Upaya Musyrif Halaqoh Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di PPIQ-368
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7651Keywords:
Musyrif Halaqoh, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an, PPIQ 368, TahfizhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh musyrif halaqoh dalam meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) 368. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri atas 3 musyrif halaqoh, 8 santri penghafal Al-Qur’an, dan 1 kepala program tahfizh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif selama 4 minggu, dan dokumentasi kegiatan halaqoh tahfizh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musyrif halaqoh memainkan peran penting dalam memotivasi santri, baik secara langsung melalui pendekatan spiritual dan emosional, maupun tidak langsung melalui keteladanan dan kedisiplinan. Strategi yang digunakan meliputi: 1) penyemangat harian berdasarkan ayat dan hadits, 2) pelatihan mingguan pribadi, 3) pemberian reward dan punishment, dan 4) penguatan nilai ikhlas dalam menghafal. Hasilnya menunjukkan bahwa 75% santri mengalami peningkatan motivasi internal yang ditandai dengan bertambahnya hafalan dan meningkatnya partisipasi aktif dalam halaqoh. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi musyrif untuk mengasah keterampilan pelatihan dan motivasi santri.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; Cetakan I). Syakir Media Press.
Abd. Wahid. (2020). Entrepreneurship Al Qur’an (Peran Mata kuliah Entrepreneurship Al Qur’an dalam penumbuhan sikap kewirausahaan mahasiswa prodi Tafsir Ushuludin Uin Ar Raniry guna menggalakkan program gerakan kewirausahaan Nasional). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH.
Addaraini, A. N., & Inayati, N. L. (2023). PENERAPAN METODE HALAQAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS X MA AL-MUKMIN SURAKARTA. JURNAL TARBIYAH, 30(2), 272. https://doi.org/10.30829/tar.v30i2.3220
Akbar, Muh. (2024). EFEKTIVITAS METODE HALAQAH DALAM MENGHAFAL Al-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH BALASSUKA TOMBOLO PAO KAB.GOWA. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dina Rizki Ambarwati. (2022). Strategi Pembimbing Tahfidz Dalam Penguatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Pondok Pesantren Daarul Aamam Bogor Jawa Barat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fauziah, A., Dimyati Badruzzaman, A., & Syarif, F. (2024). STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MURAJA’AH HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Kasus kelas XII SMA Qur’an Al-Ihsan Boarding School Jakarta Selatan). In Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 1). https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPICIPULUS/index
Habibah, M., & Amirudin, N. (2023). PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PESANTREN. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi.
Humaedi, & Uyuni, Y. R. (2025). Peran Musyrif dalam Membangun Lingkungan Berbahasa di Pondok Pesantren Riyadhussholihiin Kabupaten Pandeglang. Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(2).
Khumairoh An Nahdliyah. (2022). Penerapan Metode Murojaáh Dan Simaí Dalam Peningkatkan Hafalan Al Qurán Siswa Di MA Al Washoya Kertorejo Ngoro Jombang. URWATUL WUTSQO : Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, Vol.1 No.2.
Mardiyah, R., Ramayani, N., & Wiguna, S. (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol. 1 No.4.
Meirani Agustina, Ngadri Yusro, & Syaiful Bahri. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktita : Jurnal Kependidikan, 14.
Muammar Riza. (2023). Peran Pembimbing Tahfidz Quran Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Siswa Di SMPTQ Baitul Maal Pondok Aren Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nashrulloh, M., Mukhlis, & R, A. E. (2023). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas X Putra Pondok Pesantren Ulul Albab Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 5. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Prabowo. (2024). Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Berbasis Kitab Kuning. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 150–159. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i4.1954
Putra, R. P., Fatimah, M., & Rumaf, A. F. H. (2023a). Peran Musyrif Tahfizh dalam Penguatan Hafalan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 51–64. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i2.844
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fajri Almusthafa, Muhammad Waashil Arrohim, Ayi Najmul Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.