Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dan Penerapannya Pada Materi Ilmu Tajwid

Authors

  • marwah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia
  • Khayrul Iswandi Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7252

Keywords:

Aplikasi Android, ilmu tajwid, media , pembelajaran interaktif

Abstract

Artikel ini mengkaji pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis Android dalam pembelajaran ilmu tajwid, dengan fokus pada upaya menjadikan pembelajaran lebih menarik, mudah diakses, dan efektif bagi peserta didik. Media pembelajaran interaktif hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, terutama ketika dikombinasikan dengan teknologi digital seperti aplikasi Android. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konsep media interaktif dalam pembelajaran, serta mengetahui aplikasi-aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan dalam pembelajaran ilmu tajwid secara lebih menarik, fleksibel, dan mandiri. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai sumber akademik yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif berbasis Android dapat menjadi terobosan dalam pembelajaran ilmu Tajwid melalui pendekatan yang visual, fleksibel, dan menarik. Oleh karena itu, penggunaan media ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran tajwid yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

References

Aktafi, B., Wibowo, S. A., & Wahid, A. (2020). Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Alquran Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(1), 42–48.

Alhafizh, A. D., & Nugroho, K. (2023). Analysis of The Learn Quran Tajwid Application in Tahsin Quran Learning. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 1381–1387.

Aziz, A., & Parmono, P. (2025). Penggunaan Aplikasi Tarteel dalam Meningkatkan Minat Belajar Tahfidz Siswa Kelas X SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang Tahun Pelajaran 2023/2024. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 53–66.

Mu’minatin, N., & Zarkasi, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(1), 66–79.

Mufti, Z. A., & Zuzano, F. (2024). Transformasi Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam Pendidikan Agama Islam untuk Menghadapi Revolusi Industri 5.0. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(5), 1584–1600.

Nofa, W. K., Hapsari, D. A. P., & Putri, D. S. (2023). Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah berbasis android. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(1), 11–19.

Rahmah, S., & Hadi, M. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 89–96.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar untuk Guru dan Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2012). Trends and issues in instructional design and technology. Pearson Boston.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126.

Slavin, R. E. (2012). Educational psychology: Theory and practice.

Subtianah, S. (2023). Transformasi Pembelajaran Melalui Integrasi Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminalu, 1(1), 390–399.

Sutabri, T. (2017). Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi.

Wahyuddin, Ernawati, A. A. W., & Hamdana Hadaming, M. (2024). TEORI BELAJAR DAN APLIKASINYA: Panduan Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif (Mohammad Rinov Cuhanazriansyah (ed.)). IKIP BJN Press. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/42530-Full_Text.pdf

Wahyudi, A., Linda, L., & Jono, A. A. (2023). Strategi Pembelajaran dengan Memadukan Teknologi dan Media. GHAITSA: Islamic Education Journal, 4(3).

Yamin, M., & Kartika, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Hukum Mad Thabi’i, Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfashil. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 1952–1961.

Downloads

Published

2025-08-09

Citation Check