Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.8384Keywords:
Transformational Leadership, Madrasah Principal, Quality Of Islamic Education, Digital Era, Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan Islam, Era DigitalAbstract
Penelitian Penelitian ini menganalisis peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di era digital melalui studi pustaka terhadap literatur nasional dan internasional terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa lima dimensi kepemimpinan transformasional—visi digital, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional, pertimbangan individual, dan pengaruh ideal—berkontribusi signifikan terhadap penguatan pembelajaran berbasis teknologi, peningkatan kompetensi guru, serta pembangunan budaya madrasah yang adaptif dan berlandaskan nilai-nilai Islam. Kepala madrasah bertindak sebagai agen perubahan yang mampu mengintegrasikan prinsip spiritual dengan inovasi digital sehingga tercipta lingkungan belajar yang kolaboratif, efektif, dan responsif terhadap tuntutan era 21. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan transformasional merupakan pendekatan strategis bagi madrasah dalam menghadapi tantangan digitalisasi pendidikan Islam. Penelitian ini masih terbatas pada analisis teoritis, sehingga studi lapangan atau penelitian komparatif direkomendasikan untuk memvalidasi temuan dan memperluas pemahaman pada berbagai tipe madrasah.
References
Abdurrahman. (2024). Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam. Adabuna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3, 102–113. https://doi.org/10.38073/adabuna
Alzoraiki, M., Ahmad, A. R., Ateeq, A., & Milhem, M. (2024). The role of transformational leadership in enhancing school culture and teaching performance in Yemeni public schools. Frontiers in Education, 9, 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1413607
Amelia, R., Misrawita, & Junaidi. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menghadapi Tantangan Manajemen Di Era Digital. Jurnal Soko Guru, 5(1), 237–248. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v5i1.5133
Anindita, A. Y. (2024). Transformasi Pendidikan Islam dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Sains & Teknologi. PENDAS; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Assefa, E. A., & Mujtaba, B. G. (2025). Exploring transformational leadership in education by leveraging diversity and technology for inclusive practices. International Journal of Public Leadership, 21(4), 356–375. https://www.emerald.com/ijpl/article-abstract/21/4/356/1268248/Exploring-transformational-leadership-in-education?redirectedFrom=fulltext
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage Publications, Inc.
Efendi, I., & Sesmiarni, Z. (2022). Pentingnya Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 59–68. https://jpion.org/index.php/jpi59Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
El Achi, S., Al Maalouf, N. J., Barakat, H., & Mawad, J. L. (2025). The Impact of Transformational Leadership and Work Environment on Teachers’ Performance in Crisis-Affected Educational Settings. Administrative Sciences, 15(7). https://doi.org/10.3390/admsci15070256
Elya, Z., Sulistyawati, Y., Asmendri, A., & Milyasari. (2024). Kepemimpinan Transformatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Khazanah Pendidikan, 18(2), 251. https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.21779
Hardianto, H., Hidayat, H., Wulandari, A., Sulastri, S., & Nofriser, N. (2024). Revitalizing Educational Leadership: A Comprehensive Literature Review of Transformational Leadership in Indonesia Academic Settings. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 98–106. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4768
Haryono, E., Suprihatiningsih, S., Septian, D., Widodo, J., Ashar, A., & Sariman. (2024). New Paradigm Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) di Perguruan Tinggi. An-Nuur Journal, 4(1), 45–58.
Herdiaty, I. S., & Widjaja, A. W. (2025). The Impact Of Transformational Leadership On Digital Transformation Towards Madrasah Reform And Performance. In Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) (Vol. 8, Issue 2).
Khoerudin, L. A., Nugaraha, M. S., & Nasrudin, E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. ISEMA: Islamic Educational Management, 9, 1. https://doi.org/10.15575/isema.v9i1.25828
Luthfi, F. F., Salamah, U., & Masripah. (2025). Implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut Jawa Barat). Khazanah Akademia, 9(2), 71–80. www.jurnal.pps.uniga.ac.id
Nahdiyyah, N. K., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Di Lembaga Pendidikan Islam. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 76–84.
NU Online. (2024). Tafsir Wajiz: QS. Ali Imran [3]:104. NU Online.
Purwanto, A. (2023). Digitalisasi Era 4.0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1155–1166. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3253
Saefrudin. (2024). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik di Era Moderenisasi Digital Saefrudin. Jurnal Sosaintek: Sosial Dan Sains Teknologi, 8(2), 112–124. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/sosaintek.v1i3.7167
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna; Jurnal Pendidikan Islam, 12(3).
Subaidi. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara). Edureligia, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Suparman, Muh. F., Mudhofir, & Rusdiyanto, M. (2023). Kepemimpinan inovasi dan transformasi dalam konteks pendidikan Islam: studi kasus pendidikan dai di Ma’had Aly Ki Bagus Hadikusumo Sukoharjo. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1223–1239. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.428
Syarip. (2025). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah: Kunci Sukses Menciptakan Islamic School Culture Yang Unggul. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 335–347. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33057
Syayidah, L. N., Sodik, M., & Hasna, R. Z. (2025). Manajemen Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Home / Archives EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 143–157. https://doi.org/https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.591
Ugochukwu, C. (2024). Transformational Leadership Style: How to Inspire and Motivate. Simply Psychology.
Vinger, G., & Cilliers, F. (2006). Effective Transformational Leadership Behaviours for Managing Change. South African Journal of Human Resource Management, 4(2), 1.
Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51
Yamin, M., & Fakhrunnisaa, N. (2022). Persepsi literasi digital mahasiswa calon guru iain palopo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 1-9.
Yamin, M. (2022). Blended learning model pembelajaran pasca pandemi. Jurnal Sustainable, 5(2), 285-289.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sulis Maryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the