KAMPANYE MODERASI BERAGAMA MELALUI MEDIA SOSIAL PADA KOMUNITAS MULTIKULTURAL

Muhammad Juanis

Abstract


Moderasi beragama yalng dimaksud adalah nilai-nilai universal seperti keadilan, kesetaraan, rasa hormat, dan keseimbangan. Pesan-pesan moderasi, terutama moderasi dalam beragama saat ini bisa dengan mudah disampaikan dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi (sosmed). Melalui sosial media para dai bisa menyampaikan islam secara baik dan benar sesuai dengan pedoman Al Quran dan Hadis. Bentuk dari perkembangan teknologi daln informasi saat ini bisa dilihat dengan adanya media sosial seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, telegram, youtube, dan lain sebagainya. Melihat fakta saat ini bagaimana moderasi beragama dalam menyikapi berbagai tantangan dan problematika yang terjadi dalam kehidupan, bahkan dunia baru yang saat ini tengah hangat dibicarakan menemukan sebuah solusi yang efisien menggunakan perkembangan media sosial sebagai jawaban tantangan persoalan moderasi beragama.Metode penelitian yang digunakan adalah metode tafsir tematik dengan pendekatan analisis konseptual. Adapun cara penggunaan metode ini yaitu dengan cara mengumpulkan ayat-ayat yang stema dengan problem yang diangkat dan menganalisis sebuah ayat dalam alquran yang terkandung dalam Surah An Nahl ayat 65 dengan rinci sehingga menghasilkan hasil akhir yang soluktif bagi masalah yang sedang dihadapi.Peneliti merekomendasikan kepada agamais dan saintis terutama di bidang hadis dan sosial untuk dapat mendalami dan menambah kajian seputar moderasi dalam beragama agar dapat mengatasi problema disintegrasi antar umat beragama secara tuntas.

 

Kata Kunci: Al-Qur’an, Moderasi Beragama, Media Sosial.


Full Text:

PDF

References


Akhmadi Agus, “Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia”, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 2, Februari-Maret 2019.

Anis, Ibrahim dkk., Al-Mu‟jâm al-Wasîth, t.t.: As-Syuruq al-Dauliyah, Jakarta: Erlangga, 2004.

Darlis, Peran Pesantren As’adiyah dalam Membangun Moderasi Islam di Tanah Bugis, Jurnal Al-Misbah; Volume 12 Nomor 1, 2021.

Arif, Khairan Muhammad, “Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur‟an, As-Sunnah serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha”, Jurnal AlRisalah, Vol. 11, No. 1, Tahun 2020.

Fahri, Mohamad dan Ahmad Zainuri, “Moderasi Beragama di Indonesia”, Jurnal Intizar, Vol. 25, No. 2, Desember 2019.

Faiqah N., & Pransiska, T, Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Jurnal AlFikra, 17(1), 33-6, 2021.

Kementerian Agama RI,Moderasi Beragama, Jakarta: Balitbangdik Kemenag RI, 2019.

Khaira Suci, 2020, “Moderasi Beragama (Studi Analisis Kitab Tafsir Al-Muharrar Al-Wajîz Karya Ibnu Athiyyah)”, Skripsi, Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur`an

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, Moderasi Islam (Tafsir Al-Qur`an Tematik), Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an, 2012.

Akhmadi, A. Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Inovasi Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 2019.

Hairul Puadi, Islam Moderat Dalam Konteks Sosial Politik di Indonesia, Jurnal Pusaka, Malang: STAI Al-Qolam Gondanglegi), 6-7. 2021.

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Abu Ahmadi dkk.,Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta,2003.

Az-Zuhaili, Muhammad, Moderat dalam Islam, Jakarta: Akbar, Media Eka Sarana, 2015.

Haq, I., Bedong, M. A. R., & Syatar, A, Effect Of Young Age in Murder Felony (Comparative Study Between Islamic Jurisprudence and Indonesian Law). Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum, 3(2), 151-170, 2020.

Harto, K., & Tastin, T. Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik. At-Ta’lim: Media InformasiPendidikan Islam, 18(1), 2019.

Hermawati, R, Caroline Paskarina, Nunung Runiawati, Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Bandung, UMBARA: Indonesian Journal of Anthropology,Volume 1 (2)Desember 2016.

Lukman, H S, Moderasi Beragama, Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian RI, 2019.

Muh Ainul Yaqin, Dzikir Manaqib Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat Multikultural, jurnal kajian islam,21-22 April 2018.

Sutrisno, E. Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 2019.

Nurhakki, N., & Haq, I, Representasi Perempuan di Masjid, Jurnal Askopis, 1(2). 2021.

Zuhairi Misrawi dan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2020.

Bashori, Ahmad Dumyathi. “Konsep Moderat Yusuf Qardhawi : Tolak Ukur Moderasi dan Pemahaman Terhadap Nash”, Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan, Vol .36: 01, 2013.

Rusmayani, Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Islam Siswa Di Sekolah Umum, Journal of Proceedings AnCOMS Kopertais Wil 4, Surabaya 21-22 April 2018.

Cahyono, A. S. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia:Jurnal Publiciana, 9(1), 2016.

Ari Wibowo, Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Startegi, Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan;Vol.5 No.1 Desember 2019.

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Effendy, Onong Uchyjana.Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Imam asy-Syaukani, Tafsir Fathul Qadir, Terj. Amir Hamzah, Besus Hidayat Amin, Jakarta: Pustaka Azzam, 2012.

Aidh al-Qarni, Tafsir Muyassar, Terj. Tim Penerjemah Qishti Press, Jilid I, Jakarta: Qishti Press, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v6i2.4327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats