Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Pada Anak Usia Remaja di SMKN 3 Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8550Keywords:
pola asuh orang tua, akhlak, remaja, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlak pada remaja di SMKN 3 Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-analitis. Subjek penelitian adalah siswa dan orang tua yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memahami hubungan antara pola asuh orang tua dan pembentukan akhlak remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pembentukan akhlak remaja. Pola asuh demokratis, yang ditandai dengan komunikasi terbuka, kasih sayang, bimbingan, dan keteladanan, memberikan pengaruh paling positif terhadap pembentukan akhlak siswa. Remaja yang dibesarkan dengan pola asuh ini cenderung menunjukkan perilaku moral yang baik, seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan menghormati orang lain. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan permisif menunjukkan pengaruh yang kurang optimal terhadap internalisasi nilai akhlak. Penelitian ini menegaskan bahwa pembentukan akhlak remaja tidak hanya ditentukan oleh pendidikan formal di sekolah, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh peran orang tua dalam keluarga.
References
Alfiah, M. A., N., R., & Rahanjamtel, M. (2023). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Akhlak Karimah Anak Pada Era Digital Di Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat. Jurnal Studi Islam, 11(2), 172–192. https://doi.org/10.33477/jsi.v11i2.3912
Ali, S. (2024). Pola Asuh dan Hambatan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Anak Remaja. Jurnal Seumubeuet, 3(2), 161–179. https://doi.org/10.63732/jsmbt.v3i2.122
Ariani, D. S., Na’imah, T., Rahardjo, P., & Akbar, Z. Y. (2020). Perbedaan Religiusitas Ditinjau dari Jenis Pola Asuh Orangtua pada Peserta Didik. Psycho Holistic, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35747/ph.v2i2.622
Atsari, A. R. Al. (2025). Dinamika Perkembangan Remaja: Menelusuri Jalan Perkembangan Diri, Kemandirian, dan Aspek Psikososial. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 2(2), 220–229. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3642
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall.
Erni, & Pairin. (2025). Parenting Patterns in Instilling Islamic Values in Adolescents. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.31332/jpi.v6i2.11326
Halimatussakdiah. (2023). Child Education in the Household Islamic Education Management Perspective. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 8(1), 103–120. https://doi.org/10.15575/ath.v8i1.22933
Helmaliah, Parham, P. M., Sari, P. N., & Mahyuddin, U. (2024). Perkembangan Pada Masa Remaja. Behavior: Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 37–56.
Hurlock, E. B. (1999). Adolescence Development. McGraw-Hill Education.
Idrus, S., Yahya, M., & Ilyas, A. (2025). Parenting Sebuah Ikhtiar dalam Mempersiapkan Generasi Berkualitas Berdasarkan Hadis. ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research, 2(1), 36–46.
Izzani, T. A., Octaria, S., & Linda, L. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578
Loudová, I., & Lašek, J. (2015). Parenting Style and its Influence on the Personal and Moral Development of the Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1247–1254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.744
Masdiwanti, A. A., Yasyakur, M., & Priyatna, M. (2022). Upaya Orangtua dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak Pada Siswa Tingkat SMP. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 385–404. https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i2.2998
Masitah, W., Alsa, A., Partino, P., & Madjid, A. (2024). Exploring Religiosity as Mediator of The Association Between Democratic Parenting, Peer Support, and Self-Concept Among Adolescent Moral Literacy. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 436–457. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.5060
Mirnawati. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Religiusitas Anak Usia Dini di Dusun Rumbia Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. UIN Alauddin Makassar.
Muhtadi, M. (2017). Peran Orang Tua terhadap Pembinaan Akhlak Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 653–669. https://doi.org/10.32492/sumbula.v2i2.564
Nurhayati, S. (2023). Dampak Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 36–44. https://doi.org/10.12928/waladuna.v6i1.698
Nurjannah, N., & Faridah, H. (2022). Pola Asuh Orang Tua Santri Tahfiz Hubungannya dengan Religiusitas dan Kepribadian. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 19(2), 138–151. https://doi.org/10.14421/hisbah.2022.192-01
Rahmah, S. (2017). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4(1). https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1213
Rahmalia, S. M., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Karimah Tauhid, 3(9), 10007–10018. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14596
Rich, E. G., Willemse, A., & Erasmus, C. J. (2024). The Influence of Religion or Religious Beliefs on Parenting Practices: A Systematic Review. Vulnerable Children and Youth Studies, 19(2), 356–371. https://doi.org/10.1080/17450128.2024.2330986
Robet, A. W., & Wanadhi, A. (2023). Perilaku Altruisme Remaja: Adakah Peranan Religiusitas dan Pola Asuh Orang Tua? INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 171–181. https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/892
Safitri, D., & Diana, R. R. (2023). Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6439–6452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3655
Satriyadi, S., Hemawati, H., & Rendika, P. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan dalam Keadaan Fitrah). Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 44–63. https://doi.org/10.59342/jgt.v1i1.38
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 1917–1928.
Yanto, J., Umam, M. N. R. A., & Handayani, D. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Seorang Remaja. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 122–129. https://doi.org/10.56013/edu.v11i2.2256
Zammit, I., & Taylor, L. K. (2024). Stage 2 Registered Report: Parental and Children’s Religiosity in Early Childhood: Implications for Transmission. International Journal for the Psychology of Religion, 1–23. https://doi.org/10.1080/10508619.2024.2331891
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Yanti Sapitri, Siti Nuraeni, Huriyatul Kamilah, Fathiyah Nikmah, Tarsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the