Peran Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

Fitriyani Sanuhung, Difa'ul Husna, Mira Ifta Rimadhani, Ita Rosyada

Abstract


Setiap orang menempuh pendidikan di berbagai lembaga pendidikan, baik pesantren maupun sekolah umum. Setiap manusia terdapat sebuah keinginan untuk mengetahui hal yang ingin diketahui oleh mereka, dari hal itu manusia belajar. Belajar tidak harus ketika kita sedang di sekolah, berada di kelas untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Guru. Setiap manusia dapat belajar dan mempelajari hal baru dari lingkungan sekitarnya. Namun di sekolah, peserta didik diajar dan dibimbing oleh pendidik yang disebut dengan Guru, setiap pendidik memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, serta cara mengajar yang berbeda yang akan berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Keywords


Kepribadian, Prestasi Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ashoumi, Hilyah. “URGENSITAS ASPEK KEPRIBADIAN BAGI GURU PAI.” JURNAL LISAN AL-HAL 12, no. 1 (2009): 2345–51.

Aziz, Abdul. “Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam” 1, no. 2 (2017): 173–84.

Burns, R. Konsep Diri, Teori, Pengukuran, Perkembangan Dan Perilaku. Jakarta: Arcan, 1993.

Hamalik, O. Menjadi Guru Inspiratif. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Hamidah, Laila, Sawaluddin Siregar, and Nuraini Nuraini. “Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka.” Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, no. 2 (2019): 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668.

Izzan, A., & dkk. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora, 2013.

Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Press, 2001.

M, Suardi. “Pengaruh Kepribadian Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2018): 121–28. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.494.

Maesaroh, Siti. “PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” The Journal of American Folklore 1, no. 1 (2013). https://doi.org/10.2307/539575.

Melfianora. “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur.” Open Science Framework, 2019, 1–3.

Oktradiksa, Ahwy. “Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru.” Nadwa 6, no. 2 (2012): 231. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.590.

Purwanti. “Guru Dan Kompetensi Kepribadian.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10, no. 1 (2013): 1074–88. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2066.

Purwanto, M. N. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Ramli, M. “HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK M. Ramli.” Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2015): 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825.

Roqib, Moh., and Nurfuadi. Kepribadian Guru, 2020.

Rosyid, M Zaiful. dkk. Prestasi Belajar. Edited by Halimatus Sa’diyah. Batu: Literasi Nusantara, 2019.

Sirait, Erlando Doni. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 1 (2016): 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.

Syah, M. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.

Tarmizi. “Kepribadian Guru Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6, no. 1 (2016): 19–29.

Usman, M. U. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Zein, Muh. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5, no. 2 (2016): 274–85. http://103.55.216.56/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480.

Zunidar. “Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran.” Nizhamiyah, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.1887

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats