Pengaruh Discovery Learning Pengaruh Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas X-F MAN Kota Batu

-

Authors

  • Manarul Alam Al Farizi alfarizi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7135

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis, Pembelajaran Aktif, Model Pembelajaran, MAN Kota Batu

Abstract

Abstract

This research aims to explore the impact of applying the Discovery Learning model on student achievement in the subject of Al-Qur'an Hadith for Class X-F at MAN Kota Batu. Discovery Learning is an instructional approach that promotes active student engagement through inquiry-based activities, fostering curiosity and supporting the development of deep, meaningful understanding. It is believed that this model enhances memory retention, facilitates the transfer of knowledge to novel situations, and improves students' reasoning and analytical abilities. Initial classroom observations revealed increased student participation when the Discovery Learning model was implemented. The study adopts a Classroom Action Research methodology to assess the effectiveness of this model in boosting students’ academic performance. The findings are expected to provide empirical evidence of the positive influence of Discovery Learning on the quality of Al-Qur'an Hadith instruction at MAN Kota Batu.

Keywords: Discovery Learning, Academic Achievement, Al-Qur'an Hadith, Active Learning, Instructional Model, Class X-F, MAN Kota Batu, Classroom Action Research.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas X-F MAN Kota Batu. Discovery Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses inkuiri, menumbuhkan rasa ingin tahu, serta mendukung terbentuknya pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna. Model ini diyakini mampu memperkuat daya ingat, mempermudah transfer konsep ke dalam konteks baru, serta meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa penggunaan model ini membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas Discovery Learning dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Temuan dari studi ini diharapkan dapat menjadi bukti empiris mengenai kontribusi positif model tersebut terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN Kota Batu.

Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis, Pembelajaran Aktif, Model Pembelajaran, Kelas X-F, MAN Kota Batu, Penelitian Tindakan Kelas.

References

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Dimyati, & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2011). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Islam Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsito, B. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, A. (2014). Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-08-08

Citation Check