Evaluasi Pembelajaran Ranah Psikomotor Mata Pelajaran Fikih Program Khusus di MAN 1 Surakarta

Intan Nur Amalia, Wahyu Setianingsih, Faritsa Azzahra, Nurul Latifatul Inayati

Abstract


Evaluasi pembelajaran adalah proses atau mekanisme pengumpulan data mengenai capaian pembelajaran yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui instrumen tertentu. Dilihat dari ranahnya, evaluasi hasil belajar terbagi menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah psikomotor adalah hasil pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menerima pengalaman belajar tertentu yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran dalam ranah psikomotor mata pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Narasumber berasal dari salah satu guru mata Pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta yaitu ustad Aswin Zunan. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa evaluasi pembelajaran yang digunakan pada mata Pelajaran fikih program khusus di MAN 1 Surakarta lebih mengedepankan terhadap literasi arab dan biasanya yang digunakan dalam evaluasi ranah psikomotor yaitu peserta didik diminta untuk membaca kitab lalu peserta didik diminta untuk menjelaskan maksud dari isi kitab yang diminta.

Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah, and Nurul Latifatul Inayati. “Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam.” Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2019.

Arikunto, Suharsimi. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan [Basics of Educational Evaluation].” Revised Edition. Umi Aksara. Jakarta, 2010

.

Aseri, Muhsin. “Manajemen Pembelajaran Fiqih Di Sekolah Dan Madrasah Bagi Guru Pendidikan Agama Islam.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2022): 229–40.

Fauzi, Ahmad, and Nurul Latifatul Inayati. “Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Al Islam Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023): 272–83.

Febriana, R. “Evaluasi Pembelajaran (BS Fatmawati (Ed.).” Bumi Aksara, 2019.

Ikmal, Hepi. “Kontruksi Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN 1 Lamongan.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022).

Irawan, M Ferry, and Mamkua Amirullah. “Teknik Dan Instrumen Assesment Ranah Psikomotorik.” Mentari: Journal of Islamic Primary School 1, no. 4 (2023): 276–89.

Jurmiah, Rabiatul. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Fiqih Aspek Keterampilan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2023.

Rona, Rona. “Pengukuran Dan Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran.” Cross-Border 1, no. 1 (2018): 68–75.

Suardipa, I Putu, and Kadek Hengki Primayana. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya 4, no. 2 (2023): 88–100.

Ulfah, Maria. “Evaluasi Pembelajaran Fikih Pada Ranah Psikomotor Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Hulu Sungai Utara,” 2022.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 2896–2910.

Zainul, Asmawi, and Noehi Nasution. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka, 2005.




Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats