PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI TARI SIGER LAMPUNG

Eka Poppi Hutami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui tarian Siger Lampung. Penelitian ini dilakukan di PAUD Sukamaju Lampung dengan 9 responden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan Kemmis and Taggart yang dimodifikasi oleh Martini Jamaris yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, aksi, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini ada 2 macam yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan menggunakan analisa data kualitatif versi Mills untuk mengetahui pelaksanaan progam stimulasi tari Siger Lampung. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan mean skor untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan motorik halus dengan membandingkan hasil pengamatan sebelum tindakan dengan hasil pengamatan setelah tindakan siklus satu dan siklus kedua. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil kualitatif yaitu adanya suatu progtam stimulasi tari siger yang dirancang khusus bagi anak usia dini dengan kegiatan yang dilakukan selama ± 1 jam, tiga kali seminggu dan melibatkan kepala sekolah, guru dan staf PAUD Sukamaju Lampung. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh hasil perhitungan pra siklus adalah 31,56% pada siklus 66,22% dan sedangkan siklus II adalah 93,11%. Hasil tersebut menunjukkan terdapat peningkatan taraf keterampilan motorik halus yang signifikan antara sebelum dan sesudah tindakan. Implikasi dari temuan tersebut antara lain diperlukan upaya dari semua pihak memberikan motivasi dan stimulasi kepada anak-anak untuk mengikuti latihan tari Siger Lampung serta sebagai pengetahuan anak untuk mengenal kesenian ciri kha budaya daerah Lampung dan tetap menjaga kelestariannya. Dengan demikian, saran yang dikemukakan antara lain adalah hendaknya membuat suasana menyenangkan saat mengembangkannya, seperti menerapkan tari Siger Lampung. 


Keywords


Keterampilan Motorik Halus, Tari Siger Lampung

Full Text:

PDF

References


Gormly, Anne V. and Brodzinsky, David M. 1993. lifespan Human Development, Fifth Edition. New York: Harcourt Brace Jovanoviich College Publishers.

Sujiono, Bambang. “Stimulasi Kinestetik yang Mengoptimalkan Aspek Kecerdasan anak” Makalah,Jakarta,

David L. Gallahue dan John C. Ozmun. 1989. Understanding Motor Development : Infants, Children, Adolescent (Indiana: Benchmarka Press, Inc.

Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

E. Mills, 2003. Action Research A Guide For the Teacher Researcher, United States: Pearson Education.

Santrock, John W. 2003. Perkembangan Anak (Children), edisi 11. Jakarta: Penerbit salemba Humanika.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

John W. Santrock, 2002. Life-Span Development- Perkembangan Masa Hidup, Edisi Kelima, terjemahan Achmad Chusairi (Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jamaris, Martini. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta: Yayasan Pemanas Murni.

Ramli, Syamsul Alam. 2019. Evektivitas Media Celemek Ilmu terhadap Pengembangan Aritmatika Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kota Palopo. Jurnal Awlady: jurnal Pendidikan Anak. 5 (2).

Richard A Magill, 2001. Motor Learning, Concepts and Application (Boston: Mc Graw Hill.

Soedarsono. 1997. Tari Tradisional Indonesia (Jakarta : Yayasan Harapan Kita.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2004. Menu Pembelajaran anak Usia Dini, Jakarta: Citra Pendidikan.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini, Jakarta : PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i1.1219

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eka Poppi Hutami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.