ETIKA TERHADAP BUKU (Studi Komparatif Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim dan Syaikh Az Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim)

Umi Khariroh

Abstract


Studi Komparatif Etika terhadap buku menurut pemikiran  K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim  dan Syaikh Az Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library reseach). Pendekata kualitatif deskriptif analisis. Dan menggunkaan metode komparasi untuk menemukan letak persamaan dan perbedaan kedua konsep tersebut.

Etika terhadap buku menurut  K.H Hasyim Asy’ari di dalam  kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim ada lima poin yaitu: Menerengkan tentang etika terhadap buku, pinjam meminjam  buku sebagai bentuk tolong menolong dalam berbagi ilmu, meminjam atau membeli buku pelajaran,  dan etika yang berkaitan dengan kegiatan penulisam maupun penyalinan buku-buku yang berisi berbagai disiplin ilmu dalam Islam dan membahas mengenai cara menulis nama-nama dan gelar penghormatan sebagai doa kepada nabi. Sedangkan di dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Burhanuddin Az Zarnuji hanya terdapat satu bagian saja membahas secara global tentang etika terhadap buku.  Di dalam kitab Adābul ‘Alim wa al-Muta’allim penjelasan konsep etika terhadap buku lebih rinci di bandingkan dengan kitab Ta’limul Muta’allim.


Full Text:

PDF

References


As’ad, Aliy, Terjemah Ta’lim Muta’allim, edisi baru, Kudus : Menara Kudus, 2007.

Bagus, Lorens, Kamus Filsafat, Jakarta : Gramedia, 1996.

Burhan, Bungin, Metode Penelitian Kualitatif , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa, 2008.

Hadi , Sutrisno, Metodologi Research , Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Haidar Bagir, Etika “Barat, Etika Islam, Bandung : Mizan 2002

Hernowo, Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah, Bandung : Mizan Learning Center, 2004.

Iqbal, Abu Muhammad Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Lasa Hs, Kamus Istilah Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher, 2009.

Lexy J.Meleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakrya, 2002.

M. Ali, Penelitian Kependudukan , Prosedur dan Strategi, Bandung: PN Angkasa, 1987.

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Moh. Mursyid, Konsep Etika Terhadap Buku (Studi Pemikian Ibn Jamā’ah dalam kitab Tazkirat al-Sᾱmi‘ wa al-Mutakallim fi Adab Al-‘Ᾱlim wa al-Muta’allim). Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Najib, M. Ainun, Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Etika Terhadap Buku Dalam Kitab Adāb Al-‘ĀLim Wa Al-Muta’allim (Kajian Analisis Wacana). Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007.

Partanto, Pius A, et, Al. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya : Arkola, 1994.

Sugijanto. Indarti, Yuni, Cara Praktis Mengelola Perpustakaan, Solo : Era Adicitra Intermedia, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur PenelitianPraktis, Jakarta : Bina Aksara, 1983.

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek , cet.12, Jakarta : Rineka Cipata, 2002.

Suherman, Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah, Bandung : MQS Publishing, 2009.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta:YKPFP, 1979.

Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Sya’roni, Model Relasi Ideal Guru dan Murid, Telaah Atas Pemikiran al Zarnuzi dan Kh. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: Teras, 2007.

Syalabi , Ahmad, Sejarah Pendidikan Islam, diterjemahkan oleh Mukhtar Yahya et.al, Jakarta : Bulan Bintang, 1973.

Syalabi, Ahmad, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan dan Bintang, 1973.

Syamsul, Jejak Pemikiran dan Tokoh Pendidikan Islam,Yogyakarta: Arruz media, 2011.

As’ad, Aliy, Terjemah Ta’limul Muta’allim Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Kudus: Menara Kudus, 2007.

Tatang M. Arifin, Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta : Rajawali Press, 1986.

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam , Jakarta: Bumi Aksara, 1994.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.2243

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats