Implementasi Kegiatan Ektstrakurikuler PAI (Ikhrohist) untuk Pembinaan Akhlak

Sudiran Sudiran

Abstract



This researh is about the implementation of extracurricular activities (ikrohist) for guide students’ attitude in SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar. This research method is a qualitative research using of normative theology, pedagogic, physicologic, and sociologic. The research instruments used interview, observation, and documentation. Informant consisted of principal, refresentative of the school, and teachers. Data collection was done by observation, interview and documentation techniques.  Data analysis by means of data reduction, data presentation, conclusion and data verification.  The result of this research, there are: 1) Students’ attitudes in SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, after joining the extracurricular activities showed good attitudes. 2) Students’ Attitudes in SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar based on the observation and interview that give awardness, discipline, extracurricular activities (Ikrohist) in SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar consisted of three parts, they are dayly/weekly activities, monthly activities and annual activities. 

Keywords


Ekstrakurikuler Keagamaan;Kegiatan Ikrohist; Akhlak.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Pengelolaan Pengajaran, Ujung Pandang: Bintang Selatan, 1991.

Abidin, Mas’oed. Hidupkan Energi Ruhani: Akhlak Remaja Hari Ini dan Prospeknya di Masa Depan dalam http://buyamasoedabidin.wordpress. com/2009/05/24/pembinaan akhlak remaja/ (20Maret 2018).

Abrasy, Prof Dr. Mohd’ Athiyah.Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, diterjemahkan oleh. Prof. H. Bistami A. Gani, Dasar-dasarPokok Pendidikan Islam,Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Alang, Sattu. Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Cet. II, Makassar: CV. Berkah Utami, 2005.

Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam, Ed. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

-------, Penelitian Kependidikan Prosedurdan Strategi, Cet. III, Bandung: Angkasa, 1985.

al-Jumbati, Ali. dkk, Perbandingan Pendidikan Islam, terjemahan H. M. Arifin, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

an-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, danMasyarakat, Jakarta: GemaInsani, 1995.

Apriyanto.Pembelajaran Ekstrakurikuler PAI; Suatu Pengantar, tanggal 22 Juni 2009 dalam http://april76.wordpress.com/2009/06/22/pembelajaran ekstrakurikuler-pai-suatupengantar, (20 Maret 2018).

AR, Zahruddin. Pengantar Ilmu Akhlak,Cet. I, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf, Cet. II, Jakarta: PT. MitraCahaya Utama, 2005.

Arikunto, Suharsimi. ProsedurPenelitian; Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi, Cet. VIII, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

-------, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 1993.

B, Chaeruddin. Metode Pengajaran Agama Islam Luar Sekolah, Yogyakarta: Lanarka, 2009.

Budiningsih, Asri. Pembelajaran Moral, Berpijak Pada Karakteristik Siswadan Budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Burrep, Percy E. Modern High School Administration, New York: Harper & Brothers Publisher, 1962.

C. Rumpak, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Darajat, Zakiyah. Peran Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 1995.

-------, Dasar-Dasar Agama Islam, Cet. X. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

-------, Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan Remaja, Cet. I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

-------, Pengajaran Agama Islam, Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

-------, Kesehatan Mental. Jakarta: Haji Masagung, 1990.

David, Keith. Human Ralation Work TheDinamic Organization Behavior, New York: Mc. Graw Hill, 1985

Djatnika, Rahmat. Sistem Etika Islam; Akhlak Mulia, Cet. I. Surabaya: Pustaka, 1987.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: CV. Jumanatul Ali-Art (J-ART), 2005

---------, Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor Dj.I/12 A tahun 2009 tentang Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) padasekolah, 2009

DepartemenPendidikan Nasional, Panduan Lengkap KTSP, Yogyakarta: Mitra Pustaka 2007.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelaksanaan Ekstrakurikuler, Kurikulum SMK, Jakarta: Depdikbud, 1984.

Echols John M.dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1989.

Hadari, Nawawidan Martini Hadari, Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Cet. II; Yogyakarta: Gajah MadaUniveristy Press, 1995.

Hasan, M. Ali. Tuntunan Akhlak, Cet. III; Jakarta: BulanBintang, 1983.

Ilyas,Yunahar. Kuliah Akhlak, Cet. IV; Yogyakarta: PustakaPelajar, 2001.

Jaelani, A. F. Penyucian Jiwa (Tazkiya al-Nafs) dan Kesehatan Mental, Jakarta: Amzah, 2000.

Kementerian Agama RI, al-Qur’an The Great Miracle, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013.

Kementerian Agama RI, al-Qur’an The Great Miracle, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013.

Perum Penerbitan dan Percetakan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Pidarte, Made. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, Malang: Sarana Press, 1986.

Ranupandojo, Heidjrahman dan Suad Husnan, Manajemen Personalia, Yogyakarta: BPFE, 1989.

Sa’aduddin, Imam Abdul Mukmin. Meneladani Akhlak Nabi: Membangun Kepribadian Muslim, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Shihab, Dr. Quraish. Membumikan al-Qur’an, Cet. I; Bandung: Penerbit Mizan, 1992.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah, Cet VI, Vol 14; Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Saleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Sosial, Cet.I; Jakarta: Erlangga, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. VI; Bandung; Alfabeta, 2008.

Sukardi, Dewa Ketut. Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah, Jakarta: Galia Indonesia, 1987.

Sunarto dan B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Suryobroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

-------, Proses Belajar Mengajar di Sekolah; Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus,Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional, Bandung: Angkasa, 1987.

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani: Teori dan Aplikasi, Cet. I; Jakarta: CV Misaka Galiza.

Tjokrowinoto, Moelyarto. Beberapa Teknik di dalam Hubungan Kerja, Yogyakarta: Bulletin No.11, 1974.

Westra, Pariata. Human Relation, Yogyakarta: BPA UGM, 1977.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.849

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats