Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Hasriadi Hasriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengetahuan komputer program studi pendidikan agama islam iain palopo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dalam bentuk Pretest-posttest control group design dengan jumlah populasi 60 orang digunakan sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes pengetahuan. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dan informasi berupa jumlah dan hasil belajar mahasiswa, serta  tes pengetahuan diberikan pada awal (pre tes) dan akhir (post tes) pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk pre test kelas eksperimen sebesar 77,87, dengan standar deviasi 7,18. Rata-rata hasil belajar mahasiswa pre tes untuk kelas kontrol sebesar 74,27dengan standar deviasi 7,02. Untuk post tes  rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 84, 67 dengan standar deviasi 7,51 dan rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol sebesar 80,93 dengan standar deviasi 5,43. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengetahuan komputer antara kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dengan kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan E-Learning pada program studi pendidikan agama islam IAIN Palopo.

Keywords


Pengaruh, E-Learning, , Hasil Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Holmes, B. & Gardner, J. (2006). E-Learning Concepts and Practice. SAGE Publications Ltd: London.

Kusmana, Ade. 2011. E-Learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. 14(1), 35-51.

Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rusman, 2010. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.

Rusman. 2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Afabeta.

Sardiman A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-faktor Yeng Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Surjono HD. (2011). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. UNY Press: Yogyakarta

Syaiful Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memejahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1429

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats