Evaluasi Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palopo dengan Model Evaluasi CIPP
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v7i2.6554Keywords:
Program evaluation, CIPP model, Islamic Religious Education, learning qualityAbstract
Kesenjangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia sering muncul karena ketidaksesuaian antara proses pembelajaran dan perencanaan kurikulum, serta terbatasnya metode dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembelajaran PAI di IAIN Palopo dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian mengadopsi pendekatan campuran dengan instrumen angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dari dosen, mahasiswa, perangkat, dan fasilitas pembelajaran. Hasil menunjukkan ketersediaan perangkat pembelajaran dan integrasi hasil penelitian ke materi ajar masih belum optimal. Kompetensi dan metode pengajaran dosen dinilai baik, namun masih terdapat kendala infrastruktur seperti akses internet terbatas dan ruang kelas yang kurang memadai. Model evaluasi CIPP memberikan gambaran komprehensif terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran PAI. Temuan ini menjadi dasar perbaikan berkelanjutan pada kurikulum, metode, dan fasilitas untuk meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Palopo.
References
Ardiyani, Nadia Amalia, Arri Handayani, dan Ajeng Dianasari. 2023. “Hubungan Self Control Dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas X Di SMA N 2 Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (SMAILING) 1(1):104–12.
Arni, Irada Haira, Gunawan Gunawan, Bunga Fatwa, dan Ilham Sentoso. 2021. “Kegunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Pendidikan Inklusi.” MASALIQ 1(3):164–75. doi: 10.58578/masaliq.v1i3.60.
Choli, Ifham. 2019. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2(2):35–52. doi: 10.34005/tahdzib.v2i2.511.
Creswell, John W. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. PUSTAKA PELAJAR.
Daheri, Mirzon, Nur Kholis, Ilham Syah, Muhammadong Muhammadong, dan Jenuri Jenuri. 2023. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Mahasiswa Generasi Alpha.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(2):989–95. doi: 10.31004/jpdk.v5i2.13017.
Dermawan, Indra Bagus, dan Sri Harmianto. 2021. “Penerapan Evaluasi Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 1(2):196–205. doi: 10.51574/jrip.v1i2.81.
Djuanda, Isep. 2020. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 3(01):37–53. doi: 10.36670/alamin.v3i1.39.
Haerani, Haerani, Yaumil Fachni Tandjungbulu, dan Mira Andini. 2022. “Penerapan Integrasi Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Proses Pembelajaran Di Poltekkes Kemenkes Makassar.” Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar 17(2):360–68. doi: 10.32382/medkes.v17i2.3130.
Hariyadi, Hariyadi, Misnawati Misnawati, dan Yusrizal Yusrizal. 2023. “Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh.” BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS 1–215.
Hidayat, Tatang, dan Abas Asyafah. 2019. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1):159–81. doi: 10.24042/atjpi.v10i1.3729.
H.Soro, Suharyanto, Kadar Budiman, Dudi Suprihadi, dan Nur Ainiyah. 2023. “Implementasi Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Pemenuhan Standar Mutu Pendidikan Di Institut Perguruan Tinggi (IPI) Garut.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 6(2):291–303. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.669.
Isti’ana, Ais. 2024. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Indonesian Research Journal on Education 4(1):302–10. doi: 10.31004/irje.v4i1.493.
Kisno, Kisno, Nia Fatmawati, Revina Rizqiyani, Siti Kurniasih, dan Eka Mei Ratnasari. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD dalam Kreativitas Pembelajaran dan Transformasi Digital.” IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education 4(1):44–56. doi: 10.32332/ijigaed.v4i1.7878.
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, dan Raafiza Putri. 2021. “Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Hasil Memanipulasinya.” 2(2):244–57.
Malik, Khalid Mahmood, dan Meina Zhu. 2022. “Do Project-Based Learning, Hands-on Activities, and Flipped Teaching Enhance Student’s Learning of Introductory Theoretical Computing Classes?” Education and Information Technologies 28(3):3581–3604. doi: 10.1007/s10639-022-11350-8.
