Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ

Teguh Arafah Julianto

Abstract


Keberadaan al-Qur’an sebagi pedoman hidup wajib untuk dipelajari dan diajarkan bagi seluruh umat manusia tiada lain untuk mencapai derajat takwa  dan keselamatan dunia  akhirat. Maka penting memberikan pengetahuan dan edukasi tentang  al-Qur’an pada anak usia dini sebagai bekal pada anak untuk mencetak generasi Qur’ani.  Masa anak usia dini adalah masa keemasan yang merupakan pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat. Untuk menciptakan generasi qur’ani yang bisa memahami dan menghafal al-Qur’an Sangat diperlukan metode-metode yang aktif dan atraktif agar dapat menyentuh seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Dalam tulisan ini, penulis termotivasi untuk menjelaskan suatu metode pengajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode gerakan isyarat tangan disertai mulut yang mudah, menyenangkan dan aplikatif untuk semua tingkat usia khususnya dikalangan anak-amak usia 4 sampat 12 tahun. Metode ini disebut metode ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an) dengan harapan agar dapat dijadikan pertimbangan bagi pengajar atau lembaga taman pendidikan al-Qur’an dalam pembelajaran anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Al-maraghi, Ahmad Musṭāfa, Tafsir al-Marāgi. Bairūt: Dār al-Fikr, 2006.

Cahyani, Isah Pembelajaran Bahasa Indonesia .Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009

Hanafie Das, St Wardah dan Abdul Halik. Kiat menulis Karya Ilmiah Skripsi dan Tesis. Makassar: CV. Berkah Utami, 2016

Hasan, Ahmad dan Helina Himmatul Ulya L. Makalah. Metode hafalan Ayat-ayat dan Hadits dalam pembelajaran, 2013

Isah Cahyani, Pembelajaran Baha sa Indonesia(Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009

Moeslichatoen R., Metode Pengajaran di TK, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Nata, Abuddin .Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009

Nurani ,Sujiono,Yuliani Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT INDEKS, 2009

Roslan, Rosdy Metode Penelitian Publik, Surabaya: PT. Raja Grafindo Persada,2003

Sa’diah Lanre Said, Bagaimana Adik Bisa Ada Di Perut Mama?, Sidoarjo: Daffah Publishing, 2018

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran .Bandung: Alfabeta, 2010

Shihab, Quraish, Sejarah dan Ulum Al-Qur‟an, Jakarta: Pusataka Firdaus, 2008

Siregar, Evelin , dan Nara, Hartini , Teori Belajar dan Pembelajaran , Bogor: Ghalia Indonesia, 2010

Sudono,Anggani Pedoman Pendidikan Prasekolah, Jakarta: Grasindo, 1991

Tim Penulis, kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2008




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1439

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats