Analisis dan Implementasi Kebijakan Pembinaan Karakter Islami di Sekolah Islam Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7328Keywords:
Karakter Islami, Kebijakan Pendidikan, Sekolah Islam Terpadu, Pembinaan Karakter, Implementasi KebijakanAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi kebijakan pembinaan karakter Islami di Sekolah Islam Terpadu yang menjadi alternatif pendidikan bagi masyarakat muslim di tengah tantangan degradasi moral akibat globalisasi. Tujuan penelitian adalah menganalisis proses perumusan kebijakan, mendeskripsikan implementasi kebijakan, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta menganalisis dampak implementasi kebijakan pembinaan karakter Islami. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research, menganalisis dokumen kebijakan Sekolah Islam Terpadu, buku pedoman, dan hasil penelitian terdahulu melalui teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan dirumuskan melalui tahapan analisis kebutuhan, penyusunan standar karakter berdasarkan konsep muwashafat, perumusan program, dan penetapan kebijakan. Implementasi dilakukan melalui integrasi nilai Islam dalam pembelajaran, pembiasaan ibadah, program mentoring, pelibatan orangtua, dan pengembangan budaya sekolah Islami. Faktor pendukung meliputi komitmen pimpinan, kualifikasi guru, dukungan orangtua, dan standar dari JSIT, sementara faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, pengaruh media, inkonsistensi pembinaan di rumah, dan keterbatasan instrumen evaluasi. Implementasi kebijakan berdampak pada peningkatan kesadaran beribadah, perbaikan akhlak, peningkatan prestasi akademik, dan penguatan identitas keislaman. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada pendekatan library research yang kurang menggambarkan dinamika implementasi kebijakan di lapangan secara langsung dan belum mengukur efektivitas secara kuantitatif. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan mixed methods dengan observasi lapangan dan studi longitudinal untuk menganalisis dampak jangka panjang serta mengembangkan instrumen evaluasi karakter Islami yang terstandar.
References
Abidin, Z., Tobibatussaadah, T., Walfajri, W., & Nawa, A. T. (2022). Kontribusi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 6(2), 118–131.
Afifah, N. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Pada Usia Remaja Di Era Digital. Sanaamul Quran: Jurnal Wawasan Keislaman, 5(1).
Aminah, S. (2025). Manajemen Kurikulum Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di Kota Bandar Lampung. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 505–511.
Arbi, Z. F., & Amrullah, A. (2024). Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191–206.
Arliman, L., Arif, E., & SARMIATI, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143–149.
BK, M. K. U., & Hamna, H. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar Di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 135–148.
Dewi, N. N. A. I., Nursini, N. W., & Lestari, P. I. (2024). Peningkatan Pengetahuan Pola Asuh Orang Tua Untuk Mencegah Stunting Pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Di Sanur Bali. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(2), 807–813.
El Widdah, M. (2024). Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam:(Sebuah Interpretasi). QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(1), 84–101.
Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). Menakar Integrasi Islam Dan Ilmu Pengetahuan Pada Sekolah Islam Terpadu. Talkim, 19(2), 113–124.
Fauziah, R. F., & Masyithoh, S. (2023). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 37–49.
Fauziyyah, F., & Lestariningrum, A. (2024). Implementasi Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran di TKIT RAUDHATUL JANNAH Cilegon Banten. Efektor, 11(2), 126–134.
Firman, F. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9035–9044.
Handayani, E. P., Afnibar, A., & Ulfatmi, U. (2024). Modeling dalam Teori Belajar Sosial dan Keteladan Rasulullah SAW. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7951–7960.
Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi pembelajaran matematika berbasis kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (jsit) dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606.
Irawan, H. (2024). Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif dan Evaluasi dalam Konteks Pendidikan Umum. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 42–54.
Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 127–134.
Ixfina, F. D. (2025). Relevansi Pendidikan IPS Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Karakter Menghadapi Tantangan Modernitas dan Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 99–107.
Jamil, S. (2023). Analisis Relevansi Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 111–120.
Jannah, M., Mutia, I., & Hikmah, L. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter Pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 1545–1559.
Kosim, N., Yaste, E. G., Hayati, R., & Zein, R. (2024). Analisis Kurikulum SDIT Adzkia 2 Padang Berdasarkan Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu (SIT). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 958–967.
Maemunah, M., Saddam, S., Sulystyaningsih, N. D., Suryantara, I. M. P., Rahmandari, I. A., & Mariaseh, N. W. (2024). Habituasi Nilai-nilai Etno-Digital Ethic untuk Penguatan Etika Komunikasi Digital dan Social Trust Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.
