Strategi Penguatan Literasi Membaca Konten Aqidah Akhlak Melalui Media Kartu di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7896Keywords:
Literasi membaca, Aqidah Akhlaq, media kartu, pendidikan dasar, pembelajaran interaktifAbstract
Rendahnya minat baca siswa terhadap konten Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak menjadi tantangan signifikan di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi penguatan literasi membaca konten Aqidah Akhlak melalui media kartu dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah II Tana Toraja. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research digunakan dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak, guru kelas, dan siswa kelas IV yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi untuk validitas data. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran meliputi penggunaan kartu bergambar, pembelajaran kelompok kecil, dan permainan edukatif berbasis kartu. Dampak positif meliputi peningkatan partisipasi siswa, pemahaman konsep, perubahan sikap positif terhadap pembelajaran, dan perkembangan kebiasaan membaca. Media kartu terbukti efektif mengubah materi abstrak menjadi konkret dan menciptakan lingkungan belajar interaktif. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan komparatif dan studi longitudinal untuk mengukur dampak jangka panjang pada skala lebih luas.
References
Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Faktor determinan peningkatan minat baca siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 234-247. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/1245
Atmowardoyo, H., Akhiruddin, S., & Nurhikmah, H. (2020). Buku belajar dan pembelajaran. Universitas Negeri Makassar.
Budiawati, N., Disman, & Rahayu, A. (2018). Literasi ekonomi. CV Buku Langka Indonesia.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran aktif (active learning) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55-64. https://doi.org/10.32923/tarqiyatuna.v3i1.2024
Erlangga, S. Y., Rahmawati, D., & Pratiwi, A. (2024). Psikologi pendidikan. Penerbit EDUPEDIA, 1-136.
Fitriani, A., & Yuniarti, E. (2023). Implementation of interactive learning media to improve student motivation in Islamic religious education. International Journal of Islamic Education Research, 4(2), 78-89. https://doi.org/10.15642/ijier.2023.4.2.78-89
Hakim, A., Nasir, M., & Yusuf, H. (2024). Analisis faktor motivasi belajar pendidikan agama Islam di madrasah ibtidaiyah. Palopo Journal of Islamic Education, 2(1), 45-62. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/pjie/article/view/567
Hasanah, D. F. (2024). Kesetaraan wawasan dunia melalui literasi: Evaluasi ketercapaian gerakan literasi nasional melalui data PISA dan statistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 98-110. https://doi.org/10.26858/jpbsi.v2i2.2024
Hidayat, R., Sari, D. P., & Wijaya, A. (2024). The effectiveness of visual media in enhancing reading comprehension among elementary students. Journal of Elementary Education Research, 8(1), 23-35. https://doi.org/10.21831/jeer.v8i1.45231
Hoerudin, C. W. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media flash card pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(1), 1-15. https://doi.org/10.33367/ilpen.v3i1.2024
Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1753880&val=18675.
Kadir, S., Firman, A., & Zulkifli, M. (2022). Pengaruh media visual terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 9(2 ), 123-138. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/istiqra/article/view/890
Jovanda, N. A., Sari, R. P., & Wahyuni, S. (2025). Studi literatur: Pengaruh pengaplikasian media pembelajaran kartu kata terhadap kemampuan membaca anak di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(3), 5767-5777. Kurniawan, B., & Pratama, Y. A. (2023). Collaborative learning strategies in Islamic elementary education: A systematic review. Islamic Education Journal, 11(2), 112-128. https://doi.org/10.15575/iej.v11i2.18234
Mahbubi, M. (2025). Analisis implementasi pembelajaran berbasis gamifikasi pada peningkatan motivasi belajar siswa. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-9.
Makniyah, J., Jannah, V. M., & Qibtiyah, L. (2025). Media audiovisual sebagai sarana peningkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqh. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 19-25.
Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mursyidah, A., Syam, H., & Wahid, F. (2023). Strategi menumbuhkan minat baca siswa madrasah melalui program literasi sekolah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(1), 89-104. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1123
Nadirah, S., Wahyuni, F., & Rahmah, S. (2024). Optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar melalui pendekatan kontekstual: Tinjauan pustaka kurikulum dan metode pengajaran. Pendidikan Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 45-62.
Nurdin, A. (2020). Inovasi media pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah: Tantangan dan peluang. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 5(2), 167-182. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/tadris/article/view/678
Putri, N. S., Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2025). Kajian literasi membaca mahasiswa IAIN Palopo: Studi penelitian mixed methods research. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(1), 67-82. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.67
Rahman, A., & Sari, L. M. (2023). Digital literacy and reading habits among elementary school students in Indonesia. Southeast Asian Journal of Education, 15(2), 145-162. https://doi.org/10.18203/saje.v15i2.2023
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar anak usia dini dalam bingkai Islam dan perspektif pakar pendidikan. Journal of Islamic Early Childhood, 4(2), 165-180. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12245
Sari, N., & Rahman, M. (2022). Implementasi nilai-nilai Aqidah Akhlak dalam kehidupan sehari-hari siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 78-95. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/jpiaud/article/view/789
Setiawati, E., Prasetyo, A., & Dewi, R. (2024). Analisis efektivitas media gambar pada kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3), 371-390.
Suardipa, I. P. (2020). Proses scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) dalam pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(1), 79-92. https://doi.org/10.32795/widyacarya.v4i1.943
Suherdi, D. (2021). Peran literasi digital di masa pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh beberapa faktor determinan terhadap peningkatan minat baca mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 156-168. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.521
Talib, M., Hasan, K., & Ismail, R. (2023). Efektivitas metode permainan dalam pembelajaran agama Islam di madrasah ibtidaiyah. Takdir: Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 34-51. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/takdir/article/view/456
Wibowo, A. P., & Nurhayati, D. (2023). The impact of card-based learning on student engagement in religious education. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 89-104. https://doi.org/10.24042/ijies.v6i1.12345
Widayanthi, D. G. C., Putra, I. M., & Sari, N. L. (2024). Teori belajar dan pembelajaran. PT. Sonpedia Penerbitan Indonesia.
Wijaya, B., & Nasir, A. (2023). Transfer kompetensi antar mata pelajaran dalam pendidikan Islam terpadu. Mu'allim: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 112-128. https://journal.iainpalopo.ac.id/index.php/muallim/article/view/345
Yusuf, M., & Azizah, N. (2024). Card media effectiveness in improving reading literacy among madrasah students: An experimental study. Journal of Islamic Elementary Education, 5(2), 78-92. https://doi.org/10.21043/jiee.v5i2.15432
Zainuddin, A., Hasan, M., & Fatimah, S. (2023). Innovative teaching strategies for Aqidah Akhlaq learning in elementary madrasah. Al-Ta'lim Journal, 30(2), 134-147. https://doi.org/10.15548/jt.v30i2.756
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Syarifuddin Pakanna, Sukirman, Hisban Thaha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the