Dialektika Akal dan Wahyu : Studi Integrasi Nilai Spiritual pada Pembelajaran Umum di SD Firdaus Percikan Iman
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8407Keywords:
dialog wahyu akal, integrasi, nilai spiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan secara mendalam bagaimana integrasi nilai wahyu dan akal diimplementasikan dalam pembelajaran umum di SD Firdaus Percikan Iman serta dampaknya bagi pengalaman belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui angket guru (8 butir) dan siswa (5 butir), wawancara kepala sekolah dan guru, observasi naturalistik, serta analisis dokumen RPP dan program Bedah Quran. Sampel penelitian meliputi 1 kepala sekolah, 7 guru, dan 33 siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran integratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai spiritual dibangun secara gradual, berawal dari mata pelajaran berbasis karakter (PABP, tahfidz) lalu merambat ke pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, IPAS, dan tematik. Integrasi ini melahirkan ekosistem belajar yang lebih bermakna: guru memosisikan diri sebagai pendamping spiritual-intelektual, sementara siswa melaporkan peningkatan pemahaman konsep, motivasi belajar, kesadaran adab, dan praktik ibadah dalam keseharian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model gradual-integratif yang dikembangkan SD Firdaus layak dijadikan rujukan inovasi pendidikan Islam di tingkat sekolah dasar.
References
Adji, D. N. (2022). Epistemologi Ibnu Rusyd (Telaah relasi wahyu dan rasio). An-Nur: Jurnal Studi Islam, 14(1). https://doi.org/10.37252/annur.v14i1.226
Arbi, A., Herlina, H., Syarifuddin, S., Hanafi, I., Dewi, E., & Anwar, A. (2023). When religion approaches science: An interpretation of Ziauddin Sardar's integrative Islamic education thought. Jurnal Ushuluddin, 31(2), 203–219. http://dx.doi.org/10.24014/jush.v31i2.26682
Asrori, A. (2025). Pendidikan Agama Islam berbasis multidisipliner: Harmonisasi akal, wahyu dan nilai-nilai moral. Unisan Jurnal, 4(5), 01–10. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/4189
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi sains dan Islam dalam pembelajaran. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Hatija, M. (2024). Paradigma integrasi agama dan sains dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265–289. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6614
Ibad, M., & Khalim, A. D. N. (2022). Epistemologi Ibnu Rusyd (Telaah relasi wahyu dan rasio). An-Nur: Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–15. https://doi.org/10.37252/annur.v14i1.226
Indah, A. V. (2025). Epistemologi pendidikan Islam: Analisis konseptual terhadap integrasi wahyu dan akal dalam pembentukan karakter Muslim. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 6(2), 180–198. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/islamijah/article/viewFile/25600/10568
Irawan. (2019). Filsafat manajemen pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.
Ismail, H. T., Irawan, I., & Priatna, T. (2024). Hubungan antara agama dan sains. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(4), 206–213. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i4.462
Kamaliyah, D. (2025). Integrasi pembelajaran ilmu agama dan sains dalam sistem pendidikan terpadu di Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini Kraton Pasuruan (Tesis magister, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). http://etheses.uin-malang.ac.id/79070/7/230101210092.pdf
Muslikhul, I., & Ahmad, D. N. K. (2022). Epistemologi Ibnu Rusyd (Telaah relasi wahyu dan rasio). An-Nur: Jurnal Studi Islam, 14(1). https://doi.org/10.37252/annur.v14i1.226
Nuha, A. U. (2025). Argument yang kokoh bidang ilmu kalam. AQIDAH-TA: Jurnal Ilmu Aqidah, 11(1), 14–21. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v11i1.57832
Nuriyati, T. (2020). Integrasi sains dan Islam dalam pembelajaran. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Parisu, C. Z. L., & Saputra, E. E. (2025). Integrasi literasi sains dan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Journal of Human and Education, 5(1), 864–872. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2281
Sabilla, B. P., & Jl, A. (2024). Integrasi Islam, sains dan level integrasi. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 81–89. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i3.64
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep kecerdasan spiritual pada anak usia sekolah dasar. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 868–879. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.493
Tatang, M. N., Syarif, A., & Hidayat, R. (2022). Pembelajaran Al-Qur'an menggunakan pendekatan ilmiah di SMPN 1 Kadipaten Tasikmalaya. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 187–196. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5416
Ubaidila, S., & Mustamir, A. K. (2023). Reviewing the integration of Islamic studies and science in Islamic religious universities in Indonesia. JWS, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.58344/jws.v2i1.191
UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. https://unesdoc.unesco.org
Wailissa, Z. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dan sains dalam pembelajaran. JSI: Jurnal Studi Islam, 11(1), 92–105. https://doi.org/10.33477/jsi.v11i1.3289
Zain, M., Sartika, M., Andria, N., Ulandari, Y., & Burhanuddin, N. (2025). Integrasi wahyu dan akal dalam filsafat ilmu Islam. Invention: Journal Research and Education Studies. https://doi.org/10.51178/invention.v6i2.265
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rizkarima, Irawan, Rohmat Mulyana Sapdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the