Efektifitas Pemanfaatan Benda Sekitar Sebagai Sumber dan Bahan Pembelajaran PAI di SDN 1 Pengadang

Authors

  • Hirkan Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Lubna Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Wildan Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8496

Keywords:

Efektifitas, sumber, bahan ajar, pai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan benda sekitar sebagai sumber dan bahan pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif phenomenologi untuk membangun makna berdasarkan data-data lapangan. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan flow Model dari Milles dan Hubermant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan benda sekitar sebagai sumber dan bahan belajar PAI  terbukti efektif dan efesien dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan benda sekitar sebagai sumber dan bahan pembelajaran terbukti memperkuat prinsip-prinsip Islam, meningkatkan ketertarikan dan semangat belajar, mengembangkan kretivitas dan mempermudah pemahaman siswa dalam memahami konsep abstrak dalam materi PAI. Pemanfaatan benda sekitar juga berdampak pada internalisasi nilai nilai keislaman pada siswa yang terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari.

References

Agus, Z., & Islam, K. P. (2019). Konsep pendidikan Islam bagi remaja. Tarbiyah Islamiyah, 4(2541-3686), 11-24. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.38

Ahmadi, H. (2025). Efektifitas pemanfaatan benda lokal sebagai sumber dan media pembelajaran PAI. 8(4), 712-719.

Akmal, H., & Susanto, H. (2018). Efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis mobile smartphone sebagai media pengenalan sejarah lokal masa revolusi fisik di Kalimantan Selatan pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal HISTORIA, 6(2), 2337-4713. https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1425

Ali, E. Y. (2025). Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan CP, TP, dan ATP pada modul ajar di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 304-308. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1133

Andria Rosa, Mahyudin Ritonga, & Wedy Nasrul. (2020). Penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal Islamika, 3(2), 36-43. https://doi.org/10.37859/jsi.v3i2.2136

Arfandi, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah. Edupedia, 5(1), 65-77. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.882

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik.

Bakara, T. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap aktivitas mengajar guru di kelas. 4, 205-212. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.227

Bungin, M. B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Eppendi, J., Ilham, M., & Vega, N. De. (2024). Analisis proses perumusan CP: Merdeka mengajar? Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 327-338. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4455

Hamid, A. (n.d.). Agama dan kesehatan mental dalam perspektif psikologi agama. Healthy Tadulako Journal, 3(1).

Idris, A. (2015). Efektifitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175-190.

Magdalena, I., et al. (2020). Analisis bahan ajar. 2(2).

Maria. (2015). Pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Nurul, U. (2016). Efektivitas MBKM di Jurusan PNF FKIP Untirta. 1-23.

Permana, B. S. (2024). Teknologi pendidikan: Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. 4(1). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Rosa, A., & Ritonga, M. (2020). Penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal ISLAMIKA, 3(2). https://doi.org/10.37859/jsi.v3i2.2136

Sarah, Putri Novita Sari, Khanaya Amelfinza Tausyiah, & Kanaya Ainun Mursid. (2023). Efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan teknologi media audio visual. Journal Islamic Education, 1(4), 196-204.

Sari, N., & Mulyadi, W. (2025). Optimalisasi model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman shalat siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Kota Bima. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(2).

Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.

Shodikun, S., Hufron, M., & Subhi, M. R. (2023). Penggunaan media sosial sebagai alat strategis dalam pendidikan agama Islam. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 524-535. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3982

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Konsep dan aplikasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam). Kencana.

Downloads

Published

2025-12-19

Citation Check