Pengenalan Konten Life Science Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Fun Cooking Kapurung

Azria Asis, Rosdianah Rosdianah

Abstract


Pembelajaran sains bagi anak usia dini ditujukan agar anak memiliki kemampuan memecahkan masalah, memiliki sikap ilmiah dan mengasah kepekaan panca indera dalam bereksplorasi untuk memahami lingkungan sekitar. Kemampuan tersebut dapat terwujud secara ideal hanya melalui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilaksanakan melalui konten-konten sains yang dikemas sesuai dengan tingkatan usia dan karakterisitk perkembangan anak: menyenangkan, banyak bergerak dan dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Kegiatan yang sesuai dengan hal tersebut adalah kegiatan fun cooking kapurung. Pada kegiatan ini, anak dilibatkan secara aktif pada kombinasi unsur-unsur kegiatan kapurung seperti bahan dan proses serta dikaitkan dan disesuiakan dengan indikator target serta instruksi pembelajaran yang digunakan guru di selama proses pembelajaran berlangsung.


Keywords


life science, kegiatan fun cooking, kapurung

Full Text:

PDF

References


Wikipedia, Life Science, Wikipedia Online; www.wikipedia.org, (Diakses, 20 September 2017).

Keren Worth dan Sharon Grollman, Worm Shadows and WhirlpoolsScience in The Early Childhood Education. EDC Newton. Washington, 2003.

Acramento, Preschool Learning Foundation; History Social Science and Science (California: CDE Press, 2012).

Ali, Pengembangan Pembelajaran Sains, h. 99. Chalufour and Karen Worth, Science in KindergartenA reading from the CD accompanying Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8, Third Edition, (USA: NAYC, 2006).

Keren Worth dan Sharon Grollman, Worm Shadows and WhirlpoolsScience in The Early Childhood Education. EDC Newton. Washington, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v1i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License ©TunasCendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2541-6499