Perkembangan Keberagamaan Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Kiki Miftahul Hakiki UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia https://orcid.org/0009-0004-4733-0151
  • Habibah Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Miftah Falah Udwi Syarfiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Opik Taupik Kurahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8444

Keywords:

Religious Development, Students, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kajian literature terkait perkembangan keberagamaan peserta didik pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar terkait bagaimana tahapannya, apa saja yang mempengaruhinya, serta bagaimana peran guru dalam pengembangan keberagamaan peserta didik dan apa yang menjadi tantangan dalam pengembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peserta didik usia sekolah dasar (7–12 tahun) melewati dua fase, yaitu masa tamyiz dan amrad, yang menuntut pendekatan keberagamaan sesuai dengan karakteristik usia mereka. Hasil penelitian juga menegaskan pentingnya peran guru dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas melalui kegiatan rutin seperti shalat dhuha, membaca doa sebelum belajar, serta hafalan surat pendek. Nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan meliputi aqidah, akhlak, kedisiplinan, dan kejujuran. Pembiasaan dan penanaman nilai tersebut menjadi dasar penting dalam mengembangkan sikap serta perilaku keberagamaan peserta didik secara berkelanjutan.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2018). PSIKOLOGI REMAJA : Perkembangan Peserta Didik. BUMI AKSARA.

Amarullah, R. Q., Fitriana, D., & Erih. (2023). Perkembangan Keberagamaan Peserta Didik. Cv. Abdi Fama Group.

Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632

Ani Oktarina, Emi Fahrudi, & Moh. Mundzir. (2024). Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha di Era Digital. Alzam: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(2). https://doi.org/10.51675/alzam.v4i2.932

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMMAT BERAGAMA PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN. Jurnal Al-Ibrah, 8(1).

EL-Zainie, A. G. J. (2022). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadits.

Fadhilah, N. (2022). Mengaggas Program Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 16. https://doi.org/10.47453/permata.v3i1.638

Hasanah, S. N. H., & Zainuddin, M. R. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA PADA ASPEK ISLAM. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 59–68. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i1.776

Hayati, S., & Fadriati, F. (2023). Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3959–3969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6521

Kasmiati. (2025). Analisis Sistematis Tren Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini dalam Lima Tahun Terakhir: Sebuah Kajian Systematic Literature Review. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8.

Kurike R, N., Syihabuddin, & Kembara, M. D. (2025). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(1), 223–237. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5256

Meinura, E. D. (2022). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.320

Munirah, M., & Ladiku, N. (2019). Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 4(2), 336–348. https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i2.1143

Musya’adah, U. (2020). PERAN PENTING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556

Najiha, R. L., Maryamah, M., Husni, M., & Nurlaeli, N. (2022). Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Anak Kelas IV Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v3i2.14599

Ningtyas, D. T., & Saputera, A. R. A. (2018). PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PENGALAMAN BERAGAMA. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(2), 192. https://doi.org/10.32332/tapis.v2i2.1226

Nurma, N., & Maemonah, M. (2024). Hakikat Agama Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 29–40. https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9834

Qazi, A., Qazi, J., Naseer, K., Hasan, N., Hardaker, G., & Bao, D. (2024). M-Learning in education during COVID-19: A systematic review of sentiment, challenges, and opportunities. Heliyon, 10(12), e32638. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32638

Rahmah, I. M., & Sunhaji. (2025). MEMBANGUN KESALEHAN SOSIAL DALAM INTEGRASI PAI DAN REALITA SOSIAL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28145

Rahman, F. A., Rohmah, M., Rustiani, S., Fatmawati, I. Y., & Zahro, N. A. D. S. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pembentukan Moral Dan Etika. Journal of Creative Student Research, 1(6), 294–304. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2975

Sahliah, & Junaedi, D. (2021). Hakikat Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Pendidikan Islam dan Budaya, 1(2).

Simatupang, D. A., Khairizka, W. I., Lubis, R., Pane, A. R. A., Batubara, I. H., & Ablia, Z. (2023). Pertumbuhan dan Perkembangan Jiwa Beragama pada Anak Kelas 3 di SD Az-Zakiyah Islamic Leadership. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2501

Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar. 9(2). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.493

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wibowo, A., & Putri, S. (2021). PEDOMAN PRAKTIS PENYUSUNAN NASKAH ILMIAH DENGAN METODE SYSTEMATIC REVIEW (1 ed.). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-24

Citation Check