The Influence of Principal’s Role, Work Motivation, and Work Culture on the Performance of Junior High School Teachers
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v7i2.6564Keywords:
Principal's Role, Work Motivation, Work Culture, Teacher PerformanceAbstract
This study aims to analyze the effect of the principal's role, work motivation, and work culture on the performance of teachers in junior high schools in the Kandangan District, Temanggung Regency. The research uses a quantitative approach with a survey method. The population of this study consists of 105 junior high school teachers from five schools in the Kandangan District, with a saturated sampling technique. Data were collected through questionnaires measuring the variables of the principal's role, work motivation, work culture, and teacher performance. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis. The results show that the principal's role, work motivation, and work culture significantly affect teacher performance, with a total contribution of 73.5%. An effective principal's role, high motivation, and a positive work culture are necessary to improve teacher performance.
Keywords: Principal's Role; Work Motivation; Work Culture; Teacher Performance.
References
Setyani, R. 2024. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung." Jurnal Kepemimpinan Pendidikan 8 (1): 78-85
Kasmir. 2016. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. 2017. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, M. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Akib, R., Elpisah, and Fahareza, M. 2022. "Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan." Jurnal Manajemen Pendidikan 12 (2): 42-50
Rahmawati, F., Tolla, F., and Ardiansyah, S. 2022. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan dan Manajemen 22 (1): 118-130.
Abas, M. 2017. Kinerja Guru dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Akademika.
Darmadi, D. 2018. Kinerja Guru: Pengukuran dan Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barnawi, H., and Arifin, Z. 2017. Kinerja Guru: Konsep dan Implementasi di Sekolah. Jakarta: Kencana.
Taufik, F. 2019. Kinerja Guru dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Amri, A., Murniati, S., and Miyono, A. 2020. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan dan Manajemen 36 (1): 36-50.
Komariyah, R., and Triana, A. 2020. "Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan Indonesia 12 (2): 306-318.
Robbins, S. P., Judge, T. A., and Campbell, T. T. 2015. Organizational Behavior. 15th ed. Pearson Education.
Edison, S., Anwar, S., and Komariyah, K. 2017. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Kependidikan 66 (4): 63-74.
Ajabar, M. 2020. Motivasi Kerja dalam Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Media.
Hasibuan, M. S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, R. 2019. Motivasi Kerja: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sulastri, M. 2016. Motivasi Kerja: Konsep dan Aplikasinya di Tempat Kerja. Jakarta: Penerbit Gramedia
Gering, S., Supriyadi, D., and Triguno, M. 2021. Budaya Kerja dalam Organisasi Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar.
Kaesang, T., Siti, A., and Handoyo, T. 2021. Budaya Kerja di Lembaga Pendidikan. Jakarta: Media Utama
Nurhadijah, N. 2017. Budaya Kerja ASN di Indonesia. Jakarta: Badan Kepegawaian Negara.
Ibrahim, dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Syahza, A. 2021. Penelitian Korelasional dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sahir, A. 2021. Analisis Regresi dan Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rahmawati, F., Tolla, F., and Ardiansyah, S. 2022. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan dan Manajemen 22 (1): 118-130.
Karwanto, M. 2020. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Administrasi Pendidikan 18 (1): 39-51.
Riski, E., and Gistituati, P. 2021. "Pengaruh Peran Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5 (3): 3531-3543.
Ayok, P. 2021. "Pendidikan Berkualitas dan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 15 (3): 77-89.
Mihmidaty Ya’cub, R. 2021. "Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Manajemen Pendidikan 9 (2): 60-71.
Muflihah, N. 2019. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan 4 (2): 48-58.
Prasetia, R. 2021. "Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru." Jurnal Ilmiah Pendidikan 9 (4): 165-177.
Yeni Wulandari, E., and Eva Dwi Sartika, F. 2018. "Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Ilmu Pendidikan 13 (2): 126-138.
Barnawi, H., and Arifin, Z. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Jakarta: Kencana.
Fakhruddin, A., Najmiah, S., Arifai, M., Hasmawati, S., and Nurjannah, F. 2020. "Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru." Jurnal Manajemen Pendidikan 12 (1): 101-115.
Aprianis, F. 2018. "Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru." Jurnal Manajemen Pendidikan 6 (2): 155-165.
Muchlisin Riadi, I. 2019. Budaya Kerja dalam Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.