Implementasi Implementasi Metode Modelling the Way untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa MI Kelas III

Authors

  • Ana Faidatul Ummah Ana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7127

Keywords:

Modelling the Way, Pembelajaran fikih, Shalat Jama’ dan Qashar, Hasil belaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Modelling the Way dalam pembelajaran mata pelajaran Fikih pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Kota Batu, khususnya pada materi Shalat Jama’ dan Qashar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus penelitian pada guru mata pelajaran Fikih serta siswa kelas III. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan metode Modelling the Way didasari oleh kebutuhan terhadap strategi pembelajaran yang lebih aplikatif dan relevan dengan konteks keseharian siswa. Pelaksanaan metode ini berlangsung melalui tiga tahapan utama: perencanaan, implementasi, dan evaluasi, di mana guru berperan aktif sebagai teladan dalam mempraktikkan tata cara Shalat Jama’ dan Qashar. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan praktis, serta motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan melalui hasil evaluasi peserta didik yang melampaui batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Modelling the Way dapat menjadi strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fikih di tingkat madrasah ibtidaiyah.

References

Azizah, N. (2023). Keteladanan guru dalam pembelajaran fikih di MI: Studi implementasi nilai uswah hasanah (Skripsi tidak diterbitkan). Kediri : PAI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri.

Hidayati, L. N., & Agustina, E. (2020). Pendekatan kualitatif dalam penelitian pendidikan: Teori dan aplikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.26877/jipp.v4i1.5168

Hidayati, R. (2020). Pengembangan RPP aktif dan kontekstual untuk madrasah ibtidaiyah. Malang: UMM Press.

Khofiyah, S. (2023). Modelling the Way: Strategi pembelajaran aktif untuk meningkatkan pemahaman materi optimis, ikhtiar, dan tawakal di kelas IX SMP. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 61–82. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-4

Lestari, A. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis praktik di madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jpai.v8i2.654

Munjaji, I., Zubaidi, & Rahayu, P. S. (2024). Metode Modelling the Way, prestasi belajar, fikih. Indonesian Journal of Instruction, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.81858

Ningsih, F., & Saputra, M. (2021). Penerapan teknik triangulasi dalam penelitian kualitatif untuk meningkatkan validitas data. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 107–117. https://doi.org/10.20414/jppi.v9i2.320

Putri, A. R., & Prasetyo, E. (2022). Metodologi pengumpulan data kualitatif dalam pendidikan: Studi lapangan dan praktiknya. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 34–45. https://doi.org/10.31219/osf.io/m7xzf

Putri, M., & Irsyad, M. (2022). Efektivitas model modelling dalam pembelajaran praktik keagamaan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.1234/jippi.v4i1.211

Rahmawati, R. (2021). Pendidikan karakter dalam perspektif Undang-Undang Sisdiknas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(2), 45–53. https://doi.org/10.21009/jip.272

Rahmawati, S., & Nurhadi, A. (2022). Pembelajaran fikih di madrasah ibtidaiyah: Pendekatan dan implementasi kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 56–70. https://doi.org/10.23456/jpi.v15i1

Rizki, M. A., & Rachmawati, S. (2023). Analisis data dalam penelitian kualitatif: Reduksi hingga verifikasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(2), 89–101. https://doi.org/10.24815/jisp.v7i2.8493

Salim, M. A., & Nurfadilah, R. (2021). Evaluasi hasil belajar berbasis domain taksonomi Bloom di MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 78–89. https://doi.org/10.31004/jpdi.v6i2.789

Satiman. (2021). Strategi Modelling the Way: Upaya meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam melakukan salat wajib di SD Negeri Tancep 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 33–45. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/4112

Siregar, H. T. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(2), 215–226. https://doi.org/10.31258/jitk.v2i2.791

Suryani, N., & Azzahra, S. A. (2023). Implementasi model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 5(1), 14–25. https://doi.org/10.1234/jpaii.v5i1.2023

Ummah, A. F. (2025). Implementasi metode Modelling the Way dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran fikih pada materi Shalat Jama’ dan Qashar kelas III MI Miftahul Ulum Kota Batu (Skripsi tidak diterbitkan). Malang : PAI FITK Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.

Zakariya, Ahmad. (2022). Penerapan metode Modelling The Way dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih ibadah kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 (Skripsi tidak diterbitkan). Ponorogo : PAI FITK Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Downloads

Published

2025-08-08

Citation Check