Wall, C., Reeder, N., & Mendez, G. R. (2022). The effects of nutritional interventions on the cognitive development of preschool-age children: A systematic review. Nutrients, 14(3), 1–15. https://doi.org/10.3390/nu14030532

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68

Suprapti, S. (2025). Tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa SDN 1 Dimoro. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.70277/jgsd.v2i1.7

Susanti, S. E. (2022). Pendidikan karakter dalam membangun kecerdasan moral bagi anak usia dini perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396

Teixeira, P. J., Marques, M. M., & Silva, M. N. (2021). Self-regulatory physical activity theory (SR-PAT): A framework for understanding physical activity behavior. Health Psychology Press.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2021). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives (pp. 1–65). Routledge.

Downloads

Published

2025-12-24

How to Cite

Ramadhani, K. A., Sofwan, M., & Risdalina, R. (2025). Pemetaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3). https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8743

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.