Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Authors

  • Nazha Virani Shopian Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.6790

Keywords:

Strategi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Pendidikan Islam, Systematic Literature Review

Abstract

Peningkatan kompetensi guru merupakan pilar utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mengarahkan, membimbing, dan memfasilitasi proses peningkatan kompetensi guru baik dalam aspek pedagogik, profesional, sosial, maupun kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan meliputi kepemimpinan transformasional, supervisi akademik, pelatihan profesional, pemberian motivasi, dan integrasi nilai-nilai keislaman dalam praktik kepemimpinan. Faktor pendukung keberhasilan strategi antara lain kepemimpinan inspiratif, komunikasi terbuka, dan ketersediaan sarana pelatihan, sementara kendala yang dihadapi mencakup rendahnya motivasi guru, keterbatasan fasilitas, dan supervisi yang tidak berkesinambungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kepemimpinan yang efektif dan berorientasi pada nilai Islami mampu membentuk budaya kerja positif, meningkatkan kualitas guru, serta memberikan dampak pada peningkatan mutu pembelajaran dan karakter peserta didik.

References

Achmad, A., Shaffan, W. C., & Chusnul, C. S. (2023). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. SKILLS: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.47498/skills.v2i1.1516

Afandi, A., & Abrori, S. (2023). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bahasa Arab di MI Daarul Ulum Batu. Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama dan Bahasa, 13(2), 165–177. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol13.iss2.510

Ansar, A., Arismunandar, & Wahira. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 2 Bone. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 187–197. https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p187-197 ejournal UKSW+1

Alfi, N., Anis, N. K., Ratna, S., Rokhmah, P., & Tamrin, F. (2025). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun profesionalisme guru yang berkualitas. SSA, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.37680/ssa.v3i1.6864

Alhabsyi, F., Sagaf, S. P., & Wandi, W. (2022). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Jayasari. Jurnal Global Futuristik, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.59996/globalistik.v1i1.13

Anam, N., & Malikkhah, Z. (2020). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Mu’allim, 2(2), 242–259. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2263

Dewi, S., Rois, M., & Fartika, I. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156–164. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1366

Emas, K. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 375–383. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.527

Halia, S., Linda, R., & Tamyiz. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. ANALYSIS: Journal of Education, 2(2), 328–335.

Haryaka, U. (2024). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Budi Luhur Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.3350

Hasim, A. (2019). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 6 Banyuwangi. [prosiding atau jurnal – perlu dicek], 8(2), 1–23.

Khuliyati. (2022). Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. [jurnal – perlu konfirmasi nama & volume/nomor], 10(2), 80–90.

Maharani, S. I., Chotimah, C., & Sulistyorini. (2023). Strategi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. SKILLS: Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.47498/skills.v2i1.1514

Maolana, I., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kualitas guru di lembaga pendidikan Islam. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 83–94. https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/3493

Maulana, T., Keislaman, F. I., Muhammadiyah, U., Mahasiswa, B., & Program, P. (2020). Strategi kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PAI (Studi penelitian di MA Baabussalaam Kota Bandung). Tahdzibi, 5(2), 145–156. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.145-156

Mayasari, E. K. A., & Muhammad, D. A. N. (2018). Kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 141–164.

Midar, A., Asti. (… ). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru serta kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Aslini Midar Asti, repository IAIN Bengkulu (PDF) repository.iainbengkulu.ac.id

Mulyasa. (2013). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah.

Norniati. (2023). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 1(3), 260–264. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i3.10175

Priyambodo, P. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 34–58.

Rusdiana, E. (2018). Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai educator dalam meningkatkan kompetensi guru. IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 232–236.

Santosa, A. B. S. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004

Setiyadi, B., Dan, M., & Sari, A. Y. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1), 68–76.

Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu. Jurnal Madinasika: Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 2(2), 102–114. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049

Suhaedin, E., Giatman, M., & Maksum, H. (2024). Manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Journal of Education Research, 5(1), 170–179.

Wakidi, & Aristiati, F. (2022). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i1.54

Downloads

Published

2025-10-02

Citation Check