Persepsi Mahasiswa Terhadap Relevansi Mata Kuliah Kimia Terapan Dalam Industri Grafika

Authors

  • Juwairiah Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan, Indonesia
  • Yusnia Sinambela Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan, Indonesia
  • Nurianti Sitorus Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan, Indonesia
  • Raju Gobal Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i1.6474

Keywords:

grafika; kimia terapan; pembelajaran kontekstual; persepsi mahasiswa; vokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa terhadap relevansi mata kuliah Kimia Terapan dalam industri grafika. Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterkaitan yang dirasakan mahasiswa antara materi kimia yang diajarkan dan kebutuhan kerja di dunia industri grafika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi kegiatan pembelajaran, serta analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari sepuluh mahasiswa program studi Teknik Grafika di tingkat semester IV dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menilai mata kuliah Kimia Terapan belum memberikan kontribusi langsung terhadap kompetensi kerja mereka karena materi dianggap terlalu teoritis dan minim contoh aplikatif. Temuan juga menunjukkan adanya kesenjangan antara pendekatan pembelajaran dosen dan harapan mahasiswa akan pembelajaran yang lebih kontekstual dan berbasis praktik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang mengintegrasikan kasus-kasus industri dan praktik laboratorium yang sesuai dengan dunia kerja grafika.

References

Afriani, N., & Munir, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran kimia berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada pendidikan vokasi. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 45–53. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i1.19876

Ardiansyah, A., & Prasetyo, Z. K. (2021). Analisis persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kimia dasar dalam konteks vokasi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 345–352. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20789

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Fauziah, R., & Mulyani, T. (2022). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap persepsi relevansi mata kuliah kimia dalam dunia kerja. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 112–119. https://doi.org/10.17977/um026v16i22022p112

Fitriyani, N., Suryani, T., & Pramuditya, S. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Kimia Kontekstual di Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 245–254. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i3.31205

Handayani, S., & Sulaiman, R. (2023). Relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri: Studi kasus program studi teknik grafika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 89–97. https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.52843

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Newbury Park, CA: SAGE Publications

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Nugroho, A., & Prasetya, Y. (2021). Peran Ilmu Kimia dalam Proses Produksi Cetak Offset. Jurnal Teknologi Grafika, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.21009/jtg.v9i1.23456

Rahayu, S., & Suryana, D. (2023). Strategi Penguatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.12345/jipi.v5i1.56789

Rahayu, L. N., & Suryana, D. (2023). Keterkaitan pemahaman kimia terapan dengan kompetensi kerja lulusan vokasi grafika. Jurnal Vokasi Teknologi, 7(1), 55–64. https://doi.org/10.31294/jvt.v7i1.20615

Setiawan, D., & Hidayat, B. (2019). Pembelajaran kimia berbasis proyek dalam pendidikan vokasional. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 98–105. https://doi.org/10.21009/jpki.032.05

Suwandi, S., & Fitriyah, H. (2021). Evaluasi pembelajaran kimia di pendidikan vokasi berbasis industri. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 26–35. https://doi.org/10.21831/jep.v12i1.38094

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds. & Trans.). Cambridge, MA: Harvard University Press.

Yamin, M., & Fakhrunnisaa, N. (2022). Persepsi literasi digital mahasiswa calon guru iain palopo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 1-9.

Yuliani, S., & Hidayat, A. (2019). Analisis Relevansi Kurikulum Kimia Terapan dengan Kompetensi Lulusan di Industri Grafika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 112–120. https://doi.org/10.17509/jep.v13i2.20433

Zhou, Y., Li, W., & Chen, X. (2021). Chemical interactions in modern printing technology: A review. Journal of Printing Science and Technology, 58(4), 215–228. https://doi.org/10.1016/j.jpst.2021.06.008

Downloads

Published

2025-05-23

Citation Check