Implementasi Value Clarification Technique Pembelajaran Agama Islam di Aliyah PPIQ-368: Tinjauan Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Authors

  • Muhammad Fajri Almusthafa Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Muhammad Waashil Arrohim Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ifah Khodijah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Wiwik Dyah Aryani Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7652

Keywords:

Value Clarification Technique, Pendidikan Agama Islam, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Value Clarification Technique(VCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah PPIQ 368, dengan meninjau aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian yang terdiri dari dua guru PAI, kepala madrasah, dan delapan siswa kelas XI. Data diperoleh melalui observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara mendalam, dan dokumentasi perangkat pembelajaran serta hasil evaluasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan dalam tahap perencanaan, guru telah menyusun perangkat pembelajaran dengan integrasi model VCT, termasuk silabus RPP yang memuat tahapan eksplorasi nilai, klarifikasi, dan internalisasi. Tahap pelaksanaan menunjukkan model VCT mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi nilai-nilai keislaman melalui studi kasus dan refleksi individu. tahap evaluasi, guru menggunakan penilaian kognitif dan afektif secara bersamaan, dengan metode tes lisan dan pengamatan perilaku yang menunjukkan perkembangan nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi. Penerapan model VCT di ALIYAH PPIQ 368 terbukti meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, menumbuhkan sikap kritis terhadap nilai, dan memperkuat pembentukan karakter Islami. Meskipun demikian, tantangan masih muncul dalam konsistensi pelaksanaan dan keterbatasan waktu tatap muka. Integrasi model VCT perlu terus dikembangkan dengan dukungan pelatihan guru dan penguatan kolaborasi sekolah dengan orang tua.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; Cetakan I). Syakir Media Press.

Astuti, A. (2025). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Library Research. 621–635. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v4i1.5007

Desta Komala Asri. (2024). MPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Habibah, M., & Amirudin, N. (2023). PENGARUH MENGHAFAL AL- QUR ’ AN TERHADAP PEMBENTUKAN. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2).

Haris, F., & Gunansyah, G. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN NILAI MENGHARGAI JASA PAHLAWAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR.

Lies Ning Ujiyanti, & Muh. Hanif. (2025). Evaluasi Aspek Afektif, Kognitif, Psikomotorik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: di SMP Negeri 3 Kedungbanteng. IQRO: Journal of Islamic Education.

Martin Kustati, Nurul Hidayah Siregar, & Rezki Amelia. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 112–127. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.399

Meirani Agustina, Ngadri Yusro, & Syaiful Bahri. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktita : Jurnal Kependidikan, 14.

Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324. buat kan saya cara mengutip model apa

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.

Downloads

Published

2025-08-10

Citation Check