Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Psikologi Humanistik untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8533Keywords:
Psikologi Humanistik, Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Agama Islam, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang didasarkan pada psikologi humanistik diterapkan dan bagaimana hal itu berdampak pada perkembangan kecerdasan spiritual siswa di SDN Karya Bakti Cimahi. Dalam Penelitian ini secara data lapangan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga sering mengabaikan aspek psikologis dan spiritual siswa, sehingga diperlukan pendekatan humanistik yang menciptakan lingkungan belajar yang aman dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam terhadap guru dan siswa, serta studi dokumen perangkat pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi humanistik yang ditandai dengan pembelajaran berpusat pada siswa, peran guru sebagai fasilitator, suasana kelas yang hangat dan dialogis, serta pembiasaan spiritual terbukti efektif dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan kesadaran diri siswa, kemampuan merefleksikan dan memaknai ibadah, serta membaiknya perilaku empatik dan akhlak mulia. Studi ini berkontribusi dalam memberikan gambaran empiris tentang bagaimana proses-proses subtil seperti keteladanan guru, dukungan emosional, dan dialog reflektif dalam kerangka humanistik dapat menjadi strategi alternatif yang efektif untuk pengembangan siswa sekolah dasar secara utuh.
References
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 48–65.
Azqiya Akidatul Izzah, Ida Umami, E. pane. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Intellectual, Emotional, Dan Spiritual Quotient Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1141–1148.
Chrismastianto, I. A. W. (2015). Transformative learning: upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 5(2), 3–14.
Chusnul Muali, P. N. R. (2019). Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura. Jurnal Auladuna, 9(1), 1031–1052. https://doi.org/10.2345/jm.v2i1.740
Fernanda, M., Latang, & Suardi. (2022). Peranan Kelompok Wanita Tani Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga Di Desa Salassa Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Nisi Journal of Health & Sport Science, 1–13.
Hanafiah, M. (2024). Perkembangan Moral Anak Dalam Perspektif Pendidikan(Kajian Teori Lawrence Kohlberg). Ameena Journal, 2(1), 75–92. https://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/54/50
Handayani, E. P., Afnibar, & Ulfatmi. (2024). Modeling dalamTeori Belajar Sosial dan Keteladanan Rasulullah SAW. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7951–7960.
Huberman, M. &. (2021). Analisis Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. 167–186.
Ibnu, R. R., Asriani, I. C., & Suparmi. (2025). Prinsip Humanistik Carl Rogers dalam Konteks Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 03(03), 1412–1417.
Insani, F. D. (2020). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edudikara, 9(1), 19.
Izzatunnisa, Muhammad Fathoni, Saidatul Fadilla Nasution, Chalijah Adha, & Amini. (2024). Angkum 7. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Volume 2 N(Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif Yang Berpusat Pada Siswa Sekolah Dasar).
Jahrir, A. S., & Nojeng, A. (2025). Authoritative Teaching Practices in the Implementation of the Independent Curriculum in Indonesia : A Student-Centered Survey Analysis. 4(1), 6960–6969.
Lestari, M., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Pendekatan Humanistik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 3108–3116. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2405
Muvid, M. B., Yahya, M., Prihatini, N., Mahdiannur, M. A., Arifin, Z., Obina, W. M., & Nasuka. (2023). Desain Pembelajaran dan Problematika Pendidikan di Indonesia.
Nida, F. L. K. (n.d.). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter. 8(2), 271–290.
Nurhayati, Tatan Zenal Mutakin, I. M. R. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. 1(3), 361–373.
Nurhijrah. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Menganalisa Materi Kewarganegaraan Melalui Metode VCT (Value Clarification Technique). 1(3), 167–186.
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011
Pooja Firstisya, Novi Khayatul Jannah, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Peran Strategi Pembelajaran Humanistik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(3), 81–93. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1781
Pratama, H. A., & Surawan, S. (2025). Kecerdasan Spiritual dan Prinsip Psikologi : Suatu Sinergi dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di SDN 2 Panarung Pendahuluan Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembentukan generasi yang. 03(03), 1345–1355. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/download/780/490
Regina, M. I., Syah, M., & Arifin, B. S. (2025). Analisis Lingkungan Sekolah Untuk Pembelajaran yang Efektif. 8(3), 1994–2005. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i3.1621.School
Ristianah, N. (2025). JSPAI : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam. 25–34. https://jurnalalkhairat.org/ojs/index.php/jspai/article/download/912/836
Rolina, N. (2018). Keluarga: Sebagai Sumber Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 212.
Rosmilawati, I. (2017). Konsep Pengalaman Belajar dalam Perspektif Transformatif: Antara Mezirow dan Freire. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(1), 317–326.
Saputra, D. . (2020). Perkembangan Spiritual Remaja SMA Dharma Putra. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 16(2), 60–67.
Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88.
Tajulashikin Jumahat, & Abdullah, N. F. (2014). Perbandingan Konsep Kecerdasan Spiritual Dari Perspektif Islam Dan Barat: Satu Penilaian Semula. Proceeding of the International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization, 4(5), 1–11. https://www.academia.edu/download/33142710/Perbandingan_Konsep_Kecerdasan_Spiritual_Dari_Perspektif_islam_dan_Barat-Satu_Penilaian_Semula..pdf
Teori Sosial Albert Bandura, P., & Tullah, R. (2020). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 6, 48–55.
Yamin, M. (2022). Blended learning model pembelajaran pasca pandemi. Jurnal Sustainable, 5(2), 285-289.
Yamin, M., Ismail, I., & Rodiyah, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo. ISLAMIKA, 7(2), 309-324.
Yaumi, M. (2014). Konstruksi Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Spiritual Untuk Perbaikan Karakter. Al-Qalam, 20(3), 13. https://doi.org/10.31969/alq.v20i3.338
Zainal Badri, K. N. Bin. (2020). Kepentingan Pendidikan Humanistik dalam Pengembangan Psikologi. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i1.5902
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Komarudin, Tarsono, Lukmanul Hakim, M. Iqbal Gelar Budiman, Yulida Fauziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the