Entrepreneurship dalam Perspektif Islam: Konsep, Nilai, dan Implementasi Pendidikan

Authors

  • Agussalim Agussalim Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
  • Wardana Wardana Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
  • Aminullah Aminullah Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.7555

Keywords:

Islamic education, Entrepreneurship, Islamic values, Curriculum integration

Abstract

Pendidikan Islam tidak hanya bertujuan membentuk insan yang beriman dan berakhlak mulia, tetapi juga relevan dalam membangun jiwa kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Islam dalam perspektif kewirausahaan, mengidentifikasi nilai-nilai Islam yang mendukung pengembangan entrepreneurship, serta menjelaskan implementasinya dalam membentuk karakter wirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh dari literatur ilmiah, Al-Qur’an, hadis, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam mengandung prinsip-prinsip kewirausahaan seperti kejujuran, kerja keras, tanggung jawab, dan kreativitas. Nilai-nilai tersebut tercermin dalam ajaran Islam dan dapat diintegrasikan dalam pendidikan formal maupun nonformal. Implementasi pendidikan Islam dalam membentuk karakter wirausaha dilakukan melalui strategi integrasi kurikulum, keteladanan, serta pembinaan praktik kewirausahaan berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam memiliki potensi besar dalam membentuk wirausahawan yang tidak hanya kompeten secara ekonomi, tetapi juga beretika dan bertanggung jawab secara moral dan spiritual.

References

Al-Qaradawi, Y. (2001). Peran Nilai dan Etika Islam dalam Ekonomi. Jakarta: Gema Insani.

Al-Syaibani, O. M. (1991). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Antonio, M. S. (2010). Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager. Jakarta: ProLM Center.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Beekun, R. I. (2006). Islamic Business Ethics. Herndon, VA: International Institute of Islamic Thought.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Khoirudin, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Kewirausahaan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 145–156. https://doi.org/10.21580/jpai.2018.6.2.2567

Lubis, H. (2015). Integrasi Pendidikan Islam dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 20(1), 34–47.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, A., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Nilai Islam di Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 11(1), 11–23. https://doi.org/10.24042/ti.v11i1.7743

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Syamsuddin, M. (2019). Integrasi Kurikulum Pendidikan Islam dan Kewirausahaan. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 23–38. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i1.1973

Zamroni, A. (2014). Nilai-Nilai Islam dalam Etika Bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 91–102.

Suwarno. (2010). Sejarah Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibn Khaldun. (2000). Muqaddimah Ibn Khaldun (Terj.). Jakarta: Pustaka Firdaus.

Syakir, A. (2020). Penguatan Karakter Wirausaha Santri Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pondok Pesantren. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 77–92.

Hasan, L. (2016). Entrepreneurship dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 10–21.

Fauzan, M. (2019). Pendidikan Islam dan Kewirausahaan: Relevansi Pendidikan Pesantren di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 110–120.

Wahid, A. (2017). Pendidikan Karakter dan Etos Kerja Islami dalam Pembelajaran. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–13.

Muttaqin, M. (2018). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur. Jurnal Al-Tadzkiyyah, 9(1), 51–62.

Yusuf, S. (2021). Pendidikan Islam dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Sosial Keagamaan, 10(2), 45–56.

Hasanah, U. (2020). Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 39–50.

Qardhawi, Y. (2000). Halal dan Haram dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Ma’arif, M. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 22–33.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hidayat, M. (2017). Peran Guru sebagai Teladan dalam Membentuk Karakter Wirausaha. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 66–78.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 11–20.

Hasan, Z. (2009). Corporate Governance: Western and Islamic Perspectives. International Review of Business Research Papers, 5(1), 277–293.

Nasution, H. (2010). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2025-12-05

Citation Check