TRANSFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PENDEKATAN CHILD-CENTERED DI RA RIYADUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i1.6008Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Child-Centered, Transformasi PendidikanAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fase krusial untuk perkembangan anak yang memengaruhi pembentukan karakter, keterampilan, dan pengetahuan dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi manajemen pembelajaran di RA Riyadul Ulum, dengan fokus pada efektivitas metode yang mendukung perkembangan anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru yang terlibat dalam proses pembelajaran. Data dianalisis untuk mengidentifikasi praktik manajemen pembelajaran dan dampaknya terhadap perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran di RA Riyadul Ulum berfokus pada pendekatan yang berpusat pada anak, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar. Interaksi sosial yang difasilitasi guru tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Evaluasi berkala memberikan gambaran jelas mengenai kemajuan anak dan efektivitas metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran efektif di RA Riyadul Ulum berkontribusi signifikan terhadap kualitas pengalaman belajar anak. Penting bagi lembaga pendidikan untuk terus mengembangkan praktik manajemen pembelajaran yang responsif dan inovatif, serta memberikan pelatihan memadai bagi pendidik guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
References
Afriani, R., & Sukmawati, S. (2020). Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 145-162.
Dewi, P. K., & Rosita, E. (2021). Pendekatan bermain dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 567-578.
Habibi, A., & Mulyani, S. (2019). Strategi pengembangan kecerdasan emosional pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 211-225.
Handayani, L. (2022). Analisis efektivitas metode pembelajaran berpusat pada anak di lembaga PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Anak, 7(2), 89-104.
Kurniawati, D., & Wahyuni, S. (2020). Manajemen kelas inklusif di lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Inklusif, 4(1), 33-48.
Marfuah, S., & Pratiwi, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 156-170.
Novan Ardy Wiyani. (2015). Manajemen PAUD bermutu. Gava Media.
Nugraha, A., & Setiawati, E. (2019). Peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak usia dini di era digital. Jurnal Keluarga dan Pendidikan, 5(3), 201-215.
Rahmawati, N. (2022). Evaluasi program pendidikan karakter pada lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 45-60.
Sagala, S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu merencanakan dan menyampaikan pengajaran. Gramedia.
Sanjaya, W. (2009). Pembelajaran strategi berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.
Sari, I. P., & Yulianti, K. (2020). Pengembangan kecerdasan majemuk melalui pendekatan kontekstual di PAUD. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 112-127.
Suharti. (2018). Manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Pendidikan, 2(1).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastuti, A. (2021). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas guru PAUD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 76-90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Marwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)