Relevansi Kurikulum Madrasah Diniyah di Era Society 5.0: Studi Kasus Madrasah Diniyah Tarbiyatul Qur’an Ngasem Batealit Jepara

Authors

  • Fitriyatul Humairoh Universitas Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Ahmad Saefudin Universitas Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.6927

Keywords:

Kurikulum Madrasah Diniyah, Society 5.0, Literasi Digital, Pendidikan Islam, Tarbiyatul Qur’an Ngasem

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat di era society 5.0 menuntut dunia pendidikan, termasuk madrasah diniyah, untuk melakukan penyesuaian kurikulum agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman. Society 5.0 menekankan integrasi antara teknologi dan kehidupan sosial, sehingga madrasah perlu menyeimbangkan antara pendidikan keislaman dengan literasi digital dan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis relevansi penerapan kurikulum Madrasah Diniyah dalam menjawab tantangan era society 5.0, khususnya di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Qur’an Ngasem Batealit Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap struktur kurikulum, materi ajar, serta pendekatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Madrasah Diniyah Tarbiyatul Qur’an telah mulai mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan pengembangan karakter, keterampilan berpikir kritis, literasi digital, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan SDM, madrasah ini menunjukkan upaya adaptif dalam menyelaraskan pendidikan agama dengan tuntutan era digital, demi mencetak generasi yang religius, berkarakter, dan kompetitif secara global.

References

Ach. Barocky Zaimina, B. M. (2025). THROUGH AI-BASED INSTRUCTIONAL DESIGN IN ISLAMIC TEACHER EDUCATION : A CRITICAL STUDY IN THE. 6, 1–17.https://doi.org/10.35719/akselerasi.v6i1.821

Albanjari, N. I. (2021). Madrasah berkeadaban di era 5.0. Prosiding Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa, 1, 107–111.https://doi.org/10.4657/pfai.v1i1.21

Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347–367. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.346

As’ad, A., Al-mufti, A. yusron, & Natsir, M. (2021). Pengembangan Model Kurikulum Madrasah Diniyyah Takmiliyah Lp. Ma’Arif Kab. Jepara Di Era 4.0. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 5(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.3056

Asiah, N. (2024). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL ( ANALISIS HISTORIS DAN PERKEMBANGAN INDONESIA ). 7, 14944–14951. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/jrpp/article/view/36122?articlesBySimilarityPage=91

Eryandi, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27

Harayama, Y. (2016). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. 8–14. https://www.hitachihyoron.com/rev/archive/2017/r2017_06/trends/index.html

Hasanah, S. U., Rusdin, R., & Ubadah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur. 1, 1–5. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1067

Hidayat, M. (2025). Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah dengan Kebutuhan Dunia Modern. 2. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.483

Istiqomah, M. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Journal of Islamic Education & Management, 3. https://etheses.iainponorogo.ac.id/24199/1/502210060_MAGFIROTUL%20ISTIQOMAH_MANAJEMEN%20PENDIDIKAN%20ISLAM.pdf

Jenderal, D., Islam, P., Agama, K., & Indonesia, R. (2022). Direktorat jenderal pendidikan islam kementerian agama republik indonesia 2022. https://pendis.kemenag.go.id/

Kurnia, D., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Madrasah Diniyah di Persimpangan Zaman : Analisis Sosial tentang Penyusutan Peminat di Era Kontemporer A . Introduction. 02(02), 93–106. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.93-106

Lundeto, A., Aksan, S. M., & Lundeto, A. M. (2024). Adapting Islamic Education to Society 5.0: Perspectives on Opportunities and Challenges. Jurnal Ilmiah Iqra’, 18(2), 200–218. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/3287%0Ahttps://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/viewFile/3287/1751

Pinatih, N. P. S. (2022). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society5.0. 64–76. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.38

Rusdiana, A. K. (2022). Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer. In Darul Hikam: Bandung (Vol. 3, Issue 1). https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67663

Sarkowi. (2022). Peningkatan Mutu Madrasah Diniyah di Era Digital. 02(01), 72–87. https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.1068

Suci, uswatun H. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur. 1, 1–5. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1067

UNESCO. (2023). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000379707

uswatun Hasanah, Istiazah Ulima Hakim, Z. F. S. Z. (2023). Islamic Education in the Society 5.0 Era: Lesson to Learn. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(1), 21. https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i1.12151

Yamani, G., & Nur, M. D. M. (2022). Kesiapan Madrasah Menghadapi Era Society 5 . 0. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1001

Yusgiantara, A., Islam, U., Raden, N., Said, M., Pandawa, J., Sukoharjo, K., & Tengah, J. (2025). Inovasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran di Era Society 5 . 0. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1633

Zuhdi, M. (n.d.). Modernization of Indonesian Islamic School’curicula. International Journal of Inclusive Education, 10, 419. https://doi.org/10.1080/13603110500430765

Downloads

Published

2025-07-30

Citation Check