Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8268Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Toleransi BeragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural berbasis pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bermuatan toleransi, serta menggambarkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Pagaden Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI tercermin melalui apresiasi terhadap pluralitas budaya, pengakuan terhadap hak asasi manusia, dan pengembangan tanggung jawab sosial. Sikap toleransi siswa tampak melalui kemampuan hidup rukun di tengah perbedaan tanpa membeda-bedakan agama maupun budaya. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam PAI berperan penting dalam membentuk karakter siswa yang inklusif dan menghargai keberagaman. Keterbatasan penelitian ini terletak pada ruang lingkup yang sempit, sehingga disarankan penelitian berikutnya dilakukan pada konteks sekolah yang lebih beragam.
References
Abdin, M., & Tuharea, J. (2023). Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1148–1153. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.5219
Abdusshomad, A. (2024). Implementasi Nilai Islam dalam Pendidikan Toleransi: Studi Literatur terhadap Upaya Pemersatu dalam Masyarakat Pluralis Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 137–146. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.269
Al-Maudūdi, A. al-A. (1981). Al-Islām fi Muwājihati al-Tahaddiyāt al-Mu’āshirah. Dār al-ṭibāʻah al-Muḥammadīyah.
Andriyani, D., & Fadriati, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Multikultural Toleransi Terhadap Peserta Didik di SMAN Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan, 31(2), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2581
Ariani, C. (2025). Penerapan Nilai Toleransi dalam Interaksi Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Multikultural. El Makrifah PGMI, 2(2), 122–133. https://ojs.stitmakrifatulilmi.ac.id/index.php/pgmi/article/view/65
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hasibuan, H. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan: Internalisasi Nilai Toleransi Untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif Dalam Kerangka Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 440–453. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34146
Hernawati, H., Hadiyanto, A., & Amaliyah, A. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi SMAN 14 Jakarta). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1645–1653. https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/650
Irwan, I., Agus, J., & Saputra, J. (2022). Penanaman Sikap Tanggung Jawab dan Kepedulian melalui Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9264–9273. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3722
Melati, M., & Hamdanah, H. (2024). Multikulturalisme: Memahami Keanekaragaman Dalam Masyarakat Global Dalam Perspektif Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1504–1515. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10660
Mulyawan, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9016–9020. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2414
Mursalin, H., Mu’ti, A., & Amirrachman, A. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam. Rayah Al Islam, 8(2), 617–635. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.1068
Murtadlo, M. (2025). Integrasi Nilai‑Nilai Multikultural ke dalam PAI untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMP Nurussalam Ambulu. MAJEMUK Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 50–60. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/mjk/article/view/3734
Purba, F. A., & Albina, M. (2025). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural di Sekolah/Madrasah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 2(2), 2828–2836. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3042
Sari, I. A. R., Romdloni, & Hasan, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1466
Siregar, A. A. (2025). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Sekolah. Ghaitsa: Islamis Education Journal, 6(1), 375–380. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v6i1.1612
Sriliza. (2025). Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Multikultural. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–215. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i2.850
Tentiasih, S., & Rifa’i, M. R. (2022). Integrasi Nilai‑Nilai Multikultural dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Toleransi di Sekolah. Al‑Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 341–358. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.1334
Widiatmaka, P., Hidayat, M. Y., Yapandi, Y., & Rahnang, R. (2022). Pendidikan Multikultural dan Pembangunan Karakter Toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526
Wilhelmus, O. R. (2016). Pendidikan Multikulturalisme sebagai Strategi Pengembangan Potensi Manusia untuk Menghargai Pluralitas. JPAK, 15(8), 38–52. https://ejournal.widyayuwana.ac.id/jpak/article/view/83
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah: Case Study on MTSN 1 Makassar. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.
Yaqin, A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Pilar Media.
Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama.
Zayyadi, A., & Ismail, M. S. (2024). Toleransi dalam Perspektif Hadis. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 300–317. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.511
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Yulida Fauziah, Sri Wahyuni, Rika Haulina, Opik Taupik Kurahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the