Implementasi Konsep Khalifah Fil-Ard Sebagai Landasan Pengembangan Green Skill Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8334Keywords:
Khalifah fil-Ard, Pendidikan Islam, Green SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep Khalifah fil Ardh sebagai landasan pengembangan green skill pada siswa sekolah dasar dalam perspektif pendidikan Islam. Nilai Khalifah fil-Ard dipahami sebagai landasan teologis yang menegaskan tanggung jawab manusia untuk menjaga, mengelola, dan memelihara bumi sebagai amanah dari Allah SWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta jenis penelitian kepustakaan (library research), melalui kajian terhadap buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Analisis dilakukan dengan metode content analysis untuk menemukan keterkaitan antara nilai khalifah sebagai dasar moral-spiritual dengan pembentukan keterampilan ekologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Khalifah fil-Ard memiliki hubungan erat dengan penguatan karakter peduli lingkungan yang diwujudkan melalui green behaviour, ecoliteracy, dan green education untuk terciptanya green skill pada pribadi siswa yang ditera. Nilai tersebut dapat diimplementasikan dalam pendidikan dasar melalui perilaku ramah lingkungan, seperti pembiasaan kebersihan, pemilahan sampah, konsumsi bijak, dan pengolahan limbah.Integrasi nilai spiritual Islam dengan pembelajaran lingkungan mampu membentuk karakter ekologis siswa serta mengembangkan keterampilan hijau yang berorientasi pada keberlanjutan hidup. Dengan demikian, pendidikan berbasis nilai Khalifah fil Ardh menjadi strategi efektif dalam mencetak generasi muslim yang beriman, berakhlak mulia, dan memiliki kompetensi ekologis sesuai tuntunan Islam.
References
Abdullah, M. Y. (2008). Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an (2nd ed.). AMZAH.
Abdurrahmat Fathoni. (2011). Metodologi Penelitan Dan Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.
Akromusyuhada, A. (2023). Jurnal Multidisiplin Ilmu Akhlak Terhadap Lingkungan Perspektif Islam. Akhlak Terhadap Lingkungan Perspektif Islam, 2(04), 1103–1109.
Asbar, A. M. (2023). Urgensi pendidikan akhlak terhadap lingkungan. AJIE: Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(1), 2830–2842.
Diplan, D., Fitriyanto, M. N., & Pribadi, A. (2020). Upaya Peningkatan Green Skills Pada Pembelajaran Vokasi Melalui Penerapan Model Project Citizen. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 11–17. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p11-17
Harahap, M. Y., & Ependi, R. (2023). Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah. PT. Green Pustaka Indonesia.
Hariandi, A., Dwitama, D. B. D. P., Rahman, N. A., Ramadhani, R., & Yunsacintra, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10155–10161. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328
Hidup, K. L. (2025). KLH-BPLH Tegaskan Arah Baru Menuju Indonesia Bebas Sampah 2029 dalam Rakornas Pengelolaan Sampah 2025. Www.Kemenlh.Go.Id.
Imam Suhardi, R. A. (2022). Konsep Ihsan Kepada Lingkungan (Suatu Kajian Awal Dalam Upaya Mewujudkan Green Environment). Jurnal Keislaman, 5(2), 218–229. https://doi.org/10.54298/jk.v5i2.3452
Liulinnuha, M., & Umma, S. (2022). Pengenalan Green Behaviour Melalui Ecoliteracy Pada Siswa MI. Premiere, 4.
M. Furqon Wahyudi. (2021). Peran Manusia Di Bumi Sebagai Khalifah Dalam Perubahan Sosial. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 6.
Muhammad Burhan Nasrullah, M. A. (2025). Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(6), 127–131. http://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/85%0Ahttp://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/download/85/32
Muthmainnah, L., Mustansyir, R., & Tjahyadi, S. (2020). Kapitalisme, Krisis Ekologi, Dan Keadilan Inter-Generasi : Analisis Kritis atas Problem Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia. Mozaik Humaniora, 20(1), 57. https://doi.org/10.20473/mozaik.v20i1.15754
Nana Fauzana Azima, & Yumna. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 22(02), 1–11. https://doi.org/10.21009/plpb.222.01
Nizaar, M. (2022). Green Education Untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa Abad 21. SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Metro, 4.
Nur Agus Salim, Avicenna, A., Suesilowati, Ermawati, E. A., Panjaitan, M. M. J., Yustita, A. D., & Kawan-kawan, D. (2022). Dasar-dasar Pendidikan Karakter (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Pavlova, M., & Chen, C. S. (2019). Facilitating the development of students’ generic green skills in TVET: an ESD pedagogical model. TVET-Asia, 1(12), 1–23. www.tvet-online.asia
Putri, S. U., & Nikawanti, G. (2017). Pengenalan Green Behaviour Melalui Ecoliteracy Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).
Romadhon, S., Oktafiana, S., & Risdiana, F. Y. (2024). Strategi Guru dalam Membentuk Green Behaviour melalui Pembelajaran Ekopedagogi di Sekolah Dasar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 269–281. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17217
Sina, A., Ariani, D., Tarigan, K. S., Sertiawan, N., & Tarigan, M. (2022). Kedudukan Manusia di Alam Semesta: Manusia Sebagai ‘Abdullah, Manusia Sebagai Khalifah Fil Ard. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.
Sitompul febina, A. F., Lubis Nurliza, M., Jannah, N., & Tarigan, M. (2022). Hakikat dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 5411–5416.
Wiwi Dwi Daniyarti. (2022). Pendidikan Literasi Lingkungan Sebagai Penunjang Pendidikan Akhlak Lingkungan. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.43
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Zarkasyi, H. F. (2020). Minhaj: Berislam Dari Ritual Hingga Intelektual (1st ed.). INSISTS:Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization,.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nina Amelia, B. Siti Mardliyah, Sinta Bella, Opik Taupik Kurahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the