Peran Guru Agama Peran Guru Agama dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Peserta Didik

-

Authors

  • Manarul Alam Al Farizi alfarizi -, Indonesia

Keywords:

pendidikan agama, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pengembangan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik di MAN 4 Jombang. Pendidikan agama tidak hanya bersifat kognitif, tetapi harus menyentuh ranah afektif dan spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, kepala madrasah, dan siswa kelas XI MIA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru aktif dalam pembinaan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ibadah rutin, dan kecerdasan emosional melalui pendekatan empatik dan komunikasi hangat. Kendala seperti kurangnya motivasi dan pengaruh negatif media sosial diatasi dengan strategi kreatif dan kolaboratif. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru agama dalam membentuk peserta didik yang seimbang secara spiritual dan emosional. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa pembinaan dua aspek kecerdasan tersebut menjadi fondasi penting bagi pembentukan karakter siswa di era modern.

References

Farizi, M. A. (2025). Peran Guru Agama dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Peserta Didik. IQRO: Journal of Islamic Education.

Goleman, D. (2021). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.

Handi, S. (2020). Komunikasi Interpersonal dalam Penguatan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Psikopedagogia Islamika, 6(1), 55-68.

Hidayat, R. (2021). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33-45.

Hidayati, N., & Mustika, S. (2022). Media Pembelajaran Inovatif dalam Penguatan Nilai-Nilai Agama Islam. Jurnal Edukasi Islam, 10(2), 88-97.

Khoirul, I. (2023). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Tarbiyah: Jurnal -Pendidikan Islam, 15(1), 1-12.

Mirnawati. (2021). Keteladanan Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah. Jurnal Al-Muaddib, 9(2), 102-115.

Nasution, A. (2021). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Islami Siswa Madrasah. Edukasi Islamika, 13(3), 66-74.

Pebiola, A., Amirudin, A., & Azman, A. (2025). Efektivitas Lingkungan Religius dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Madrasah, 11(1), 23-35.

Putri, H. O. (2022). Pengaruh Bimbingan Keagamaan terhadap Keseimbangan Emosional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 8(2), 73-81.

Ramadhan, I., & Sari, F. (2021). Pendidikan Nilai melalui Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbawi, 14(1), 45-58.

Rahmah, S. (2018). Pendekatan Afektif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Tarbiyah, 6(2), 123-135.

Zaini, M. (2020). Keteladanan Guru dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 50-60.

Zohar, D., & Marshall, I. (2021). Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury Publishing.

Zuhdi, M. (2020). Pendidikan Agama di Sekolah: Paradigma Holistik dalam Menjawab Tantangan Zaman. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2025-08-08

Citation Check