Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Tari Anak Melalui Tari Kreasi

Nur Rahmah, Lismawati Lismawati

Abstract


Motif penelitian ini yaitu adanya sebuah masalah di dalam pembelajaran seni tari dimana banyak siswa yang lemah dalam apresiasi seni tari. Sehubungan dengan itu, penelitian ini dilakukan agar guru mampu meningkatkan kemampuan apresiasi seni tari melalui penerapan Tari Kreasi di sekolah. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN 480 Maddenuang dengan jumlah 17 orang. Pada pelaksanaannya, peningkatan kemampuan apresiasi seni tari ini dilakukan melalui 4 langkah antaralain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses penilaian pada tahapan tersebut dilakukan dengan melaksanakan tes pada pertemuan ke III setiap siklus untuk melihat peningkatan kemampuan apresiasi seni tari siswa dan keaktifan siswa melalui kegiatan observasi saat tindakan sedang berlangsung. Oleh karena itu, didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatkan skor apresiasi seni siswa dimana pada siklus I yang hanya 66 atau prosentase ketuntasan klasikal sekitar 68% dapat meningkat menjadi 78 dengan prosentase ketuntasan klasikal yang mampu mencapai 100%. Dengan kata lain, kemampuan apresiasi seni tari dapat ditingkatkan melalui penerapan Tari Kreasi pada siswa kelas I SDN 480 Maddenuang.

Keywords


Apresiasi Seni Tari, Tari Kreasi

Full Text:

PDF

References


Abdulrahman. (1998). Kontribusi Apresiasi Terhadap Kreativitas dan Sikap dalam pembelajaran Sastra. Padang: FPBS IKIP Padang.

Aminuddin. (1987). Pengajaran Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Bambang. (2005). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka: Jakarta.

Beaty, Janice J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana: Jakarta.

Bogdan, Robert C. dan Biklen. (1982). Qualitatif Reseach for Education Theory and Methods. Bostou: Allin and Bacon, Inc.

Hidayat. (2005). Wawasan Seni Tari. Universitas Negeri Malang: Malang.

Kamtini. (2005). Bermain Melalui Gerak Dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Setyowati. (2007). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta.

Sujiono,Suryabrata, Sumadi. (2014). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Warni. (2013). Huungan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe TGT dengan Konvensional dalam Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Kota Palopo. Sulawesi Selatan: FTIK IAIN Palopo.

Yuliani. (2007). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universita Negeri Jakarta: Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini  has been indexed by the following service (click the link for the further information):

Image result for icon crossref       Image result for google scholar