Efektivitas Metode Amsilati Terhadap Keterampilan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darun Najah Umbulsari Jember

Authors

  • Mochammad Jefri Salu Habibillah Universitas Al-Falah As-Sunniyyah, Indonesia
  • M. Bustanul Ulum Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7681

Keywords:

Efektivitas, Metode Amsilati, Kitab Kuning, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Amtsilati dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darun Najah Umbulsari Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan concurrent embedded, di mana pendekatan kualitatif menjadi yang utama dan kuantitatif sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Amtsilati, yang dirancang untuk mempermudah pemahaman gramatika Bahasa Arab seperti nahwu dan sharaf, terbukti efektif dalam pembelajaran kitab kuning. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata post-test santri sebesar 82,40 dan skor N-Gain sebesar 0,95 yang termasuk dalam kategori tinggi. Metode ini diterapkan melalui model pembelajaran klasikal yang fleksibel dan terstruktur, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. Dengan demikian, metode Amtsilati mampu menjawab tantangan pembelajaran kitab kuning yang selama ini dianggap sulit oleh para santri dan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di pesantren.

References

Addawami, A. A., Saifullah, I., Nasrullah, Y. M., & Usman, A. T. (2024). Penerapan Metode Amtsilati Pada Pembelajaran Nahwu Shorof Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(Agustus-September), 5896–5914. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/959

Ahmad, F., & Dasuki, M. (2025). IMPLEMENTASI KITAB JURUMIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU PONDOK PESANTREN DARUT THOLIBIN AL-QODIRI 02 JEMBER. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 9(1), 433–444. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v9i1.4509

Al Ghozali, M. D. H., & Diva, M. D. L. (2023). Pengaruh Metode Amtsilati Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 3(01), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.62730/qismularab.v3i01.61

Alfinur, M. F. (2024). Kitab Kuning dan Tradisinya di Indonesia. SIWAYANG JOURNAL: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 3(1), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/siwayang.v3i1.2277

Arikunto, S. (1984). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Asyrofiyah, I., Ibrahim, R., & Choiriyah, S. (2024). Effectiveness of Applying the Sorogan and Bandongan Methods in Learning the Yellow Book in PP. Darul Qur’an, Mojokerto City. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(3), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1296

Bella, S., Helmi, A. M., Muhyidin, M., & Syafiudin, S. (2025). Innovating Arabic Learning Media Through Gender-Responsive Educational Videos. IJIE International Journal of Islamic Education, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/ijie.v4i1.2251

Depdikbud. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, R. (2024). Impelementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 109–122. Retrieved from https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/edu/article/view/4334

Fadilah, E. (2022). Pengaruh Metode Amtsilati Terhadap Keterampilan Membaca Kitab Kuning. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 104–121. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1427

Fitriyah, F., Faizin, M., & Syafi’i, I. (2025). Implementasi Kajian Kitab Kuning Metode Amtsilati dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Abad 21 di Pesantren. ISLAMIKA, 7(1), 215–232. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v7i1.5563

Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358

Hakim, T. (2004). Program Pemula Membaca Kitab Kuning, Khulashoh alfiyah Ibn Malik. jepara: PP Darul Falah.

Ikhlas, A., Sayuti, U., & Fery, A. (2023). Pesantren: Kitab Kuning, Kiyai dan Tarekat dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial Keagamaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 27195–27210. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16919

Jamzuli. (2025). Hasil Wawancara. Jember.

Ma’ruf, M., Nasokah, N., & Firdaus, F. (2024). PENERAPAN METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONPES AL-ANWAR JAWAR MOJOTENGAH WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 86–90. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.7209

Mukit, A. (2025). PENERAPAN METODE AMSILATY DALAM MENINGKATKAN MUTU BACA KITAB KLASIK DI PESANTREN AS SAI’DIYAH 2 TAMBAKBERAS JOMBANG. TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 9(01), 145–156. https://doi.org/https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i01.234

Mumpuni, M., Agung, A. A. G., & Werang, B. R. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Religiusitas, Kecerdasan Spiritual, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Swasta Katolik Santo Yoseph Denpasar. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2623–2640. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1351

Musleh, Khafifah Kamiliya, N., & Wardi, M. (2022). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Al Fikrah : Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–16.

Musleh, Khafifah Kamiliya, N., & Wardi, M. (2022). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Al Fikrah : Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–16.

Nuraeni, F., Hidayatullah, A., Inayatulloh, S., & Hidayat, A. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE AMTSILATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN CIDADAP-CURUG. 4(2), 108–121. https://doi.org/https://doi.org/10.61624/japi.v4i2.160

Nuzli, M., Ismiah, P., & Wahyuni, S. (2022). Upaya pemanfaatan fasilitas teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpti.idpaper

Riva’i, F. A., & Wafiroh, F. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Terpadu Al-Ittihadiyah Bogor. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 6(1), 85–95. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.487

Sambonu, A. Y., Samadi, & Hardi, O. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(4), 5033–5044. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1247

Taufiqul, H. (2003). Amtsilati program pemula membaca kitab kuning, jepara : Al-Falah Offset.

Veronica, A., Abas, M., & Hidayah, N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from https://repository.umi.ac.id/1989/2/Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf

Wiyono, S. (2025). Hasil wawancara. Jember.

Yahya, A. I. B., Purnama, S., & Supeno, S. (2024). Eksplorasi Prinsip Andragogi dalam Pendidikan Orang Dewasa: Sebuah Studi Kualitatif pada Pendidikan Formal dan Non-Formal di STIP Jakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 136–152. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.505

Downloads

Published

2025-08-13

Citation Check