OPTIMALISASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA

Authors

  • Nisrin Humaida Annur UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ainna Puspita Sari Dewi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.6246

Keywords:

pembelajaran sentra, kecerdasan majemuk, anak usia dini, pendidikan prasekolah

Abstract

Model pembelajaran berbasis sentra merupakan pendekatan efektif dalam mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. RA Muslimat NU Karangdowo menerapkan model ini dengan enam jenis sentra: persiapan, imajinasi dan eksplorasi, rancang bangun, seni kreasi, olahraga, serta sentra pilihan (memasak, komputer, beternak, dan berkebun). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi implementasi model pembelajaran berbasis sentra dalam mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi terdiri dari tiga tahapan: perencanaan (penyusunan modul ajar dan persiapan media), pelaksanaan (kegiatan sentra 60 menit pasca-istirahat secara bergantian), dan evaluasi (recalling dan asesmen menggunakan checklist, catatan anekdot, serta dokumentasi karya anak). Faktor pendukung meliputi kurikulum terstruktur, kompetensi pendidik, sarana prasarana memadai, dan pendekatan berpusat pada anak. Faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, kompleksitas penilaian, dan tantangan manajemen kelas.

References

Alotaibi, M. S. (2024). Game-based learning in early childhood education: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, 15, 1307881. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1307881

Arini, S. D., & Roesminingsih, E. (2021). Kurikulum Integrasi : Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/28074

Aulia, A., Rahman, A. T., Fitri, N. L., & Istiqomah, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145–157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411

Fharadena, C. A. (2023). Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Ngabar Siman Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, Volume 02(3), 38–49.

Greaves, M., & Bahous, R. (2021). Adapting to change: Exploring early childhood educators' perceptions of a child-centered curriculum. Early Childhood Education Journal, 49, 581-592. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01082-5

Ha, T. T. T., Lien, V. T. T., & Hang, T. T. (2025). Early childhood education through a child-centered approach: Theoretical foundations and key issues. Macrolinguistics and Microlinguistics, 6(2), 74–84. https://doi.org/10.21744/mami.v6n2.40

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167–181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224

Kasiati, Al-jufry, L., Daisiu, K. F., Ludgardis, W. W., & Priyanti, N. (2022). Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i2.80

Khoeriah, N. D., Nuryati, E., Samsudin, E., Mahpudin, A., & Nasir, M. (2023). Implementasi Manajemen PAUD Berbasis Pendidikan Sentra & Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Kemala Bhayangkari 30 STIK. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 525–541. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.566.Implementation

Lee, J. Y., Abu Bakar, N. R., & Noordin, N. (2022). Learning through play in early childhood: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 985-1031. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v11-i4/15644

Li, Y., Zhou, X., & Zhang, W. (2024). Influence of early childhood teachers' psychological contracts on teacher competency: Chain mediating role of job crafting and professional identity. Heliyon, 10(7), e28380. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28380

Macy, M. (2023). Authenticity of assessment in inclusive spaces. Head Start Dialog: The Research-to-Practice Journal for the Early Childhood Field, 26(2), 100–106. https://doi.org/10.55370/hsdialog.v26i2.1632

Ndlovu, S., Van Dyk, G., Modise, M. R., Van der Walt, M., Lesame, N. C., & Mamolefe, L. R. (2023). Impact of play-based learning on the development of children in mobile early childhood care and education centres: Practitioners' perspectives. International Journal of Research in Business and Social Science, 12(3), 432-440. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i3.2487

Ndraha, A., & Waruwu, N. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Sentra dan Implikasinya pada Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(1), 33–49. https://doi.org/10.54024/illuminate.v5i1.144

Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247–1255.

Pa’indu, S., Sinaga, R., & Keriapy, F. (2021). Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 78–91. https://doi.org/10.51615/sha.v1i1.6

Qori’ah, T. U. W., Hafidah, R., & Nurul Kusuma Dewi. (2019). Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 89–103.

Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910

Sefriyanti, S., & Diana, R. R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Multiple Intellegensi Anak Usia Dini di RA Azzahra Lampung Timur. Jurnal Raudhah, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1308

Shandya, N. I., Azni, N. M., & Fitri, N. H. N. (2024). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Metode Bermain Gerak Pada Anak Usia Dini. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(5), 132–141.

Smidt, W., & Embacher, E. M. (2023). Does personality matter? The relationship between child personality and interaction quality in preschools. Research Papers in Education, 38(1), 45-68. https://doi.org/10.1080/02671522.2021.1961295

Taylor, M. E., & Boyer, W. (2020). Play-based learning: Evidence-based research to improve children's learning experiences in the kindergarten classroom. Early Childhood Education Journal, 48(2), 127-133. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00989-7

Vogt, F., Hauser, B., Stebler, R., Rechsteiner, K., & Urech, C. (2018). Learning through play: Pedagogy and learning outcomes in early childhood mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 589-603. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1487160

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Nisrin Humaida Annur, & Ainna Puspita Sari Dewi. (2025). OPTIMALISASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 69–83. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.6246

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.