Optimalisasi peran Pengasuh dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Anak Yatim di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah

Authors

  • Dinda Valiza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ihsan Satrya Azhar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7671

Keywords:

Pengasuh, Kesadaran Beribadah, Anak Yatim, Panti Asuhan, Optimalisasi

Abstract

Penanaman kesadaran beribadah anak yatim di panti asuhan menghadapi tantangan kompleks, pengasuh belum sepenuhnya optimal dalam menanamkan kesadaran beribadah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan memahami secara mendalam peran pengasuh di panti asuhan puteri aisyiyah dioptimalkan dalam menanamkan kesadaran beribadah pada anak yatim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh di panti asuhan puteri aisyiyah telah menyadari peran penting mereka sebagai pengganti orang tua dalam membentuk karakter keagamaan anak. Peran pengasuh di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah telah dioptimalkan melalui keteladanan, pembiasaan, pendekatan emosional, dan evaluasi informal untuk menanamkan kesadaran beribadah pada anak yatim. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan variasi karakteristik anak, upaya optimalisasi ini penting untuk memastikan anak yatim tidak hanya beribadah karena kewajiban, tetapi juga dengan kesadaran dan keikhlasan sebagai bagian dari kepribadian mereka.

References

Abadi, abu ath-thayib muhammad syamsul haq al azhim. (2008). AUNUL MABUD Syarah SunanAbu Daud. Pustaka Azzam.

Agustia, nanda rahayu, Batubara, fitri amaliyah, & Nofianti, R. (2023). meningkatkan kesadaran beribadah sholat pada anak melalui bimbingan orang tua. pt. sonpedia publishing indonesia.

Aswanto, F., Yusri, F., & Yunita, sri darma. (2024). Peran Pengasuh dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Panti Asuhan Yayasan Gerakan Bunda Berbagi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 2(2), 67–76.

Bandura, A. (2019). Social Learning Theory: Applications in Modern Education.

Dalmeri. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.

Dewi, R. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengamalan Ibadah Sholat Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 2(3), 38–42. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i3.597

Elisya, D. W. P., & Jatiningsih, O. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN JIWA KEPEMIMPINAN ANAK DI PANTI ASUHAN MUSLIMAT NU DARUL MUHSININ PONOROGO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 237–255.

Goa, L. (2020). Peran Pengasuh Dalam Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Wisma Dewandaru Kota Malang. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 5(1), 70–87. https://doi.org/10.53544/sapa.v5i1.124

Hastjarjo, D. (2021). Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness),Buletin Psikologi 13. pustaka pelajar.

Hastuti, D. (2022). pengasuhan: Teori, Prinsip, Dan Aplikasinya Di Indonesia. IPB press.

Heriyati, P., & Kurniatun, T. C. (2022). Pemberdayaan Ruang Publik Terpadu Rumah Anak Sebagai Pengembangan Potensi Usaha Kecil Warga. qiara media.

Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah dan praktiknya dalam masyarakat. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151.

KBBI. (2024). KBBI VI Daring. badan pengembangan dan pembinaan bahasa.

Kohlberg, L. (1969). Stage and sequence: The Cognitive-Developmental Approach to Socialization. In D.A. Goslin. Handbook of Socialization Theory and Research. Rand McNally.

Majah, abu abdullah muhammad bin yazid ibnu. (1992). sunan ibnu majah (tarjamah sunan ibnu majah). CV. Asy syifa’.

Majieb, M. A. (2022). Kamus Istilah Fiqih. PT. Pustaka Firdaus.

Maryani. (2021). Esensi Ibadah dan Pengamalannya Perspektif Hukum Islam. Jurnal Literasiologi, 7(1), 1–15.

Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(7), 7172–7177.

Noviani, R. C. (2020). Perilaku Kelekatan Aman Balita Pada Pengasuh di TPA. Perdana Publishing.

Octaviana, D. R., Fadlilah, K., & Ramadhani, R. A. (2023). Peningkatan Kesadaran Beribadah Peserta Didik melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 2, 675–687.

Praekanata, W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., & Ratnaya, I. G. (2023). KAJIAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK-ANAK YATIM PIATU. Jurnal Pelita Paud, 8(1), 257–263.

Raihani, U., Syam, H., & Afrita, S. (2024). Peran Panti Asuhan dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh (Studi Kasus Panti Asuhan ’Aisyiyah Putri di Kelurahan Tiakar Hilir, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh). Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 17–26.

Rattu, P. N., Pioh, N. R., & Sampe, S. (2022). Optimalisasi Kinerja Bidang Sosial Budaya Dan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa). JURNAL GOVERNANCE, 2(1), 1–9.

Ritonga, anas habibi. (2020). gerakan dakwah muhammadiyah dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. agree media publishing.

Shiddiqy, H. A. (2022). Kuliah Ibadah. PT. Pustaka Rizki Putra.

Shihab, m. quraish. (2002). tafsir al-misbah. lentera hati.

Sholikatin, hafsah kurnia binti, Natasya, A., & Munawir. (2024). Optimalisasi Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Islam di Indonesia. JURNAL BASICEDU, 8(2), 1411–1419.

Solehuddin, D., & Suminar, D. R. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF REMAJA YATIM PIATU. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 7, 21–28.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

SUMIYATI, SHOFIYATI, & Marlina, H. (2023). Penanaman Nilai Agama dan Moral ( Ibadah Sholat ) Dalam Pendidikan Keluarga pada Anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 17–28. DOI: 10.24235/awlady.v9i1.10186

Walgito, B. (2021). Psikologi Sosial. andi offset.

Zulfa, N. A., Sutrisno, & Sari, N. (2024). Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini : Tinjauan Peran Pendidik. Nak-Kanak: Journal of Child Research, 1(November), 153–163. DOI: https://doi.org/10.21107/njcr.v1i4.82

Downloads

Published

2025-08-08

Citation Check