Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo

Eka Poppi Hutami, Samsidar Samsidar

Abstract


Perkembangan bahasa anak usia 6 tahun di TK Paramata Bunda Kota Palopo mengalami gangguan bicara (speech delay). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dan orang tua dalam menangani anak yang mengalami gangguan keterlambatan berbicara (speech delay). Pendekatan penelitian ini melalui pendekatan kualitatif study kasus. Hasil penelitian menunjukkan ciri-ciri belum mampu memahami dan merespon teman sebaya, orang tua atau orang dewasa sekitarnya, cenderung tidak banyak berbicara (pendiam), tidak mampu membentuk kalimat sederhana, ketika ditanya sesuatu anak tersebut menyebutkan kembali pertanyaan itu, belum mampu berbicara dengan jelas, kaku, terbata-bata karena kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki, serta biasanya penggunaan bahasa yang ditunjukkan dengan bingung dalam mengekspresikan bahasa dalam bentuk lisan.Untuk itu dilakukan penanganan straregi untuk menstimulus anak speach delay dengan 1)melatih anak dalam berbicara dengan benar, pelan-pelan dan berulang-ulang, 2)saat berbicara selalu memperhatikan tata bahasa yang diucapkan, 3)melibatkan anak-anak berbicara pada setiap keadaan dengan mengontrol dan memperbaiki pengucapan anak yang masih keliru dan menggunakan sistem several, seperti konsultasi rutin untuk mengetahui perkembangan anak pada dokter dan psikolog anak.

Keywords


Strategi Komunikasi, Gangguan Berbicara.

Full Text:

PDF

References


Alam Ramli, Syamsul. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Sains. Jakarta: UNJ.

Bromley. 1992. Language Art. Boston: Allyn and Bacon

Dhieni, Nurbiana dkk. 2013. Metode Pengembangan bahasa.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Guntur Tarigan, Henry. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Handini, Myrnawati Crie. Metodelogi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press, 2012.

Hurlock B., Elizabeth.1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Tsuraya. 2013. Kecemasan Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Terlambat Berbicara. Jilid 2 Vol 2 ISSN 2252-6358.

Usman, Muhammad. 2015. Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Deepublish (CV. Budi Utama).

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini  has been indexed by the following service (click the link for the further information):

Image result for icon crossref       Image result for google scholar