Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Birrul Walidain

Inayatul Maghfiratur Rohmah, Kustiana Arisanti

Abstract


Dalam pembinaan birrul walidain dibutuhkan peran seseorang Guru Pendidikan Agama Islam untuk mengajarkan, mencerdaskan, memberi contoh, dan menamkan akhlakbirrul walidain. Tujuan dari penelitian yang peneliti laksanakan ini tidak lain untuk mengetahui usaha apa  saja yang telah dilakukanguru Pendidikan Agama Islam serta implikasinya terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo. Peneliti menggunakan pendekatan deskripsi dengan metode kualitatif. Untuk melangsungkan penelitian ini penelitimenggunakan teknik pengumpulan datanya dengan teknik observasi, tanyajawab mealalui wawancara,  dan tidak lupa untukmendokumentasikan segala sesuatu yang dibutuhkan. Adapun Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini membahastentang adanya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan birrul walidain pesertadidik dapat mengimplikasikan akhlak birrul walidain dalam kehidupan danmengamalkan dalam kegiatan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Kemenag Dan Terjemahan, n.d.

Depdiknas. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.” Jakarta: Dedoknas, 2007.

El-Sutha, Saiful Hadi. Ada Surga Di Dekatmu. Jakarta: Wahyu Qolbu, 2018.

Hasan, Alwi dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2013.

Ibrohim Al-Hasyimi. Fadl Birr Al-Walidain. Jakarta: Qitshi Press, 2010.

Musthafa. “‘Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Maryam (19) Ayat 41-47.’” Ta’lim 13, no. No.2 (2015): 177.

Subandi. “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.” Harmonia 11 (2011).




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v5i1.2777

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats