Kontribusi Pesantren dalam Penguatan Pemahaman Hadis tentang Pendidikan Rohani

Authors

  • Via Putrimawati Muttaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Maslani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Naufal Abdillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ayub Suganda UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Imas Khotimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8448

Keywords:

Hadis Tarbawi, Pendidikan Rohani, Hadis Pendidikan Rohani, Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan kontribusi institusional Pesantren terhadap pengembangan pemahaman Hadis tentang Pendidikan Rohani. Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya disparitas metodologis antara kajian Hadis Tarbawi di institusi formal yang cenderung tekstual, dengan implementasi Pendidikan Rohani di Pesantren yang bersifat aplikatif-praksis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), yang memfokuskan analisis pada sumber primer Hadis Tarbawi serta sistem internalisasi nilai di Pesantren melalui tradisi riyadhah dan mujahadah. Temuan riset menunjukkan bahwa Pesantren memiliki kontribusi unik melalui sistem living Hadith yang tercermin dalam praktik spiritual santri. Berdasarkan analisis tersebut, penelitian ini merumuskan Model Pengembangan Pemahaman Hadis Pendidikan Rohani yang kontekstual dan aplikatif berbasis sistem spiritual Pesantren, yang direkomendasikan sebagai rujukan metodologis baru bagi kajian Hadis Tarbawi di lembaga akademik.

References

Annisa, F., Hermawan, A., & Suhendra, A. (2023). The urgency of spiritual intelligence in the era of society 5.0: A literature review. International Journal of Social Science and Religion (IJSSR), 4(2), 235–248. https://doi.org/10.53639/ijssr.v4i2.156

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.

Fauzi, A. (2023). Hadis tarbawi perspektif tridharma perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Hasanah, U., & Rosyid, M. (2021). Model pendidikan karakter berbasis ulul albab dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 9(1), 47–68. https://doi.org/10.15642/jpai.2021.9.1.47-68

Kholish, M. N. (2021). Kesenjangan metodologi kajian hadis tarbawi: Antara teks dan konteks pesantren. Jurnal Pendidikan Agama, 11(3), 201–215.

Ma’arif, S. (2018). Integrasi kecerdasan kognitif dan spiritual dalam pembelajaran hadis. Jurnal Pendidikan, 9(2), 112–125.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. UI Press.

Mujib, A., & Mudzakir, J. (2015). Ilmu pendidikan Islam. Kencana.

Muslim, M. (2021). Metodologi kajian hadis tarbawi: Konsep dan aplikasi. Pustaka Belajar.

Nata, A. (2013). Akhlak tasawuf. Raja Grafindo Persada.

Nata, A. (2020). Pendidikan Islam di era milenial. Kencana.

Nur, H., & Halim, S. (2018). Implementasi living hadis dalam pembentukan etika santri di pesantren. Jurnal Studi Pesantren, 5(1), 25–40.

Riyani, D. (2022). Peran kitab kuning sebagai media living hadis dalam pembinaan spiritual santri. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Rohmadi, A. I., & Al, E. (2024). Peran multidimensi pesantren sebagai pusat pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Multikultural, 8(1), 88–105.

Sanusi, A. (2015). Pendidikan karakter berbasis pesantren. Pustaka Pelajar.

Wardah, W., & Halik, A. (2020). Problematika pendidikan Islam di pesantren dan solusi inovatif. Jurnal Al-Tarbiyah, 8(1), 50–56.

Yulita, L. M., Vina, V., & Maslani. (2024). Implementasi pendidikan rohani dalam perspektif hadis tarbawi. Jurnal Riset Pendidikan Islam, 17(1), 30–45.

Zainudin. (2017). Hadis tarbawi dan urgensi pendidikan hati (qalb) dalam kurikulum modern. Jurnal Ilmu Pendidikan, 28(4), 50–65.

Zuhairi, A. (2020). Krisis spiritual lulusan pendidikan formal: Telaah kritis terhadap metodologi pengajaran hadis. Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 150–165.*

Zulkifli. (2019). Hadis tarbawi: Nilai-nilai pendidik

Downloads

Published

2025-12-05

Citation Check