Efisiensi Evaluasi Non Tes Melalui Microteaching Dalam Mata Kuliah Pendidikan Sejarah Peradaban Islam

Maharanin Nisa’ Al-Bahiyyah, Haniya Fatkhul Yumna, Zulfa Zakhrofa, Nurul Inayati

Abstract


Evaluasi diperlukan dalam suatu pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dibutuhkan sistem evaluasi yang tepat agar mencapai tujuan dari kualitas pembelajaran yang direncanakan. Evaluasi dapat dilakukan melalui berbagai metode, dalam mata kuliah PSPI menggunakan evaluasi non tes berupa micro teaching. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengkaji hasil dari micro teaching dalam mata kuliah Pendidikan Sejarah Peradaban Islam sebagai alat evaluasi non tes yang efisien dalam meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa dalam mata kuliah Pendidikan Sejarah Peradaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah dan beberapa mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik micro teaching juga memiliki manfaat yang tak kalah banyak walaupun mahasiswa masih mengalami beberapa kendala dalam praktik micro teaching. Demikian pula evaluasi antar teman mengajar memiliki dampak positif yang signifikan karena berpotensi bagi mahasiswa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebagai pengajar dan mengurangi tekanan mahasiswa yang biasanya didapatkan dari dosen pengampu karena yang menjadi evaluator adalah teman sejawat. Maka dengan hal itu menunjukkan bahwa praktik micro teaching dan memberikan evaluasi yang berulang disetiap pertemuan mata kuliah berhasil meningkatkan kualitas kemampuan mengajar mahasiswa dalam mata kuliah Pendidikan Sejarah Peradaban Islam.

Keywords


Evaluasi Non Tes; Micro teaching

Full Text:

PDF


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats