Konsepsi Moralitas dan Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v7i2.6231Keywords:
Pendidikan Islam, Nilai-Nilai Islam, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep moralitas dalam pendidikan Islam berdasarkan kajian literatur. Moralitas dalam pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku, artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen terkait. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan utama: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moralitas dalam pendidikan Islam berlandaskan pada ajaran Al-Qur'an, Hadis, dan pemikiran ulama. Nilai-nilai moral diajarkan melalui keteladanan, pembiasaan, serta lingkungan yang mendukung. Selain itu, pendidikan moral dalam Islam tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga menitikberatkan pada pembentukan sikap dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pemahaman dan penerapan konsep moralitas dalam pendidikan Islam diharapkan dapat membentuk individu yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam masyarakat.
References
Aminah, Ihda Alam Niswatun, dan Mohammad Ahyan Yusuf Syaâ€TMbani. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 6, no. 2 (1 Juni 2023): 293–303. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804.
Fajri, Iwan, Rahmat Rahmat, Dadang Sundawa, dan Mohd Zailani Mohd Yusoff. “Pendidikan Nilai Dan Moral Dalam Sistem Kurikulum Pendidikan Di Aceh.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 3 (11 Oktober 2021): 710–24. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.38525.
Faza, Shohibul, dan Syafik Ubaidilah. “Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kegiatan Pencak Silat Gasmi Di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 10, no. 1 (30 April 2020): 1–10. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1037.
Hidayah, Nur. “Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam.” JURNAL MUBTADIIN 5, no. 02 (31 Desember 2019): 31–41.
Hidayat, Arif. “Pembelajaran Moral Islami.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (3 Desember 2014): 34–48. https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i1.399.
Ilma, Mughniatul, dan Rifqi Nur Alfian. “Konsepsi Masyarakat Madani Dalam Bingkai Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 01 (2 Juni 2020): 25–46. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2186.
Ilyas, M. “Fase Perkembangan Manusia Dalam Pendidikan Islam | Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam,” 28 September 2020. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-liqo/article/view/12.
Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–47. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya. 1 ed. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2018.
Kholidah, Lilik Nur. “Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan.” At-Ta’dib 10, no. 2 (8 Desember 2015). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i2.459.
Kurnialoh, Nasri. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Serat Sastra Gendhing | IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya,” 29 Januari 2016. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/ibda/article/view/496.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3 ed. United Kindom: SAGE Publications, 2013.
Mustaqim, Abdul. “Kisah Al-Qur’an: Hakekat, Makna, Dan Nilai-Nilai Pendidikannya.” Ulumuna 15, no. 2 (31 Desember 2011): 265–90. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i2.199.
Panji, Aji Luqman, Achmad Ruslan Afendi, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi, dan Agus Mubarak. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 6, no. 1 (2 Januari 2023): 9–21. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2155.
Pemerintah Pusat, Indonesia. “Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Pemerintah Pusat, 8 Juli 2003.
Prayitno, Hadi, dan Aminul Qodat. “Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2 September 2019): 30–43. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5150.
Pulungan, Sahmiar. “Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 8, no. 1 (15 April 2011): 9–24.