Masruroh, S., Priatna, T., Nursobah, A., & Suherdiana, D. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Melalui Kurikulum Outcome Based Education. Dinamika Pengalaman Keagamaan Umat Islam Melayu Di Asia Tenggara, 129.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Nafi’a, I., & Gumiandari, S. (2024). Analisis pendidikan karakter untuk mereduksi degradasi moral dengan pendekatan SFBC. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(1), 12–37.
Nawawi, M. L., Maulidin, S., & Nurkholik, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Pedulu Lingkungan Melalui Organisasi Rohani Islam: Studi di SML AL Ihsan Sukanegara. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 51–61.
Nurlita, W. (2024). Analisis faktor penyebab degradasi moral pada anak dengan pola pengasuhan orangtua tunggal. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 16–30.
Parhan, M., Elvina, S. P., Rachmawati, D. S., & Rachmadiani, A. (2022). Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–192.
Permata, I. D., Ibrahim, D., & Hawi, A. (2021). Karakteristik Budaya Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia. As-Shuffah Journal of Islamic Studies, 67–95.
Prayudi, E. (2024). Studi Literatur: pendekatan Strategis dalam Pengembangan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sultra Elementary School, 5(2), 209–222.
Purwanto, E., & Rindaningsih, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Komitmen Dan Kinerja Guru. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 248–256.
Putri, N., Yanto, M., Istan, M., & Destriani, D. (2024). Revolusi Teknologi dalam Pendidikan Islam di Zaman Globalisasi. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 214–231.
Rahmadani, M. (2022). Karakteristik struktur dan kebahasaan teks deskripsi siswa di sekolah menengah pertama islam terpadu. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 182–186.
Rahmawati, A. (2022). Kurikulum Sekolah Islam Terpadu; Buku Penerbit LovRinz. LovRinz Publishing.
Ridwan, I., & Sumirat, I. R. (2021). Kebijakan desentralisasi pendidikan di era otonomi daerah. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 7(1).
Rustandi, F., & Ismawati, N. (2023). Peluang dan Tantangan Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu: Perspektif Total Quality Management. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2219–2227.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8.
Salsabila, E., Al-Ghifari, M. S., Nugraha, N. A. A., Salis, S., Syahidin, S., & Parhan, M. (2024). Menghadapi Degradasi Moral Generasi Muda Melalui Penerapan Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 284–295.
Sanjaya, L. A. V., Al Ikhsan, A., & Bahri, A. (2023). Perencanaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Qalam Kendari dengan Pendekatan Arsitektur Islam. Garis: Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 8(3), 69–78.
Sapruni, S., Amin, A., Zubaedi, Z., Ismail, I., & Aprianti, N. (2024). Sistem Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Upaya Menbangun Pendidikan Nasional Yang Berkarakter Multikultural. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 110–120.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.
Sofiani, I. K., Fadli, M. K., & Saputra, I. W. (2024). Pembentukan kepribadian Islami dalam pendidikan agama Islam. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 299–306.
Subroto, D. E., & Kristanti, D. (2022). Efektivitas impelementasi pendidikan karakter pada sekolah boarding. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1113–1129.
Sukhoiri, S. (2022). Sekolah Islam Terpadu: Reformasi Baru Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5).
Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17.
Syamsuddin, R. (2023). Tranformasi Karakter Murid Melalui pendekatan Pendidikan Islam Tarbiyah, Taklim dan Ta’dib di Sekolah Islam Terpadu Makassar. ICELAM, 3(2–13).
Tiham, M. A., Iman, F., Ilzamuddin, M., & Humaeni, A. (2021). Epistemologi Keilmuan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum merdeka dalam perspektif kajian teori: Analisis kebijakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988.
Umkabu, T. (2023). Strategi Pembelajaran Experential Learning terhadap Peningkatan Akademik Siswa di SD Muhammadiyah Abepura. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 459–468.
Waruwu, F. (2024). Peran pendidikan karakter dalam membentuk sikap positif terhadap belajar anak di sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11002–11008.
Zahra, A. S., Widad, S., Salsabila, I. A., & Bakar, M. Y. A. (2024). Integrasi Tarbiyah, Talim Dan Ta’dib: Pilar Utama Pendidikan Islam. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(6), 33–48.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Supardi, Anis Fauzi, Ahmad Jubaedi, Agus Novi Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.