Membangun Jenjang Karir yang Berkelanjutan: Strategi Perencanaan dan Pengembangan Profesional bagi Tenaga Kependidikan
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.8330Keywords:
pengembangan karir berkelanjutan, tenaga kependidikan, strategi perencanaan karir, kompetensi profesional, ekosistem karirAbstract
Pengembangan karir berkelanjutan menjadi isu krusial bagi tenaga kependidikan di era transformasi digital dan globalisasi pendidikan yang menuntut adaptasi terhadap perubahan yang dinamis dan kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi perencanaan dan pengembangan profesional yang efektif untuk membangun jenjang karir berkelanjutan tenaga kependidikan, mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan karir, serta mengembangkan model terintegrasi yang aplikatif untuk konteks pendidikan Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka dari artikel-artikel ilmiah dan buku referensi asli dan artikel yang dipublikasikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir (2022-2025), dengan analisis data melalui teknik content analysis dan thematic analysis untuk mengidentifikasi pola dan konsep kunci dalam literatur. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pengembangan karir berkelanjutan memerlukan transformasi dari model linear tradisional menuju pendekatan dinamis-adaptif yang mengintegrasikan strategi berbasis kompetensi, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan pembangunan jaringan kolaboratif profesional dalam satu ekosistem yang koheren. Penelitian menghasilkan Model Ekosistem Karir Terintegrasi yang menggabungkan agensi individual, dukungan organisasi, dan faktor lingkungan sebagai kontribusi teoretis untuk pengembangan karir tenaga kependidikan. Rekomendasi utama meliputi pengembangan infrastruktur digital untuk manajemen karir, penguatan program mentoring, reformasi kebijakan yang mendukung mobilitas karir, dan implementasi bertahap melalui pilot project dengan keterlibatan berbagai stakeholder. Keterbatasan penelitian terletak pada fokus kajian literatur empat tahun terakhir dan belum melibatkan validasi empiris lapangan, sehingga penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi implementasi praktis model dengan pendekatan mixed-methods yang lebih komprehensif.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Ananda, R., Angelina, L., Hazlina, F., & Nurhisma, N. (2023). Rekruitment Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Pendidikan Dasar. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8349–8354. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3096
Anderson, J. A., & Crutcher, R. A. (2023). Driving Change Through Diversity And Globalization: Transformative Leadership In The Academy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003444350
Arthur, M. B., & Rousseau, D. M. (1996). A Career Lexicon For The 21st Century. Academy Of Management Perspectives, 10(4), 28–39. https://doi.org/10.5465/ame.1996.3145317
Ayodo, I. A. (2022). Career Development Practices And Employee Job Satisfaction Among Academic Staff In Public Universities In Kenya. Jkuat-Cohred.
Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social Learning Theory (Vol. 1). Prentice Hall Englewood Cliffs, Nj.
Davis, F. D. (1989). Technology Acceptance Model: Tam. Al-Suqri, Mn, Al-Aufi, As: Information Seeking Behavior And Technology Adoption, 205(219), 5.
https://www.asecib.ase.ro/mps/Bandura_SocialLearningTheory.pdf
De Vos, A., & Van Der Heijden, B. I. J. M. (2017). Current Thinking On Contemporary Careers: The Key Roles Of Sustainable Hrm And Sustainability Of Careers. Current Opinion In Environmental Sustainability, 28, 41–50. https://doi.org/10.1016/j.cosust.2017.07.003
Eisenberger, R., Wen, X., Zheng, D., Yu, J., Liu, Z., Zhang, J., Wang, L., Kim, T.-Y., Krivacek, S., & Zagenczyk, T. J. (2025). Does Felt Obligation Or Gratitude Better Explain The Relationship Between Perceived Organizational Support And Outcomes? Group & Organization Management, 50(1), 243–288.
https://doi.org/10.1177/10596011231180388
Elvarisna, E., Sari, R., Zahara, S., Marsena, M., & Rahmi, S. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Dharmas Education Journal (De_Journal), 5(2), 1174–1182.
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1623
Eris Pertiwi, D., Baryanto, B., & Kholilah Harahap, E. (2025). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Smk Negeri 2 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup. https://e-theses.iaincurup.ac.id/9140/
Fazal, S., Masood, S., Nazir, F., & Majoka, M. I. (2022). Individual And Organizational Strategies For Promoting Work–Life Balance For Sustainable Workforce: A Systematic Literature Review From Pakistan. Sustainability, 14(18), 11552. https://doi.org/10.3390/su141811552
Fonataba, Y., Hombore, E., Nathan, I. A., & Konorop, S. Y. (2024). Transformasi Sdm Akademik: Membangun Perguruan Tinggi Berdaya Saing Global. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 2(3), 457–470. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v2i3.122
Jena, M. K., & Barad, S. (2024). Professional Development Of Secondary School Teachers: Adapting To 21st Century Educational Paradigms. International Journal Of Scientific Research In Modern Science And Technology, 3(1), 27–33.
https://ijsrmst.com/index.php/ijsrmst/article/view/172
Kim, T. (2015). Impacts Of Learning Interventions On Organizational Human Capital And Performance. Performance Improvement Quarterly, 27(4), 7–28.
https://doi.org/10.1002/piq.21180
Knowles, M. S. (1984). Theory Of Andragogy. A Critique. International Journal Of Lifelong. Cambridge Ma.
Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential Learning Theory: Previous Research And New Directions. In Perspectives On Thinking, Learning, And Cognitive Styles (Pp. 227–247). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781410605986-9/experiential-learning-theory-previous-research-new-directions-david-kolb-richard-boyatzis-charalampos-mainemelis
Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2002). Social Cognitive Career Theory. Career Choice And Development, 4(1), 255–311. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OBMWCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA255&dq=Lent,+R.+W.,+Brown,+S.+D.,+%26+Hackett,+G.+(2002).+Social+Cognitive+Career+Theory.+Career+Choice+And+Development,+4(1),+255%E2%80%93311.&ots=x25_23nHI1&sig=5k0yDngHAv1q8UFz78tfXWqmkNM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Lestari, D., Rahmadeli, F., Deanidia, T., & Wahyuni, Y. D. (2025). Pendekatan Sistematis Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Karier: Tantangan Serta Faktor Penentu. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (Micjo), 2(1), 9–19.
Martinez, J., Ishitani, T., & Anderson, L. (2025). School Administrator Support And Professional Self-Efficacy: A Sequential, Mixed Method Study. International Journal Of Leadership In Education, 28(3), 441–460. https://doi.org/10.1080/13603124.2021.2014980
Muhammad, R., Patriana, P., Yusrain, Y., Astaman, A., & Manja, M. (2024). Counselling Career With Artificial Intelligence: A Systematic Review. Guidena Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi Bimbingan Dan Konseling, 14(1), 299.
http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v14i1.9357
Muntafi’ah, M., & Hidayat, A. T. (2023). Analisis Teori Konstruktivistik Karir Savickas Terhadap Pemilihan Karir Bagi Phk Di Masyarakat Kabupaten Bojonegono. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 6(1), 30–36. https://ejournal.undar.or.id/index.php/Thalaba/article/view/153
Nurgenti, S., Sari, I. P., Fatma, M., Fajri, M., & Kusuma, A. (2025). Pendidikan Profesi Guru Sebagai Syarat Utama Menjadi Tenaga Pendidik Berkualitas. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 543–551.
https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/457
Onyema, E. M., Esther, U. N., Okpala, C. C., Umoke, C. C., Obioma, N. J., Okoronkwo, M. C., & Edmond, V. U. (2024). The Role Of Emerging Technologies In Academic Career Development. Babcock University Journal Of Education, 10(1), 36–49.
Palacios-Rodríguez, A., Llorente-Cejudo, C., & Cabero-Almenara, J. (2023). Educational Digital Transformation: New Technological Challenges For Competence Development. Frontiers In Education, 8, 1267939. https://www.frontiersin.org/journals/education/articles/10.3389/feduc.2023.1267939/full
Patel, T. (2023). Employee Training And Upskilling For Digital Roles For A Sme Company In It Sector. https://urn.fi/URN:NBN:fi:amk-2023120333767
Portes, A. (2024). Social Capital: Its Origins And Applications In Modern Sociology. New Critical Writings In Political Sociology, 53–76. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781003572923-6/social-capital-origins-applications-modern-sociology-alejandro-portes
Pratiwi, I., Azura, Y., Nasution, A. F., & Hasibuan, A. S. (2024). Pengembangan Profesi Dan Karir Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 344–351. https://doi.org/10.5281/zenodo.11351570
Rahaju, A. (2025). Peran Pendidikan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Daerah Perdesaan. Journal Of Mandalika Literature, 6(1), 528–536. https://doi.org/10.36312/jml.v6i1.3928
Su, X., & Chan, K. L. (2023). The Associations Of Decent Work With Wellbeing And Career Capabilities: A Meta-Analysis. Frontiers In Psychology, 14, 1068599. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1068599
Sweller, J., & Chandler, P. (1991). Evidence For Cognitive Load Theory. Cognition And Instruction, 8(4), 351–362. https://doi.org/10.1207/s1532690xci0804_5
Thompson, K. L., & Gutschall, M. D. (2015). The Time Is Now: A Blueprint For Simulation In Dietetics Education. Journal Of The Academy Of Nutrition And Dietetics, 115(2), 185–194. https://www.jandonline.org/article/S2212-2672(14)01772-9/abstract
Wenger, E. (1998). Communities Of Practice: Learning As A Social System. Systems Thinker, 9(5), 2–3. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3845259
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Jubaedi, Syifa Fauziah El Abida, Siti Patimah, Rifyal Ahmad Lughowi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the