Analisis Kajian Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Opik Taupik Kurahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Nanda Maulana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bilal Zakawali Al-Fathoni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Taufik Agung Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8532

Keywords:

Keberagamaan, Peserta Didik, Pendidikan Karakter

Abstract

Pengembangan keberagamaan peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu upaya strategis dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, dan memiliki landasan spiritual yang kuat. Kajian pustaka ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keberagamaan di SMP, pembentukan karakter peserta didik, serta faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan sikap keberagamaan. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai hasil penelitian dan teori yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang terstruktur, dukungan budaya sekolah, dan keteladanan guru memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter religius peserta didik. Sikap keberagamaan dapat diukur melalui dimensi keyakinan, praktik ibadah, pengetahuan, moralitas, dan konsekuensi sosial. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan pentingnya implementasi program keberagamaan yang terintegrasi dengan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari di sekolah.

References

Asa, A. I. (2020). Pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361

Bambang, S. (2021). Religiusitas: Konsep, pengukuran, dan implementasi di Indonesia. Bibliosmia Karya Indonesia.

Bauw, D. D. (2025). Strategi guru pendidikan agama dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada peserta didik di MI Al-Maa’arif Fakfak. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 17(1), 79–94.

Creswell, J. W. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Dwi, L., Syaroh, M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk karakter religius dengan pembiasaan perilaku religi di sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Fahrunisa Miladia Ulfa, M. F. (2025). Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 54–78.

Fatika, A. C. (2025). Sikap keberagamaan ditinjau dari latar belakang keluarga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Firmansyah, A. S., Utami, A. B., & Rista, K. (2022). Religiusitas dan motivasi belajar pelajaran agama Islam pada siswa sekolah menengah pertama. 1(2), 85–91.

Fitriani, I. K. (2022). Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di madrasah tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4612–4621. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2913

Harahap, N. F. (2023). Peran pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa SMP 35 Medan. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 157–166.

Huda, M. N. (2023). Pengembangan sikap keberagamaan peserta didik era 4.0. Tihamah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 1–22.

Iqbal, R. (2022). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 8.

Jayanegara, A., & Rosyada, D. (2023). Analisis bibliometrik kajian religiusitas Islam di Indonesia dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(4), 2497–2510. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4437

Lubis, R. R., Mahrani, N., Margolang, D., Assingkily, M. S., & lainnya. (2020). Pembelajaran Al-Qur’an era Covid-19: Tinjauan metode dan tujuannya pada masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara. 1(1). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.275

Munandar, A. (2021). Implementasi pengembangan keberagamaan peserta didik di sekolah. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 152–156. https://doi.org/10.51729/6136

Mustaghfiroh, H., & Zafi, A. A. (2020). Membina sikap keagamaan pada peserta didik melalui pendidikan agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1646

Prasetiawan, A. Y. (2021). Sikap keberagamaan siswa di sekolah Islam terpadu. Al-Thariqah, 6(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7760

Putriani, A. D., & Pasaribu, M. (2024). Pembentukan karakter religius melalui metode pembiasaan dan keteladanan di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja Selangor Malaysia. 4, 9570–9581.

Ramayulis. (2011). Psikologi agama. Kalam Mulia.

Rohman, M. A. (2019). Pendidikan karakter di sekolah menengah pertama (SMP): Teori, metodologi, dan implementasi. Qalamuna, 11(2), 125–146.

Romadhoni, R., Bakhruddin, M., & Mulyono, N. (2023). Implementasi karakter religius dalam kegiatan keagamaan di sekolah menengah pertama. Al-Thariqah, 8(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12115

Saleh, A. R. (2022). Dimensi keberagamaan dalam pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 580–590. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.327

Sarafuddin, S. (2025). Implementation of character education through the habit of commemorating Islamic holidays for students at Bumi 1 Laweyan public elementary school Surakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 1–9.

Saryadi. (2020). Pembiasaan sholat dhuha berjama’ah terhadap pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12839

Selvia. (2022). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 211–222. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3114

Setiawan, E., & Asna, A. (2025). Pengaruh keagamaan pada remaja. Al Amiyah: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.71382/aa.v2i01.225

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarifah, N. A. (2022). Implementasi pembiasaan tadarus Al-Qur’an untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 691–701. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2047

Tambunan, J. R. (2020). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1, 1–14. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3

Zulianingsih, D. (2019). Psikologi perkembangan remaja. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-12-27

Citation Check