Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa

Authors

  • Yulida Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Rika Haulina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Opik Taupik Kurahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8268

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Toleransi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural berbasis pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bermuatan toleransi, serta menggambarkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Pagaden Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI tercermin melalui apresiasi terhadap pluralitas budaya, pengakuan terhadap hak asasi manusia, dan pengembangan tanggung jawab sosial. Sikap toleransi siswa tampak melalui kemampuan hidup rukun di tengah perbedaan tanpa membeda-bedakan agama maupun budaya. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam PAI berperan penting dalam membentuk karakter siswa yang inklusif dan menghargai keberagaman. Keterbatasan penelitian ini terletak pada ruang lingkup yang sempit, sehingga disarankan penelitian berikutnya dilakukan pada konteks sekolah yang lebih beragam.

References

Abdin, M., & Tuharea, J. (2023). Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1148–1153. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.5219

Abdusshomad, A. (2024). Implementasi Nilai Islam dalam Pendidikan Toleransi: Studi Literatur terhadap Upaya Pemersatu dalam Masyarakat Pluralis Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 137–146. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.269

Al-Maudūdi, A. al-A. (1981). Al-Islām fi Muwājihati al-Tahaddiyāt al-Mu’āshirah. Dār al-ṭibāʻah al-Muḥammadīyah.

Andriyani, D., & Fadriati, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Multikultural Toleransi Terhadap Peserta Didik di SMAN Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan, 31(2), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2581

Ariani, C. (2025). Penerapan Nilai Toleransi dalam Interaksi Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Multikultural. El Makrifah PGMI, 2(2), 122–133. https://ojs.stitmakrifatulilmi.ac.id/index.php/pgmi/article/view/65

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Hasibuan, H. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan: Internalisasi Nilai Toleransi Untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif Dalam Kerangka Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 440–453. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34146

Hernawati, H., Hadiyanto, A., & Amaliyah, A. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi SMAN 14 Jakarta). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1645–1653. https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/650

Irwan, I., Agus, J., & Saputra, J. (2022). Penanaman Sikap Tanggung Jawab dan Kepedulian melalui Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9264–9273. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3722

Melati, M., & Hamdanah, H. (2024). Multikulturalisme: Memahami Keanekaragaman Dalam Masyarakat Global Dalam Perspektif Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1504–1515. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10660

Mulyawan, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9016–9020. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2414

Mursalin, H., Mu’ti, A., & Amirrachman, A. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam. Rayah Al Islam, 8(2), 617–635. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.1068

Murtadlo, M. (2025). Integrasi Nilai‑Nilai Multikultural ke dalam PAI untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMP Nurussalam Ambulu. MAJEMUK Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 50–60. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/mjk/article/view/3734

Purba, F. A., & Albina, M. (2025). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural di Sekolah/Madrasah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 2(2), 2828–2836. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3042

Sari, I. A. R., Romdloni, & Hasan, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1466

Siregar, A. A. (2025). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Sekolah. Ghaitsa: Islamis Education Journal, 6(1), 375–380. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v6i1.1612

Sriliza. (2025). Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Multikultural. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–215. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i2.850

Tentiasih, S., & Rifa’i, M. R. (2022). Integrasi Nilai‑Nilai Multikultural dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Toleransi di Sekolah. Al‑Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 341–358. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.1334

Widiatmaka, P., Hidayat, M. Y., Yapandi, Y., & Rahnang, R. (2022). Pendidikan Multikultural dan Pembangunan Karakter Toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526

Wilhelmus, O. R. (2016). Pendidikan Multikulturalisme sebagai Strategi Pengembangan Potensi Manusia untuk Menghargai Pluralitas. JPAK, 15(8), 38–52. https://ejournal.widyayuwana.ac.id/jpak/article/view/83

Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.

Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah: Case Study on MTSN 1 Makassar. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.

Yaqin, A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Pilar Media.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama.

Zayyadi, A., & Ismail, M. S. (2024). Toleransi dalam Perspektif Hadis. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 300–317. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.511

Downloads

Published

2025-12-07

Citation Check