Matzembacher, Daniele Eckert, Rogério Leite Gonzales, dan Luis Felipe M. do Nascimento. 2019. “From informing to practicing: Students’ engagement through practice-based learning methodology and community services.” The International Journal of Management Education 17(2):191–200. doi: 10.1016/j.ijme.2019.03.002.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3 ed. United Kindom: SAGE Publications.
Mustafa, Pinton Setya. 2021. “Model Discrepancy Sebagai Evaluasi Program Pendidikan | PALAPA.” 9(1):182–98. doi: https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067.
Mustofa, Idam. 2021. “Manajemen Strategi Pemberdayaan Masyarakat: (Evaluasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Pemberdayaan Umat Stai Darussalam Nganjuk).” INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(1):29–48.
Nadila, Inas Ziyan, Mulyawan Safwandi Nugraha, dan Tarsono Tarsono. 2023. “Strategi Inovatif Dalam Perencanaan Pembelajaran PAI: Memaksimalkan Hasil Pembelajaran.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1(4):81–88. doi: 10.572349/cendikia.v1i4.442.
Nurhayani, Nurhayani, Yaswinda Yaswinda, dan Mega Adyna Movitaria. 2022. “Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(8):2353–62. doi: 10.47492/jip.v2i8.1116.
Reyes, Denise L., Julie Dinh, Christina N. Lacerenza, Shannon L. Marlow, Dana L. Joseph, dan Eduardo Salas. 2019. “The state of higher education leadership development program evaluation: A meta-analysis, critical review, and recommendations.” The Leadership Quarterly 30(5):101311. doi: 10.1016/j.leaqua.2019.101311.
Ritonga, Mentari, Yulhendri Yulhendri, dan Nora Susanti. 2021. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen pada Pembelajaran Era Disrupsi Industri 4.0.” Research and Development Journal of Education 7(1):172–81. doi: 10.30998/rdje.v7i1.9319.
Rohmat, Imam Nur, Muhammad Nur Karim Setyawan, dan Izatul Aini Salsabila. 2023. “Teknik Evaluasi Pembelajaran PAI.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4(1):157–77. doi: 10.53515/tdjpai.v4i1.102.
Saepudin, Saepudin, Yanti Hasbian Setiawati, Ika Kartika, dan Junaedi Junaedi. 2020. “Manajemen Kompetensi Dosen Berbasis Islam Dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Bermutu.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9(1):089–101. doi: 10.32832/tadibuna.v9i1.1368.
Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, dan Setiani Novitasari. 2020. “Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0.” JURNAL PENDIDIKAN GLASSER 4(1):64–71.
Suardipa, I. Putu, dan Kadek Hengki Primayana. 2020. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 4(2):88–100. doi: 10.55115/widyacarya.v4i2.796.
Sugiarti, Endang, Mukrodi Mukrodi, dan Syamsi Mawardi. 2021. “MONITORING KINEJA DOSEN :Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi.” SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business 4(4):816–22. doi: 10.37481/sjr.v4i4.386.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39. doi: 10.25078/aw.v4i1.927.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103–14. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
Widodo, Hendro. 2021. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: UAD PRESS.
Wulan, S., Zainuddin, F., Yamin, M., Selviana, S., & Rahmadani, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di MI 01 Bonepute. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 211-222.
Yamin, M. (2023). Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu. Room of Civil Society Development, 2(3), 101-105.
Yudha, Sandy, Oddy Azis Saputra, Nurfajriani Nurfajriani, dan Murniaty Simorang. 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kimia Fisika Berdasarkan Kurikulum KKNI.” Jurnal Warta Desa 5(2):71–76. doi: 10.29303/jwd.v5i2.228.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hasriadi Hasriadi, Andi Arif Pamessangi , Magfiratul Husna, Armiyanti Armiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the