TRANSFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PENDEKATAN CHILD-CENTERED DI RA RIYADUL ULUM

Authors

  • Siti Marwah UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.6008

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Child-Centered, Transformasi Pendidikan

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fase krusial untuk perkembangan anak yang memengaruhi pembentukan karakter, keterampilan, dan pengetahuan dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi manajemen pembelajaran di RA Riyadul Ulum, dengan fokus pada efektivitas metode yang mendukung perkembangan anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru yang terlibat dalam proses pembelajaran. Data dianalisis untuk mengidentifikasi praktik manajemen pembelajaran dan dampaknya terhadap perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran di RA Riyadul Ulum berfokus pada pendekatan yang berpusat pada anak, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar. Interaksi sosial yang difasilitasi guru tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Evaluasi berkala memberikan gambaran jelas mengenai kemajuan anak dan efektivitas metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran efektif di RA Riyadul Ulum berkontribusi signifikan terhadap kualitas pengalaman belajar anak. Penting bagi lembaga pendidikan untuk terus mengembangkan praktik manajemen pembelajaran yang responsif dan inovatif, serta memberikan pelatihan memadai bagi pendidik guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

References

Afriani, R., & Sukmawati, S. (2020). Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 145-162.

Dewi, P. K., & Rosita, E. (2021). Pendekatan bermain dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 567-578.

Habibi, A., & Mulyani, S. (2019). Strategi pengembangan kecerdasan emosional pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 211-225.

Handayani, L. (2022). Analisis efektivitas metode pembelajaran berpusat pada anak di lembaga PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Anak, 7(2), 89-104.

Kurniawati, D., & Wahyuni, S. (2020). Manajemen kelas inklusif di lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Inklusif, 4(1), 33-48.

Marfuah, S., & Pratiwi, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 156-170.

Novan Ardy Wiyani. (2015). Manajemen PAUD bermutu. Gava Media.

Nugraha, A., & Setiawati, E. (2019). Peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak usia dini di era digital. Jurnal Keluarga dan Pendidikan, 5(3), 201-215.

Rahmawati, N. (2022). Evaluasi program pendidikan karakter pada lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 45-60.

Sagala, S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu merencanakan dan menyampaikan pengajaran. Gramedia.

Sanjaya, W. (2009). Pembelajaran strategi berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Sari, I. P., & Yulianti, K. (2020). Pengembangan kecerdasan majemuk melalui pendekatan kontekstual di PAUD. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 112-127.

Suharti. (2018). Manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Pendidikan, 2(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiastuti, A. (2021). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas guru PAUD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 76-90.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Siti Marwah. (2025). TRANSFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PENDEKATAN CHILD-CENTERED DI RA RIYADUL ULUM. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 19–28. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.6008

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.